TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Berikut 6 Cara Menemukan Kedamaian dalam Hidup

Hidup dengan tenang dan damai adalah impian semua orang

ilustrasi menikmati matahari (unsplash.com/Pablo Heimplatz)

Di era sekarang dengan banyaknya kesibukan yang dikerjakan, sering membuat segelintir dari kita merasakan ketidaktenangan dalam menjalani hidup. Ditambah lagi permasalahan-permasalahan yang tidak diduga datangnya yang membuat gelisah dan cemas kerap melanda banyak orang. Ketenangan atau kedamaian dalam hidup ternyata dapat kita capai dengan beberapa cara sederhana. Berikut enam cara untuk mendapatkan ketenangan dan kedamaian diri.

1. Menerima apa yang tidak bisa dikontrol

ilustrasi menikmati pemandangan (unsplash.com/A. L.)

Hidup dipenuhi dengan kejutan. Walaupun kita sudah merencakan banyak hal untuk masa depan, terkadang ada hal yang terjadi di luar kendali kita. Banyak kejadian yang rasanya ingin kita hilangkan atau momen yang ingin kita hapus.

Nyatanya hal ini tidak dapat dilakukan, yang hanya bisa dilakukan ialah menerima apa yang telah terjadi. Hal-hal di luar kendali kita hanya bisa kita terima agar kita bisa mendapatkan ketenangan dan kedamaian diri dalam menjalani kehidupan.

2. Memaafkan kesalahan yang telah terjadi di masa lalu

ilustrasi berpelukan (Unsplash.com/ Gus Moretta)

Perasaan sedih dan kecewa kerap kali muncul dalam hubungan dengan orang lain atau bahkan diri sendiri. Menyimpan dendam ternyata membuat hidup menjadi tidak tenang. Salah satu cara untuk mendapatkan ketenangan ialah memaafkan.

Memaafkan bukan hanya bermanfaat untuk orang yang dimaafkan namun juga untuk diri sendiri. Walaupun memaafkan bukan hal yang mudah, hal ini dapat kita lakukan dengan perlahan dan memberi waktu yang cukup untuk diri sendiri maupun orang lain. 

Baca Juga: 5 Tips Miliki Kedamaian Hati Sepanjang Hari, Jangan Suka Menghakimi

3. Menerapkan mindfullness

ilustrasi wanita tersenyum (unsplash.com/Omid Armin)

Cara berikutnya untuk mendapatkan kedamaian diri ialah menerapkan meditasi mindfullness. Aktivitas ini dapat dimulai di pagi hari setelah bangun tidur. Meditasi mindfullness berguna untuk memberikan ketenangan dan memberikan afirmasi-afirmasi positif kepada diri sendiri.

Banyak dari ketidaktenangan muncul dari pikiran yang negatif dari dalam diri dan hal ini perlu dikurangi. Salah satunya ialah menerapkan mindfullness sehingga hidup lebih tenang dan kita dapat mencapai kedamaian diri.

4. Menikmati waktu dengan diri sendiri

ilustrasi duduk (Unsplash.com/ Marek Rucinski)

Berinteraksi dengan dunia luar ternyata cukup melelahkan. Berikanlah waktu untuk diri sendiri tanpa ada orang lain. Hal ini bermanfaat agar diri kita bisa merenung dan menikmati waktu sendiri sehingga setelah menikmati waktu sendiri, perasaan dan ketenangan akan muncul.

Memberikan waktu dan perhatian kepada diri sendiri sangat berpengaruh untuk meningkatkan self-love dan mencapai kedamaian diri.

5. Membuat jurnal

ilustrasi menulis (Unsplash.com/lilartsy)

Menulis sebuah jurnal atau journaling dapat membantu seseorang untuk mengekspresikan perasaan dan emosi yang ia rasakan. Memendam sebuah emosi ternyata dapat membuat hati tidak tenang dan ini tidak baik apabila dilakukan dalam waktu yang lama.

Walaupun menulis tidak langsung menyelesaikan masalah yang sedang terjadi, namun aktivitas ini dapat membantu meringankan beban yang ada di pikiran maupun perasaan seseorang.

Baca Juga: 5 Cara Menemukan Kedamaian Batin, Hadirkan Ketenangan Diri! 

Verified Writer

Windy Septiyanti

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya