TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

20 Kutipan Viral Ini Punya Makna Faktual Vs Kiasan yang Beda Tipis

You are fully in charge control of your life, aren't you?

pexels.com/Colin Schmitt

Kita sering membaca kutipan atau quotes yang dibuat oleh akun-akun tertentu dan dipublikasikan di beberapa media sosial seperti Instagram dan Facebook. Kutipan-kutipan tersebut ada yang diambil dari perkataan-perkataan publik figur, diambil dari buku-buku fiksi dan non-fiksi atau bahkan dari anonim sekalipun.

Pada dasarnya kutipan tersebut merupakan ringkasan singkat pengalaman hidup atau opini seseorang perihal kehidupan. Beberapa kutipan tersebut layaknya zodiak yang dapat dijadikan penegasan, pembenaran atau alasan oleh seseorang terhadap suatu hal yang tidak dapat kita mengerti atau pahami. 

Namun demikian, jika kita pikirkan lebih jauh lagi beberapa kutipan berikut ini sedikit banyaknya sudah tidak relevan dan hanya menjadi ungkapan semata. Berikut ini daftar beberapa ungkapan dan kutipan yang sering kita dengar sebagaimana diinformasikan dari Alux.com (8/11/17) beserta interpretasi yang menjadi alasan benar dan tidaknya, serta beberapa kutipan anonim lainnya yang pernah diposting di media sosial.

1. Be yourself

pexels.com

Jika seseorang dapat sukses hanya dengan menjadi dirinya sendiri, maka tidak ada gunanya belajar. Seharusnya kita menjadi versi terbaik dari diri kita. Hal ini berarti bahwa kita selalu memperbaiki dan memperbaharui kemampuan dan keterampilan yang sesuai dan mencerminkan diri kita.

2. If you work hard, you can achieve anything

pexels.com/startup stock photos

Jika hanya dengan bekerja keras seseorang dapat menjadi sukses maka buruh atau pekerja kasar akan menjadi orang yang akan memimpin dunia. Pada kenyataannya, kita memerlukan lebih dari sekedar bekerja keras. Kita pun mesti memiliki beragam kecakapan-kecakapan tertentu, pendidikan yang cukup, strategi dalam mencapai beberapa sasaran untuk sukses dalam sebuah bidang dan banyak hal lainnya. 

3. What doesn't kill you makes you stronger

pexels.com/Kat Jayne

Tidak semua kesulitan hidup yang dilalui membuat kita menjadi lebih kuat. Tidak jarang seseorang yang mengalami peristiwa buruk membuatnya menjadi lumpuh di sisa umur hidupnya.

Tidak hanya berdampak pada hidupnya, namun juga akan berdampak pada hidup orang-orang di sekitarnya. Apa yang kita miliki saat ini terbatas, dan kesempatan tidak selamanya ada.

4. Everything happens for a reason

pexels.com/kat wilcox

Kita kerap mencari makna di balik setiap peristiwa yang diterjadikan pada diri kita. Namun ketika kita berpikir bahwa ada sebab yang menjadi faktor pemicu suatu peristiwa terjadi maka kita tidak akan sibuk mencari-cari makna. Peristiwa terjadi karena seseorang berupaya mewujudkannya terjadi atau merupakan sebuah reaksi dari suatu aksi.

Hal yang logis ialah ada sebab ada akibat, ada aksi akan ada reaksi. Hidup terus berjalan, kita akan dapat memaknai peristiwa yang telah terjadi pada saatnya, ketika kita telah dapat memahaminya.

5. Do what you love

pexels.com/Ylanite Koppens

Kita tidak dapat hanya melakukan apa yang kita sukai saja, kecuali apa yang kita suka lakukan itu dapat memenuhi kebutuhan hidup atau membuat hidup kita berkecukupan.

Jika tidak, maka passion saja tidak cukup, karena kebanyakan yang kita konsumsi saat ini tidak gratis. Bahkan hidup sesuka kita pun tidak berdampak dan bermanfaat baik bagi diri dan orang-orang di sekitar kita.

6. Time heals all wounds

pexels.com

Luka fisik maupun batin yang dibiarkan lama berlarut tidak menjadikannya sembuh. Ini membuktikan bahwa waktu bukanlah obat. Ada beberapa hal yang dapat meninggalkan kerusakan permanen pada diri seseorang. Luka pun memiliki bekas yang dapat terluka kembali jika tertoreh.

Kita hanya berupaya hidup dengan luka tersebut. Jika ada yang berkata bahwa waktu menyembuhkan luka apapun, maka itu karena dirinya tidak mengalaminya.

7. Always follow your heart

pexels.com/rawpixel

Mengikuti kata hati bisa bermakna mengikuti passion atau intuisi. Namun demikian passion atau intuisi mesti telah terlatih dari serangkaian peristiwa dan pengalaman tertentu untuk dapat dipertimbangkan sebagai opsi dalam memutuskan sesuatu hal.

Jika mengikuti kata hati hanya sebagai alasan untuk melakukan hal sesuka hati, maka lebih baik gunakan akal sehat dibandingkan kata hati.

Baca Juga: 10 Kutipan Film Box Office 2018 Paling Inspiratif & Berkesan di Hati

8. You're so young, you have all the time in the world

pexels.com/JESHOOTS

Kita memiliki waktu luang dan kesempatan yang terbatas. Kita dapat saja merasa bahwa 10 tahun ke depan atau usia 50 hingga 60 tahun adalah waktu yang masih panjang bagi kita. Namun apa yang kita dapatkan di masa depan pada usia 50an dan 60an adalah upaya-upaya yang kita lakukan saat ini. Pikirkan baik-baik. Kecuali mendapat warisan, kita tidak mendapatkan suatu hal secara instan dan sejatinya dunia senantiasa berubah.

9. God never gives you a burden you can't carry

pexels.com/energepic.com

Kutipan itu memang benar, bahwa Tuhan tidak membebani seseorang kecuali dengan kesanggupannya. Namun jika kita renungkan dan perhatikan sekitar kita, kadang-kadang ada sedikit faktor ketidakadilan yang menyebabkannya terjadi. Misalnya, beban kerja dan tanggung jawab yang di luar batas kemampuan seseorang.

Lalu apakah kita hanya dapat menerima beban hidup yang ditanggung adalah sesuatu yang diyakini sanggup kita hadapi dan lakukan saja?

10. Good things comes to those who wait

pexels.com/Min An

Kecuali jika kita tengah menunggu hasil pengumuman ujian, wawancara atau undian, kita tidak akan mendapatkan apapun. Bahkan hutang seseorang pada kita pun mesti kita ingatkan, datangi dan tagih agar tidak lupa dibayar.

Hal-hal baik datang pada mereka yang bangun lebih pagi, berupaya mewujudkan dan mendapatkan hal-hal yang baik untuk diri mereka sendiri setiap hari. Bukan waktu yang membuat kita mendapatkan sesuatu, namun besar upaya yang kita lakukan untuk mendapatkannya.

11. You need money to make money

pexels.com/rawpixel

Saat ini tanpa perlu meminjam dana, ada banyak bidang usaha atau jasa yang dapat dimulai bahkan tanpa memiliki uang untuk modal sekalipun. Kita dapat mengumpulkan hasilnya untuk menjadi modal usaha yang lebih besar dan lebih profesional. Jika kita memiliki pekerjaan dan impian yang besar, kita pun dapat membuat proposal untuk diajukan kepada orang atau perusahaan yang bersedia mendanainya.

12. Think positive thoughts and the universe will provide

pexels.com

Sesuatu tidak datang begitu saja dengan hanya kita berpikir positif. Kemungkinan seseorang yang meyakini hal ini hanya membaca buku "Secret" saja. Berpikir positif tidak cukup untuk mencapai cita-cita atau impian. Lebih dari itu, kita mesti mengupayakannya terwujud menjadi kenyataan.

13. We are all born equal

pexels.com/Mikes Photos

Di mata Tuhan, kita semua memang setara. Namun ketika manusia dilahirkan ke dunia, tidaklah demikian. Jika kita memang dilahirkan setara, maka anak raja tidak akan menjadi pangeran dan anak budak tidak akan dijual hanya karena melunasi hutang orang tuanya. 

14. Winners never quit and quitters never win

pexels.com

Perubahan adalah hal yang pasti dalam kehidupan di dunia. Maka seorang pemenang adalah mereka yang tahu kapan harus berhenti dan kapan harus terus berjuang. 

15. You should listen to elders or authorities

pexels.com/rawpixels

Mereka yang lebih tua dari kita dan mereka yang memiliki kekuasaan memang lebih berpengalaman dalam menjalani hidup dibandingkan kita. Namun itu saja tidak cukup. Situasi, keadaan dan jaman kita dengan mereka berbeda dengan yang kita jalani.

Tantangan hidup saat ini bahkan jauh lebih berat dibandingkan dengan yang mereka jalani. Pertanyakan kembali pernyataan-pernyataan mereka. Kita mesti mendidik diri kita sendiri dengan porsi yang lebih besar dibandingkan dari yang diberikan orang-orang yang telah berpengalaman dan lebih tua dari diri kita.

16. Be with someone who makes you happy

pixabay.com/en/users/stocksnap-894430

Kita tidak memerlukan orang lain untuk bahagia. Bahagia muncul dari dalam diri kita sendiri. Kita merasa bahagia dengan mensyukuri apa yang kita miliki saat ini. Adapun jika kita memiliki seseorang yang membuat hidup kita bahagia, itu lebih patut kita syukuri lagi.

17. You are beautiful or you are handsome

pexels.com/bruce mars

Pujian yang dilontarkan seseorang kepada fisik atau diri kita itu subjektif. Cantik dan tampan pun relatif. Cantik dan tampan di setiap zaman mengalami perubahan. Bahkan seseorang yang masa mudanya cantik atau tampan belum tentu akan cantik dan tampan di masa tuanya. Selain itu ada pengaruh pula dari apa yang kita kenakan atau riasan kita di mata orang yang memandangnya.

Mungkin hanya pasangan saja yang dapat dipercayai ketika mereka mengatakan diri kita cantik atau tampan. Terima saja pujian itu tapi tidak untuk dipercayai sehingga kita menjadi orang yang narsis berlebihan. 

18. Squad means family and family means nobody gets left behind

pexels.com/zun zun

Tidak semua geng teman semasa sekolah akan berbarengan sukses. Hal ini dikarenakan masa depan setiap orang berbeda dan upaya tiap orang berbeda-beda dalam menghadapi masa depan. Antara saudara kandung saja berbeda waktu suksesnya. Apalagi menyatakan tidak akan ada yang saling meninggalkan di antara anggota geng kita.

Apa yang terjadi hanyalah seseorang lebih dahulu sukses dibandingkan yang lainnya, bukan meninggalkan. Selain itu, makna kesuksesan tiap orang pun berbeda.

19. People will try to tell you who you are

pexels.com/mentatdgt

Ya memang benar, setiap orang yang kita temui akan memiliki penilaian tentang kita. Baik dikatakan maupun tidak, penilaian itu akan muncul dalam bentuk pernyataan mereka tentang siapa diri kita sesungguhnya.

Walaupun butuh waktu, sejatinya diri kita yang lebih tahu tentang diri kita sendiri. Walaupun penilaian yang dikatakan orang lain benar, selama kita masih hidup, kita masih dapat merubah penilaian buruk atas diri kita sendiri.

Baca Juga: 15 Kutipan Inspiratif dalam Novel Harry Potter, Bikin Semangat!

Verified Writer

Yulia Erni

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya