Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Memiliki Role Model dalam Hidup

Role model membantu kamu untuk mengendalikan diri

Kesuksesan hidup setiap orang tentunya tidak sama. Perjalanan dan usaha yang dilakukan untuk mencapai kesuksesan itu pun pasti berbeda. Proses panjang seseorang dalam meraih kesuksesan itulah yang sering dijadikan contoh atau teladan bagi orang lain.

Dari orang-orang sukses ini kamu bisa belajar banyak hal seperti bagaimana cara mereka meraih kesuksesan, seperti apa mereka menghadapi rintangan yang menghadang, bagaimana cara mereka memecahkan masalah yang ada, serta apa yang mereka lakukan agar bisa  bangkit dari keterpurukan.

Secara tidak langsung, para role model inilah yang akan mengajarkan atau membimbing kamu untuk meraih kesuksesan. Karena itu, keberadaan role model dalam hidupmu sangatlah penting.

Berikut lima alasan mengapa kamu harus memiliki role model dalam hidup. Yuk, simak!

1. Membuat kamu tahu tujuan hidupmu dan proses yang akan kamu jalani

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Memiliki Role Model dalam HidupPixabay/Nastya-Gepp

Ketika kamu memiliki mimpi besar dalam hidupmu, tentunya kamu butuh seseorang yang bisa kamu jadikan contoh atau panutan. Kamu butuh sosok orang-orang sukses yang kompeten dan punya pengaruh besar dalam bidangnya.

Dengan memiliki role model kamu tahu gambaran keseluruhan yang menjadi mimpi besarmu, kehidupan masa depan seperti apa yang ingin kamu raih dan wujudkan. Keberadaan role model ini memotivasi kamu agar bisa seperti mereka.

2. Membuat kamu memahami dan mengenali dirimu sendiri

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Memiliki Role Model dalam HidupPixabay/Free-Photos

Setiap orang memiliki ketertarikan atau minat yang berbeda. Dengan memiliki role model, kamu terbantu dalam menemukan apa yang menjadi minat dan bakatmu sehingga tahu potensi apa yang ada pada dirimu.

Dengan mengenali dirimu sendiri, kamu akan tahu kelebihan dan kekuranganmu sehingga memudahkanmu dalam mengembangkan potensi yang ada pada dirimu, sesuatu yang menonjol dan menjadi passion-mu. Gali dan kembangkanlah apa yang menjadi passion-mu!

Bila kamu merasa ragu akan potensi yang ada pada dirimu, mintalah bantuan orangtua, teman, atau pasanganmu untuk mengenali potensi yang ada pada dirimu.

Baca Juga: 7 Tokoh Cewek Animasi Inspiratif di Studio Ghibli, Pas Jadi Role Model!

3. Role model akan membantu membentuk karaktermu

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Memiliki Role Model dalam HidupPixabay/Xunseru

Karakter setiap orang sudah pasti berbeda. Begitu pun dengan cara pandangnya. Sesuatu yang wajar memiliki lebih dari satu role model. Mereka membantu kamu dalam menemukan karakter yang sesuai dengan kepribadianmu.

Sebab, sekalipun kamu melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan role model-mu, hasilnya belum tentu sama. Begitu pun dengan proses yang kamu jalani juga pasti tidak sama. Cari karakter role model yang sesuai dengan kepribadianmu. Kamu harus pandai dan jeli dalam menerapkan setiap tindakan dan cara pandang role model-mu ke dalam kehidupanmu.

4. Kamu tahu standar hidup dan kesuksesan yang ingin kamu capai

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Memiliki Role Model dalam HidupPixabay/Geralt

Selain tiga poin di atas, keberadaan role model pun akan memotivasi kamu agar bisa lebih sukses daripada role model-mu, setidaknya bisa sesukses role model-mu. Kamu jadi tahu standar hidup dan kesuksesan yang ingin kamu capai.

Dari para role model itu kamu bisa memperbaiki kesalahan yang pernah mereka lakukan sehingga kamu bisa mengantisipasinya. Jadi, kamu tidak akan melakukan kesalahan atau kegagalan yang sama, seperti yang terjadi pada role model-mu.

5. Membuatmu menjadi orang yang tahu menghargai proses dan kerja keras

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Memiliki Role Model dalam HidupPixabay/Nastya_Gepp

Perjuangan panjang dan kerja kerasmu dalam mewujudkan mimpimu itu akan menempamu menjadi sosok yang tangguh, tidak mudah putus asa, serta bertanggung jawab. Kamu menjadi tahu keberhasilan dan kesuksesan bukan sesuatu yang instan. Semua tergantung pada seberapa keras kamu berusaha tanpa mengabaikan campur tangan Tuhan.

Nah, proses panjang yang kamu lalui serta jatuh bangun kamu agar bisa sukses telah memberimu pelajaran hidup yang berharga bahwa setiap usaha dan kerja keras tidak ada yang sia-sia.

Baca Juga: Sangat Menawan! Inilah 5 Inspirasi Hidup Sehat ala Jennifer Bachdim

Ana Lydia Photo Verified Writer Ana Lydia

God's plan is always more beautiful than our desire

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya