Comscore Tracker

6 Sumber Rezeki dari Allah SWT Terdapat dalam Al-Qur'an, Harus Yakin!

Jangan menyerah dan berputus asa #IDNTimesLife

Rezeki adalah sesuatu pemberian dari Allah yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan. Dalam kehidupan sehari-hari setiap makhluk hidup telah memiliki rezekinya masing-masing. Tinggal makhluk tersebut mau mengambil atau tidak.

Rezeki yang diberikan oleh Allah bukan berupa materi saja tetapi juga non materi seperti, kesehatan, ilmu pengetahuan, pekerjaan, dan lain-lain.

Namun, rezeki tidak datang tiba-tiba, harus dijemput dan berusaha. Berikut enam sumber rezeki yang diberikan Allah menurut Al-Qur'an untuk hambanya.

1. Jika sering bersedekah

6 Sumber Rezeki dari Allah SWT Terdapat dalam Al-Qur'an, Harus Yakin!ilustrasi sedekah (pexels.com/Rodnae-prod)

Bersedekah adalah suatu amalan yang akan dibalas oleh Allah SWT. Balasannya berupa rezeki yang berlimpah. Dengan bersedekah juga, Allah akan memudahkan rejeki setiap hamba-hamba-Nya. 

Seperti yang terdapat dalam QS. Al-Baqarah: 245 yang artinya:

Siapakah yang mau memberikan pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan melipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan.”

Jadi jangan ragu untuk bersedekah, ya!

2. Selalu bersyukur

6 Sumber Rezeki dari Allah SWT Terdapat dalam Al-Qur'an, Harus Yakin!ilustrasi bersyukur (pexels.com/Gabby-k)

Setelah mendapatkan rezeki dari Allah, jangan lupa untuk bersyukur. Allah akan menambah nikmat pada hambanya yang pandai bersyukur.

Dalam QS. Ibrahim: 7, menyebutkan:

Dan (ingatlah juga), takkala tuhanmu memaklumkan: “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.”

Baca Juga: 5 Bukti Nyata bahwa Rezeki Gak Selalu Berbentuk Uang, Apa Saja?

3. Rezeki dari bekerja atau berusaha

6 Sumber Rezeki dari Allah SWT Terdapat dalam Al-Qur'an, Harus Yakin!ilustrasi bekerja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Rezeki tidak datang sendirinya, harus dijemput dengan cara bekerja atau usaha. Demikian juga jika kamu bermalas-malasan rezeki akan menjauh. 

Sebagaimana firman Allah yang artinya:

bahwasannya seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang telah diusahakannya, dan bahwasannya usaha itu kelak akan diperlihatkan (kepadanya). Kemudian akan diberi balasan kepadanya dengan balasan yang paling sempurna.” (QS. An-Najm: 39-41)

4. Rezeki tak terduga

6 Sumber Rezeki dari Allah SWT Terdapat dalam Al-Qur'an, Harus Yakin!ilustrasi mendapat rezeki tak diduga (pexels.com/any-lane)

Pernahkah kamu mendapatkan hadiah? Jika pernah, berarti mendapatkan rezeki yang tidak terduga. 

Hal ini terdapat dalam (QS. At-Thalaq: 3)

Dan Dia memberikannya rezeki dari arah yang tidak diduga-duganya. Dan barang siapa yang bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Alllah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.”

5. Rezeki dari menikah

6 Sumber Rezeki dari Allah SWT Terdapat dalam Al-Qur'an, Harus Yakin!ilustrasi menikah (pexels.com/Aleksandr-neplokhov)

Menikah adalah menyatunya perempuan dan laki-laki, demikian juga dengan jalan rezeki keduanya. Dua orang yang menikah untuk menjalankan ibadah karena Allah Ta'aala, maka akan diberi rezeki. Sebagaimana terdapat dalam QS. An-Nur: 32, artinya:

Dan kawinkanlah orang-orang yang masih membujang di antara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dan hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan memampukan mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui.”

6. Rezeki dari anak, cucu, dan keluarga

6 Sumber Rezeki dari Allah SWT Terdapat dalam Al-Qur'an, Harus Yakin!ilustrasi rezeki karena anak (pexels.com/keira-burton)

Setelah menikah dan mempunyai anak, Allah akan menjamin rezeki dari anak-anak dan keluargamu. 

Pernyataan ini terdapat dalam QS. Al-Isra: 31, artinya:

Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu karena takut kemiskinan. Kamilah yang akan memberi rezeki kepada mereka dan juga kepadamu. Sesungguhnya membunuh mereka adalah suatu dosa yang besar.”

Saat kehidupan sedang dilanda kesulitan, yakin jika Allah akan memberikan rezeki seperti yang terkandung di dalam Al-Qur’an. Tetapi untuk mendapatkannya Kamu harus bekerja, berusaha, dan berdoa, ya.

Baca Juga: 5 Keutamaan Salat Tahajud, Hati Tenang Hingga Terkabulnya Doa-doa

A  Nitha Nahfiah Photo Verified Writer A Nitha Nahfiah

ibu rumah tangga, dengan tiga putri berkarya dan memberi manfaat untuk banyak orang

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya