Comscore Tracker

Jangan Takut, Hadapi Catcalling dengan 5 Cara Ini!

Ayo lawan pelecehan!

Beberapa waktu lalu media sosial dihebohkan dengan pengakuan seorang artis yang dilecehkan melalui sebuah pesan. Setelah kejadian tersebut banyak wanita yang berbagi cerita mengenai pelecehan yang pernah dialami, salah satu yang paling sering dijumpai adalah catcalling.

Catcalling telah menjadi kebiasaan tidak hanya di Indonesia, di negara lain pun dapat kamu jumpai. Pelaku catcalling tidak selalu melihat pakaian yang dikenakan, mereka cenderung tertarik dengan ekspresi wajah korban yang menggemaskan dan keinginan untuk berbuat iseng. Korban catcalling tidak melulu wanita, lho. Tanpa disadari pria juga sering menjadi korban catcalling.

Nah, ketika mengalami catcalling, sebaiknya hadapi dengan tegas agar pelaku merasa sungkan. Tips di bawah ini dapat kamu lakukan untuk merespon catcalling.

1. Cari rute lain

Jangan Takut, Hadapi Catcalling dengan 5 Cara Ini!isorepublic.com

Jika seseorang atau sekelompok orang memperhatikanmu, lebih baik cari jalan lain yang kamu ketahui untuk sampai ke tempat tujuan. Jika tidak ada alternatif dan harus melewati jalan tersebut, jangan hiraukan pelaku catcalling. Tetap berjalan tegak tanpa terburu-buru agar mereka tahu bahwa kamu tidak takut.

2. Distraksilah perhatian pelaku

Jangan Takut, Hadapi Catcalling dengan 5 Cara Ini!bustle.com

Alihkan perhatian pelaku catcalling dengan pura-pura menerima telepon dan buatlah dirimu terkesan terburu-buru untuk menemui seseorang. Biasanya, pelaku catcalling akan sungkan untuk menganggu kesibukan kita.

3. Jangan segan menegur pelaku

Jangan Takut, Hadapi Catcalling dengan 5 Cara Ini!videoblocks.com

Ketika pelaku menggodamu, berbaliklah dan tegur mereka dengan suara tegas. Tidak perlu berbelit-belit dan emosional, cukup dengan kalimat yang singkat misalnya, "Kamu kenal saya??" atau "Maaf, anda menganggu saya!" Pelaku akan terkejut dengan respon tersebut dan kamu memiliki kesempatan untuk pergi.

4. Carilah tempat ramai

Jangan Takut, Hadapi Catcalling dengan 5 Cara Ini!Pexels/Ingo Joseph

Tak jarang pelaku catcalling mengikuti karena sangat penasaran denganmu, jangan panik! Segera menuju tempat yang ramai agar pelaku tidak leluasa untuk mengejarmu. Jika sangat terancam, kamu bisa meminta pertolongan orang lain di sekitarmu.

5. Memintalah bantuan teman

Jangan Takut, Hadapi Catcalling dengan 5 Cara Ini!freepik.com

Kamu juga bisa meminta bantuan teman atau sahabat untuk menemani hingga tempat tujuan dengan begitu pelaku catcall tidak akan menggodamu.

Lima tips di atas bisa kamu lakukan dengan melihat terlebih dahulu situasi di sekitarmu. Jangan pernah takut untuk menghadapi catcalling karena pelaku sekadar iseng menggoda tanpa memiliki maksud lebih.

Andintia Fitdya Photo Writer Andintia Fitdya

Sharing for Caring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya