Comscore Tracker

5 Alasan di Balik Pentingnya Menemani Sahabat di Kala Terpuruk

Jangan hanya ada di saat butuhnya doang!

Sebagian besar orang menganggap bahwa persahabatan merupakan bentuk lain dari sebuah keluarga. Persahabatan yang benar-benar nyata sangat mirip dengan konsep kekeluargaan, selalu ada dan saling bergantung satu sama lain.

Ketika seorang sahabat mengalami keterpurukan, sudah sepantasnya untuk diri kita sendiri berada di sampingnya. Lantas, apa pentingnya? Untuk lebih jelasnya, yuk simak sedikitnya lima alasan di balik pentingnya menemani sahabat di kala terpuruk berikut ini.

1. Mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan

5 Alasan di Balik Pentingnya Menemani Sahabat di Kala TerpurukPexels.com/Daria Shevtsova

Orang yang sedang berada dalam situasi terpuruk biasanya berpikir tanpa menggunakan akal sehat. Apa yang menurutnya bisa dengan mudah bebas dari keterpurukan, akan dilakukan sekalipun sifatnya negatif.

Sebagai sahabatnya, kamu harus bisa berada di sisinya untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Jangan biarkan sahabatmu berada dalam kondisi terpuruk sendirian, dia bisa saja menyakiti dirinya sendiri sampai berakibat fatal.

2. Membuat dia merasa tidak selalu sendiri sekalipun dalam kondisi terpuruk

5 Alasan di Balik Pentingnya Menemani Sahabat di Kala TerpurukPexels.com/Anna Shvets

Seorang sahabat bisa menjadi obat penenang alami ketika mengalami keterpurukan, setidaknya dia bisa berpikir bahwa masih ada orang yang mau berada di sisinya sekalipun dalam kondisi tidak baik.

Jangan biarkan dia selalu merasa sendirian, orang yang berada dalam kondisi terpuruk butuh seseorang yang mau mengerti situasinya pada saat itu juga.

3. Merealisasikan tentang arti dari persahabatan yang sesungguhnya

5 Alasan di Balik Pentingnya Menemani Sahabat di Kala TerpurukPexels.com/Cleyder Duque

Semua orang bisa saja menyuarakan arti dari persahabatan yang sesungguhnya, namun hanya sebagian kecil dari mereka yang mau merealisasikan inti dari persahabatan itu sendiri.

Menemani sahabat ketika berada dalam kondisi terpuruk menjadi salah satu contoh dari cara mewujudkannya. Sahabat yang sesungguhnya merupakan sahabat yang akan selalu ada baik dalam kondisi susah maupun senang.

Baca Juga: 5 Sikap Ini Bikin Sahabat Malas Berinteraksi denganmu

4. Mencegah dirinya ketika mencoba untuk lari dari kenyataan

5 Alasan di Balik Pentingnya Menemani Sahabat di Kala TerpurukPexels.com/RODNAE Productions

Lari dari kenyataan memang terdengar seperti solusi terbaik untuk lolos dari keterpurukan, namun faktanya berkata lain. Melarikan dirinya hanya sebatas menutupi keterpurukan tersebut, tidak menyelesaikannya.

Makanya, seorang sahabat harus selalu berada di sampingnya agar bisa menemani dan mencegahnya melarikan diri ketika berada dalam kondisi terpuruk.

5. Membantu dia semaksimal mungkin untuk keluar dari keterpurukan

5 Alasan di Balik Pentingnya Menemani Sahabat di Kala TerpurukPexels.com/Budgeron Bach

Sudah sewajarnya jika seorang sahabat membantu sahabat lainnya semaksimal mungkin ketika berada dalam kondisi terpuruk. Untuk membantunya, tentu kita harus selalu berada dalam area jangkauan agar bisa mengontrol situasi dengan sebaik-baiknya.

Makanya, sangat penting sekali untuk selalu menemani dan berada di sisinya dalam situasi dan kondisi apapun. Bantuan dari seorang sahabat bisa sangat berarti khususnya dalam beragam situasi yang sangat sulit.

Berada di sisi sahabatmu adalah langkah terbaik untuk membantu seseorang. Meski pengaruhnya tidak terlalu besar, setidaknya kamu harus bertindak sebagai sahabat yang sesungguhnya.

Baca Juga: 5 Alasan Pentingnya Mendukung Sahabat untuk Melepaskan Hubungan Toxic

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya