Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Gak Perlu Membicarakan Hal Sensitif di Tengah Keramaian

Mending cari aman saja, deh!

Pada dasarnya, setiap orang punya hak untuk berbicara di depan orang banyak. Namun, bukan berarti bisa membahas hal yang berbau sensitif atau bahkan seenak yang kita mau.

Maka dari itu, sedikitnya ada lima alasan kamu gak perlu membicarakan hal sensitif di tengah keramaian. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan di bawah ini.

1. Tidak menimbulkan kesalahpahaman yang berakhir keributan

5 Alasan Kamu Gak Perlu Membicarakan Hal Sensitif di Tengah KeramaianPexels.com/Christina Morillo

Membicarakan sesuatu yang sensitif biasanya mudah sekali menimbulkan kesalahpahaman, apalagi orang-orang menanggapinya dengan emosi dan tidak dengan berpikir jernih.

Makanya, kamu gak perlu membahas sesuatu yang sensitif ketika berada di tengah keramaian. Jangan sampai menimbulkan kesalahpahaman yang pada akhirnya berujung keributan.

2. Lebih menghormati dan menjaga apa yang menjadi prinsip hidup orang lain

5 Alasan Kamu Gak Perlu Membicarakan Hal Sensitif di Tengah KeramaianPexels.com/fauxels

Segala sesuatu yang sensitif biasanya berkaitan dengan prinsip hidup orang lain, apa yang orang lain yakini gak selamanya sama dengan yang lainnya.

Cobalah untuk lebih menghormati dan menjaga apa yang menjadi prinsip hidup orang lain. Kamu gak perlu membahas sesuatu yang sangat sensitif di tengah keramaian, apalagi sampai membanding-bandingkan antar prinsip yang ada.

3. Tidak meningkatkan risiko ketersinggungan yang berdampak buruk kedepannya

5 Alasan Kamu Gak Perlu Membicarakan Hal Sensitif di Tengah KeramaianPexels.com/Munbaik Cycling Clothing

Ketersinggungan biasanya didasari pada sesuatu yang sangat sensitif, orang lain akan merasa tersinggung ketika yang kita bahas dikhususkan pada salah satu pihak yang sifatnya merugikan.

Makanya, jangan membahas hal tersebut di tengah keramaian, apalagi sampai meningkatkan ketersinggungan yang berdampak buruk kedepannya.

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Kamu Perhatikan Ketika Berada di Tempat Keramaian

4. Tidak membuat pandangan orang lain terhadapmu menjadi kurang baik

5 Alasan Kamu Gak Perlu Membicarakan Hal Sensitif di Tengah KeramaianPexels.com/Andrea Piacquadio

Ketika kita berbicara sesuatu yang sensitif, sebagian besar orang tidak akan suka atau bahkan membencinya. Meski gak semuanya, membicarakan sesuatu yang sensitif di tengah keramaian bukan ide yang bagus.

Jika hal ini terjadi, pandangan orang lain terhadapmu akan menjadi kurang baik. Setidaknya kamu bisa membuat sebagian besar orang merasa kurang nyaman, atau lebih buruknya lagi menaruh kebencian.

5. Mencari aman kadang kala diperlukan untuk membuat hidup lebih nyaman

5 Alasan Kamu Gak Perlu Membicarakan Hal Sensitif di Tengah KeramaianPexels.com/Matheus Bertelli

Jika kita bicara soal kenyamanan, membicarakan hal sensitif di tengah keramaian bukan pilihan terbaik. Akan ada orang yang merasa terganggu atas apa yang kamu bicarakan.

Kadang kala, cari aman itu sangat diperlukan untuk membuat hidup lebih nyaman. Jika ingin hidup lebih tentram, jangan cari masalah atau mengambil risiko terlalu besar seperti berbicara hal sensitif di tengah keramaian.

Itu dia deretan alasan gak perlu membicarakan hal sensitif di tengah keramaian. Meski tujuan awal kamu baik, tidak semua orang menganggap hal yang sama atau bahkan berakibat ketersinggungan.

Baca Juga: Terlalu Sensitif, 5 Zodiak Ini Sering Tak Objektif Menilai Orang Lain

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya