Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Harus Bisa Jadi Pribadi yang Gak Mudah Tersinggung

Biar gak baperan?

Dalam hidup, ketersinggungan kerap kali terjadi di sekitaran kita tanpa disadari. Meski tersinggung itu hak setiap orang, bukan berarti ketersinggungan itu baik dari berbagi aspek kehidupan.

Bukan hanya sebatas mencegah terjadi pertikaian yang berujung perkara besar, sedikitnya ada lima alasan kamu harus bisa jadi pribadi yang gak mudah tersinggung. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan di bawah ini.

1. Lebih memaknai setiap tindakan yang orang lain lakukan

5 Alasan Kamu Harus Bisa Jadi Pribadi yang Gak Mudah TersinggungPexels.com/Cleyder Duque

Pada dasarnya, segala bentuk ketersinggungan yang kamu rasakan berawal dari penilaian yang terlalu cepat. Kamu merasa, tindakan yang orang lain lakukan membuat kamu tersinggung secara spontan.

Padahal, kamu bisa memaknai setiap tindakan yang orang lain lakukan. Semua hal yang terjadi di kehidupan ini ada alasannya, kamu harus pandai mencari tahu makna di balik itu semua.

2. Tersinggung artinya membenarkan apa yang mungkin menurutmu buruk

5 Alasan Kamu Harus Bisa Jadi Pribadi yang Gak Mudah TersinggungPexels.com/Ketut Subiyanto

Secara garis besar, orang yang mudah tersinggung secara tidak sadar membenarkan apa yang menurutnya tidak baik. Ketika orang lain mengatakan sebuah keburukan, tersinggung artinya kamu masih memiliki kekurangan yang perlu diperbaiki.

Pada akhirnya, kamu harus bisa introspeksi diri jika masih ada ketersinggungan di dalamnya. Jika kamu merasa pernyataan orang lain tidak benar, jangan tersinggung dan hiduplah seperti biasanya.

Baca Juga: 5 Tips supaya Gak Gampang Tersinggung dengan Kritikan Orang Lain

3. Lebih mudah beradaptasi dalam bergaul dengan orang lain

5 Alasan Kamu Harus Bisa Jadi Pribadi yang Gak Mudah TersinggungPexels.com/Andrea Piacquadio

Pada hakikatnya, kita tidak bisa membantah bahwa ketersinggungan bisa terjadi di mana saja. Fakta ini menegaskan bahwa mudah tersinggung artinya membuat dirimu jatuh ke dalam ketersinggungan yang berkepanjangan.

Makanya, kamu harus bisa menjadi pribadi yang gak gampang tersinggung. Hal ini bertujuan untuk mempermudah dirimu melakukan adaptasi dalam bergaul dengan orang lain.

4. Tidak terlalu cepat mengambil kesimpulan sebelum benar-benar tahu pasti tujuannya

5 Alasan Kamu Harus Bisa Jadi Pribadi yang Gak Mudah TersinggungPexels.com/Pressmaster

Dalam hidup, setiap tindakan atau ucapan yang kita katakan pastinya memiliki tujuannya masing-masing. Dalam hal ini, kamu gak boleh cepat tersinggung atas segala ucapan orang lain.

Jangan terlalu cepat mengambil kesimpulan sebelum benar-benar tahu pasti tujuannya. Kita tidak pernah tahu tujuannya baik atau buruk, mudah tersinggung hanya akan membuat segalanya menjadi buruk.

5. Jauh lebih baik untuk tetap berpikiran positif agar tidak mempersulit hidup

5 Alasan Kamu Harus Bisa Jadi Pribadi yang Gak Mudah TersinggungPexels.com/JESSICA TICOZZELLI

Pada dasarnya, segala bentuk ketersinggungan akan selalu ada di sekeliling kita. Jika kamu terus menerus berpikiran negatif, hidup kamu akan bertambah sulit.

Akan jauh lebih baik untuk tetap berpikiran positif agar hidupmu jauh lebih mudah. Meski awalnya sulit, kontrol diri sangat dibutuhkan dalam hal ini.

Itu dia deretan alasan kamu harus bisa jadi pribadi yang gak mudah tersinggung. Jangan buat dirimu berada dalam ketersinggungan sepanjang waktu, dampaknya bisa sangat buruk dalam berbagai macam aspek kehidupan.

Baca Juga: 5 Tips Menasihati Teman yang Mudah Tersinggung, Jangan Dihakimi!

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya