Comscore Tracker

Menjadi Korban Bullying? 5 Hal Ini Bisa Membuat Kamu Bangkit Kembali

Jangan hanya diam saja!

Pernah terkena bullying? Mungkin banyak orang yang pernah merasakannya, bahkan beberapa di antaranya tidak mau menceritakannya kepada orang lain karena takut menimbulkan masalah yang jauh lebih besar.

Sebenarnya ketika kamu menjadi korban bullying, kamu tidak boleh diam saja dan ada beberapa hal yang harus kamu lakukan. Tentu saja agar kamu bisa bangkit kembali dan terlepas dari keterpurukan.

Berikut ini ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan ketika menjadi korban bullying, jangan hanya diam saja!

1. Kamu bisa menjadikannya sebagai motivasi untuk memperbaiki diri

Menjadi Korban Bullying? 5 Hal Ini Bisa Membuat Kamu Bangkit KembaliPexels.com/Burst

Bullying tidak akan pernah terjadi jika tidak ada penyebabnya, sudah pasti kamu memiliki sesuatu yang kurang jika dilihat dari sudut pandang orang lain.

Makanya kamu harus bisa mengatasi hal ini dengan cara mencari tahu dan memperbaiki apa yang salah dari dalam diri kamu.

Perlakuan bullying bisa dijadikan motivasi bagi diri kamu untuk lebih semangat dalam menjadi orang yang lebih baik lagi.

Tentu hal ini jauh lebih positif daripada harus mengurung diri karena takut terkena bullying lagi, jangan biarkan orang menganggap kamu lemah dan tidak mau melakukan perubahan apapun.

2. Kamu harus percaya pada pendapatmu sendiri, tidak akan ada habisnya jika orang harus menilai seseorang

Menjadi Korban Bullying? 5 Hal Ini Bisa Membuat Kamu Bangkit KembaliPexels.com/Ken Ozuna

Bullying terjadi karena pandangan setiap orang berbeda-beda, ada yang menganggap itu buruk dan ada juga yang tidak. Makanya salah satu hal yang perlu kamu lakukan hanyalah percaya pada pendapatmu, jika itu bagus yang silahkan lanjutkan.

Jangan terlalu menuruti perkataan orang lain yang menurut mereka benar, karena setiap orang memiliki pandangan, selera, atau bahkan gaya hidup yang berbeda-beda.

Jadi kamu hanya perlu percaya pada pendapatmu sendiri, jika memang tidak mengganggu orang lain dan menurut kamu itu bagus, lakukanlah karena itu tidak masalah sama sekali.

Baca Juga: 5 Jenis Bullying Tersembunyi & Sering Tak Disadari, Pernah Mengalami?

3. Jadilah diri sendiri, jangan hanya terpaku pada omongan orang lain

Menjadi Korban Bullying? 5 Hal Ini Bisa Membuat Kamu Bangkit KembaliPexels.com/Martin Péchy

Jika kamu terkena bullying hanya karena kamu itu unik seperti logat suaranya, jangan menjadikan hal tersebut sebagai suatu permasalahan yang berat bagi kamu. Sebenarnya kamu adalah kamu, jadi diri sendiri lebih baik daripada harus mengikuti perkataan orang lain.

Perbedaan setiap orang dalam kepribadian itu sangat wajar, kamu tidak perlu merasa terpuruk hanya karena kamu berbeda dari yang lain. Jadikan itu sebagai ciri khas kamu dan itu bukanlah sesuatu yang bisa dianggap salah.

4. Selalu berpikiran positif, kamu bisa merubah ejekan orang lain menjadi sesuatu yang baik bagi diri kamu

Menjadi Korban Bullying? 5 Hal Ini Bisa Membuat Kamu Bangkit KembaliPexels.com/Eduarda Portrait

Selalu berpikir positif bisa menjadi kunci utama bagaimana kamu bisa bangkit setelah menjadi korban bullying, kamu bahkan bisa membuat diri kamu lebih baik lagi jika ucapan tidak enak yang dilontarkan orang lain kamu anggap sebagai pujian.

Salah satu contohnya adalah ketika orang lain mengejek kamu berbadan besar atau bulat, tentu kamu bisa berpikir lebih positif lagi bahwa kamu itu ternyata sangat subur dan nafsu makan kamu tinggi.

5. Percaya bahwa semua orang tidak ada yang sempurna, mungkin saja kamu lebih baik daripada orang yang mengejek kamu

Menjadi Korban Bullying? 5 Hal Ini Bisa Membuat Kamu Bangkit KembaliPexels.com/Jonathon Burton

kita sebagai manusia biasa tentu saja mempunyai kelebihan sekaligus kekurangan, tidak ada yang sempurna di dunia ini termasuk juga orang yang melakukan bullying kepada kamu.

Makanya kamu tidak perlu merasa kamu adalah orang yang paling rendah, siapa tahu orang yang melakukan bullying terhadap kamu jauh lebih buruk daripada kamu.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu lakukan ketika menjadi korban bullying, jangan hanya berdiam diri dan tidak melakukan apa-apa hanya karena kamu takut!

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Korban Bullying Memilih Diam Dibanding Menyuarakannya

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Blogger Brebes Selatan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You