Comscore Tracker

Tanpa Sadar, 5 Kebiasaan Ini akan Kamu Alami Saat Kecanduan Gawai

Sudah gak ada kontrol yang baik dalam penggunaan teknologi?

Hidup di zaman canggihnya teknologi memang membawa dampak baik dan juga buruk secara bersamaan, termasuk dalam penggunaan gawai. Fungsi gawai memang sangat membantu pekerjaan manusia, namun lain cerita jika itu sudah masuk dalam ranah kecanduan. 

Untuk mengetahui kamu sudah kecanduan gawai atau tidak, tentu harus melihat ciri atau tandanya. Berikut ini sedikitnya ada lima kebiasaan yang menandakan kamu sudah kecanduan gawai dan harus mulai menguranginya. Biar tahu lebih lengkapnya, baca sampai habis, yuk. 

1. Kamu merasa frustrasi pada saat tidak menggunakan gawai dalam beberapa waktu

Tanpa Sadar, 5 Kebiasaan Ini akan Kamu Alami Saat Kecanduan Gawaiilustrasi orang frustrasi (pexels.com/Kelly Lacy)

Fungsi dari gawai memang bisa begitu banyak, bahkan sudah menjadi kebutuhan primer sebagian besar orang. Namun, sudah bisa dikatakan kecanduan jika kamu sendiri merasa frustrasi ketika tidak menggunakan gawai dalam beberapa waktu. 

Mungkin menggunakan gawai itu sangatlah menyenangkan, banyak hal menarik yang bisa kita nikmati melalui berbagai macam fitur-nya. Namun, kecanduan gawai bisa sangat berbahaya, kamu bisa mengalami stres berat jika tidak segera diantisipasi. 

2. Hal pertama yang kamu cari saat bangun tidur adalah gawai

Tanpa Sadar, 5 Kebiasaan Ini akan Kamu Alami Saat Kecanduan Gawaiilustrasi wanita menggunakan HP (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Orang yang kecanduan gawai bukan hanya sebatas menggunakan gawai dalam waktu yang cukup sering, tapi juga dalam waktu tertentu sehingga menjadikannya sebagai kebiasaan. Salah satunya aktivitas bangun tidur. Di saat seseorang sudah kecanduan gawai, hal pertama yang dicarinya saat bangun tidur adalah gawai, entah untuk apa pun itu alasannya. 

Baca Juga: Ilustrasi Menohok Ini Menyindir Bagaimana Gawai Menguasai Manusia

3. Tidak bosan bermain gawai meski sudah menggunakannya seharian penuh

Tanpa Sadar, 5 Kebiasaan Ini akan Kamu Alami Saat Kecanduan Gawaiilustrasi orang mantap layar HP (pexels.com/MART PRODUCTION)

Menggunakan gawai memang punya kesan yang menyenangkan, apalagi gawai di zaman sekarang ini sudah sangat modern dengan berbagai macam fitur andalan di dalamnya. 

Namun, orang yang sudah tidak bosan bermain gawai meskipun sudah menggunakannya seharian penuh sudah bisa dikatakan kecanduan. Intensitas penggunaan gawai jadi tidak terkontrol, bahkan bisa sampai mengabaikan aktivitas positif lainnya. 

4. Rasanya ada yang kurang jika kamu tidak membawa gawai saat pergi

Tanpa Sadar, 5 Kebiasaan Ini akan Kamu Alami Saat Kecanduan Gawaiilustrasi wanita merasa bosan (pexels.com/Anna Shvets)

Sebagian besar orang mungkin membutuhkan gawai untuk berbagai macam keperluan, dari yang kebutuhan sehari-hari hingga mengarah ke pekerjaan. Namun, jika kamu sudah merasa ada yang kurang jika tidak membawa gawai sekalipun kamu tidak membutuhkannya, ada bentuk ketergantungan dalam hal ini. 

Artinya, kamu sudah kecanduan gawai yang sangat berlebih. Ada yang mengganjal di hati dan juga pikiran di saat gawai kamu tertinggal di rumah karena lupa terbawa. 

5. Lebih suka menghabiskan waktu dengan gawai dibanding hal menarik lainnya

Tanpa Sadar, 5 Kebiasaan Ini akan Kamu Alami Saat Kecanduan Gawaiilustrasi pria menatap laya HP (pexels.com/Daria Shevtsova)

Kehidupan yang kita jalani saat ini sebenarnya punya banyak opsi, gak selamanya tentang teknologi. Namun, kamu lebih memilih menghabiskan waktu dengan gawaimu, artinya ada kecanduan dalam hal ini. 

 

Meski menggunakan gawai itu terasa sangat menyenangkan, kita tetap harus punya kontrol yang baik dalam penggunaannya. Gunakan gawai saat dibutuhkan saja, jangan sampai kamu hanya mendapat sisi buruknya di balik banyak manfaatnya. 

Baca Juga: 5 Tips Mencegah Anak Kecanduan Gadget, Kenalkan Berbagai Kegiatan

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya