Comscore Tracker

5 Peran Media Sosial dalam Membangun Generasi Millennial

Kamu pasti punya lebih dari satu media sosial, ya kan?

Apakah kamu sering menggunakan media sosial dalam kehidupan sehari-hari? Mungkin saat ini hampir semua orang menggunakan media sosial, apalagi banyak hal yang bisa dilakukan di dalamnya baik untuk mencari informasi, berbagai informasi, atau hiburan semata.

Namun tahukah kamu bahwa peran media sosial lebih dari apa yang kamu bayangkan selama ini? Terutama untuk generasi masa kini, banyak hal yang bisa dimanfaatkan dari efek kemajuan teknologi ini.

Berikut ini ada lima peran media sosial dalam membangun generasi millennial, ternyata peran dan pengaruhnya cukup besar lho!

1. Memberikan peluang generasi millennial untuk menjadi influencer muda

5 Peran Media Sosial dalam Membangun Generasi MillennialPexels.com/Daria Shevtsova

Apakah kamu ingin menjadi seorang influencer muda? Tentu semua orang menginginkannya, apalagi mereka tahu bahwa apa yang dihasilkan seorang influencer bisa lebih dari cukup untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik.

Di sini peran media sosial sangat berpengaruh besar dalam memberikan peluang bagi generasi millennial untuk menjadi seorang influencer. Pengguna media sosial saat ini sudah sangat banyak, tentu ini memberikan jalan bagi mereka yang baru memulai untuk menjadi orang berpengaruh di antara pengikutnya.

2. Saling berbagi informasi terbaru untuk menjadi orang yang serba tahu

5 Peran Media Sosial dalam Membangun Generasi MillennialPexels.com/Kaboompics .com

Tahukah kamu bahwa kemajuan teknologi membuat semua orang merasa ingin serba tahu, apalagi saat ini didukung dengan perangkat digital yang memungkinkan seseorang mendapatkan informasi terbaru secepat kilat.

Salah satunya adalah media sosial, semua orang bisa mendapatkan informasi dengan cepat melalui beberapa media sosial baik Facebook, Twitter, maupun Instagram.

Tentu ini berperan sangat besar bagi generasi millennial, mereka bisa mendapatkan informasi dengan cepat hanya dengan melihat media sosial terpercaya sehingga mereka menjadi orang yang serba tahu dan serba update.

Baca Juga: 5 Cara Efektif Mengatasi Kecanduanmu Terhadap Media Sosial

3. Memberi ruang untuk generasi millennial dalam mengasah kreativitas

5 Peran Media Sosial dalam Membangun Generasi MillennialPexels.com/Terje Sollie

Di zaman modern ini sangat mudah sekali untuk seseorang mengasah kreativitasnya, salah satunya generasi millennial bisa menggunakan media sosial sebagai wadah untuk berkreasi dan menuangkan apa yang ada di pikirannya.

Bukan hanya untuk mengasah, mereka juga mendapat imbalan atas apa yang telah mereka lakukan. Mereka bisa memasang iklan atau menarik perhatian pemilik produk untuk mempromosikan produknya, sangat menguntungkan bukan?

4. Memahami ciri penyebaran berita hoax

5 Peran Media Sosial dalam Membangun Generasi MillennialPexels.com/Andrea Piacquadio

Penyebaran berita hoax di media sosial terbilang sudah sangat banyak, bahkan tidak sedikit juga orang yang percaya atas berita bohong tersebut. Namun dari sini kita bisa ambil sisi positifnya, penyebaran berita hoax biasanya selalu sama dan mudah ditebak.

Di sini peran media sosial bisa sangat besar bagi generasi millennial, mereka harusnya tahu ciri penyebaran berita hoax yang mereka temui di media sosial. Dengan begitu mereka bisa dengan mudah memilah mana berita asli dan mana yang palsu.

5. Memberikan peluang untuk mengeluarkan pendapat ke ranah publik

5 Peran Media Sosial dalam Membangun Generasi MillennialPexels.com/Andrea Piacquadio

Jika kamu membuat sesuatu di media sosial, tentu pengguna media sosial yang lain akan tahu. Kita tahu sendiri bahwa pengguna media sosial di seluruh dunia sudah sangat banyak, ini memberikan peluang bagi generasi millennial untuk mengeluarkan pendapat mereka tentang suatu kejadian.

Dengan begitu semua orang punya jalan yang sama untuk memberikan pendapat, selanjutnya ini tergantung tiap individu apakah dia berani untuk mengeluarkan apa yang dia pikirkan atau hanya dia saja tanpa melakukan sesuatu.

Itu dia deretan alasan betapa pentingnya media sosial dalam membangun generasi millennial. Meskipun media sosial terkesan sangat biasa saja, namun pengaruh bagi generasi masa kini bisa dibilang sangat besar, lho!

Baca Juga: 5 Hal Baik Saat Kamu Kurangi Intensitas di Media Sosial, Cobain Deh!

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Blogger Brebes Selatan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya