Comscore Tracker

5 Cara Membuat Dirimu Lebih Percaya Diri, Bye-bye Insecure!

Optimalkan bakat yang kamu miliki

Sebagian orang berpendapat bahwa rasa percaya diri itu merupakan anugerah yang gak dimiliki semua orang. Buktinya, tak sedikit orang yang mengaku bahwa dirinya masih suka merasa minder. Padahal setiap orang bisa, kok, berubah menjadi pribadi yang lebih percaya diri. Termasuk kamu, yang selama ini sering banget merasa insecure.

Karena sejatinya rasa percaya diri itu bisa muncul jika kamu mau berusaha membangkitkannya. Berikut lima upaya yang dapat dilakukan supaya kamu bisa lebih percaya diri lagi. Apa saja poin yang dimaksud? Keep reading, ya!

1. Kenali dirimu sendiri dan segala sisi positif yang kamu punya

5 Cara Membuat Dirimu Lebih Percaya Diri, Bye-bye Insecure!ilustrasi bertukar pikiran (pexels.com/cottonbro)

Jika ditanya, siapa orang yang paling tahu tentangmu luar dan dalam, tentu saja jawabnya adalah dirimu sendiri. Kamu mesti paham apa yang jadi kelebihan serta kelemahanmu. Sehingga kamu dapat menonjolkan sisi positif tersebut. Supaya sisi negatifmu bisa tertutupi. Kalau sudah begitu, otomatis kamu akan tampil dengan lebih percaya diri, kok. 

Coba saja jika selama ini kamu cuma meratapi keburukanmu saja. Bisa jadi, kamu akan terus merasa tidak memiliki kelebihan dan jatuhnya jadi gampang minder, deh. Padahal di balik itu, kamu punya potensi yang mumpuni, lho. Jadi, pilih mana fokus pada kekurangan atau kelebihanmu, nih?

2. Kembangkan bakat yang kamu miliki hingga menghasilkan sesuatu

5 Cara Membuat Dirimu Lebih Percaya Diri, Bye-bye Insecure!ilustrasi orang melukis (pexels.com/Brett Sayles)

Mungkin sejak kecil kamu punya ketertarikan di bidang khusus. Seni lukis, misalnya. Makanya saat duduk di bangku sekolah dasar, kamu sering sekali mengikuti perlombaan melukis tingkat nasional. Bahkan ada banyak ajang kejuaraan lukis yang kamu menangkan. Nah, apa kabar dengan bakatmu sekarang? 

Seharusnya ketika beranjak dewasa, kamu bisa lebih memanfaatkan talenta yang dimiliki, dong. Sebab selain dapat digunakan sebagai ladang mencari cuan, bakatmu itu juga bisa membuatmu jadi lebih percaya diri, lho! Bagaimana tidak, gak banyak orang seusiamu yang memiliki banyak karya seni. Apalagi bisa laku terjual dengan harga tinggi. Membanggakan banget, kan?

Baca Juga: 5 Dampak Buruk yang Terjadi Jika Kamu Mudah Percaya Kepada Orang Lain

3. Jangan takut untuk membuka obrolan dengan orang lain

5 Cara Membuat Dirimu Lebih Percaya Diri, Bye-bye Insecure!ilustrasi orang mengobrol (pexels.com/MHA)

Perasaan minder acap kali menghambatmu untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. Kamu takut menyapa orang lebih dulu, apalagi melihat mata lawan bicaramu. Pandanganmu selalu menunduk tiap kali berjumpa sama orang yang tak begitu dekat denganmu. Karena takut salah ucap akibat gugup. Kalau sikap ini dibiasakan, bisa-bisa kamu gak punya teman, lho. 

Makanya, mulai sekarang coba untuk lebih membuka diri. Jangan takut memulai obrolan dengan orang lain. Meskipun kalian gak begitu dekat. Berawal dari basa-basi siapa tahu kalian bisa menjadi akrab. Dengan berani menyapa duluan, niscaya kamu akan lebih percaya diri. Karena sejatinya, apa yang kamu takutkan selama ini gak terbukti, kok. 

4. Jadikan keberhasilan orang lain sebagai motivasi bukan alasan untuk iri

5 Cara Membuat Dirimu Lebih Percaya Diri, Bye-bye Insecure!ilustrasi orang ngobrol (pexels.com/cottonbro)

Melihat orang-orang di lingkar pertemananmu sudah meraih sukses mereka masing-masing, membuatmu jadi merasa iri. Itu hal yang wajar, sih tapi jangan terus dijadikan alasan untuk berkecil hati, karena kamu beranggapan gak bisa seperti mereka, dong. Semua orang punya kesempatan yang sama untuk sukses, kok. 

Lebih baik jadikan keberhasilan mereka sebagai motivasi supaya kamu bisa berada di posisi yang sama. Jangan cuma lihat hasilnya saja, tapi cari tahu bagaimana prosesnya. Gak mungkin, dong orang bisa mencapai kesuksesan dalam waktu semalam. Percaya, deh kalau mereka bisa, kamu pasti juga bisa!

5. Meskipun bukan segalanya, soal penampilan juga perlu diperhatikan

5 Cara Membuat Dirimu Lebih Percaya Diri, Bye-bye Insecure!ilustrasi orang bergaya (pexels.com/RODNAE Productions)

Orang bijak berkata, jangan menilai buku dari sampulnya. Artinya, kita dihimbau untuk tidak menilai seseorang dari penampilannya saja. Belum tentu yang berpakaian asal-asalan, adalah tipe orang yang negatif perilakunya. Namun demikian, gak ada salahnya, kok kamu lebih memperhatikan penampilan. Bukan supaya dinilai baik oleh orang lain, tapi untuk menunjang rasa percaya dirimu. 

Kalau penampilannya paripurna, kan kamu juga jadi berani tampil di muka umum. Gak perlu pakai barang-barang mewah segala. Tetap sesuaikan sama kemampuan finansial masing-masing, ya! Paling penting kamu jadi gak minder lagi, kan?

Setiap orang termasuk kamu, bisa jadi pribadi yang penuh percaya diri. Tinggal bagaimana kamu membawa diri saja, sih. Coba mulai dengan melakukan kelima upaya di atas, siapa tahu tips ini berguna dan kamu bisa segera mengucapkan selamat tinggal pada rasa insecure yang selama ini menghambat langkahmu. 

Baca Juga: 5 Mindset yang Membuatmu Jauh Lebih Percaya Diri 

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya