Comscore Tracker

5 Alasan Menjadi Terlalu Baik Juga Gak Bagus Buat Dirimu Sendiri

Mending bersikap sewajarnya saja

Sejak kecil, baik di rumah maupun di sekolah kamu kerap kali diajarkan untuk menjadi orang yang baik. Maka gak heran bila hingga dewasa pun, kamu masih terdoktrin untuk bersikap baik pada semua orang. Tentu tindakan itu sama sekali gak salah. Menjadi orang yang baik, akan membuatmu mudah diterima oleh siapapun. Kehadiranmu juga jadi angin segar yang sering kali dinantikan, karena secara gak langsung membawa aura positif ke sekelilingmu.

Akan tetapi, jika sikap baik itu sudah berlebihan justru akan berbalik merugikan dirimu sendiri, lho. Kalau masih gak percaya, mungkin lima alasan berikut bisa membuatmu berpikir ulang untuk tidak bersikap kelewat baik, pada orang lain.

1. Kamu akan sering berada di posisi yang gak enak

5 Alasan Menjadi Terlalu Baik Juga Gak Bagus Buat Dirimu SendiriUnsplash/ Tran Mau Tri Tam

Punya hati bak malaikat membuatmu lebih banyak mengalah pada teman-temanmu. Bahkan posisimu sering kali tidak menguntungkan, karena tak ada kesempatan untuk memilih. Orang lain akan terus "mengorbankanmu" karena tahu, kamu bakal dengan senang hati melakukannya.

Misalkan saja, saat harus lembur buat mempersiapkan acara kantor. Karena tahu kamu gak bakal bilang tidak, alhasil teman-teman sekantor justru melimpahkan tanggung jawab itu ke kamu. Sementara mereka terima beres dan bisa pulang ke rumah lebih awal. 

2. Terlalu banyak pertimbangan saat akan berkata jujur

5 Alasan Menjadi Terlalu Baik Juga Gak Bagus Buat Dirimu SendiriUnsplash/ Trung Thanh

Ingat, siapa saja berhak mengemukakan pendapatnya. Begitu juga dengan berkata sejujur-jujurnya tanpa berdusta sedikit pun. Namanya kejujuran gak selamanya menyenangkan untuk didengar. Tapi meskipun tahu itu, kamu masih saja banyak mempertimbangkan saat akan membeberkan sebuah fakta.

Kamu takut, ucapanmu bakal menyinggung orang lain. Alhasil, terpaksa berbohong demi menjaga perasaan mereka. Kalau sampai ketahuan, gimana coba? Mau menutupi kebohongan dengan kebohongan lain?

Baca Juga: 7 Alasan Kenapa Jadi Orang Baik Kadang Sulit Bahagia

3. Tak sedikit orang jahat yang justru memanfaatkan kebaikanmu

5 Alasan Menjadi Terlalu Baik Juga Gak Bagus Buat Dirimu SendiriUnsplash/ Eliott Reyna

Punya sifat yang baik memang harus diacungi jempol, tapi kamu juga mesti pandai memilah, akan bersikap baik pada siapa. Sebab tak semua orang layak mendapatkan perlakuan tersebut, apalagi yang berlebihan seperti kebaikanmu ini. Akan ada saja segelintir orang jahat yang justru memanfaatkan kebaikan yang kamu berikan, demi memenuhi kepentingannya.

Jadinya, malah rugi sendiri kan? Sekarang coba dipikir dan diingat lagi deh, apakah kamu pernah merasa dimanfaatkan oleh orang lain?

4. Urusan pribadimu sering kali terbengkalai

5 Alasan Menjadi Terlalu Baik Juga Gak Bagus Buat Dirimu SendiriUnsplash/ NeONBRAND

Ini nih, yang paling sering kamu alami. Demi menyenangkan orang lain, gak jarang kamu justru melupakan urusan pribadi yang seharusnya segera diselesaikan.

Semisal, ada teman yang memaksa ingin ditemani nongkrong di cafe, karena kebetulan dia baru saja patah hati, sementara kamu harus segera menyelesaikan revisi skripsi. Karena gak tega menolak, jatuhnya kamu malah meninggalkan tugas tersebut dan memilih menemaninya. Yakin dalam hati kamu masih merasa nyaman?

5. Saat berada di puncak amarah, orang akan berpikir kamu buruk dan image baik yang kamu punya , jadi luntur seketika

5 Alasan Menjadi Terlalu Baik Juga Gak Bagus Buat Dirimu SendiriUnsplash/ Lacie Slezak

Namanya kesabaran pasti ada batasnya. Jarang marah bukan berarti kamu bisa menahan emosi selamanya, tentu ada saat di mana kamu merasa jenuh dan kekesalan itu keluar juga. Pada akhirnya, amarahmu mencapai puncaknya. Tapi, sayangnya sikap yang bertentangan dengan kebaikan yang sejauh ini melekat padamu, justru membuat sebagian orang langsung berpikir negatif.

Tak sedikit dari mereka yang me-judge kamu hanya pura-pura baik selama ini. Nah, lho mau jadi baik salah dan merugi, jadi galak sesekali malah langsung dianggap jelek. Susah juga, kan?

Bagaimana, apakah kelima alasan tadi cukup membuatmu berpikir ulang? Menjadi pribadi yang baik memang gak ada salahnya, tapi segala sesuatu yang berlebihan itu gak bagus, kan. Lebih baik bersikap sewajarnya saja, ya.

Baca Juga: Yakin Kamu Jadi Orang Baik? Coba Tanyakan 5 Hal Ini pada Dirimu!

Angel Rose Photo Community Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

JADWAL SALAT & IMSAK

23
MEI
2019
18 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 23 May 2019 20:15:05

Progress: 769.074 dari 813.350 TPS (94.55634%)

Just For You