Comscore Tracker

Coba 7 Kegiatan Seru Ini, Supaya Waktu Luangmu Lebih Bermanfaat

#PANJATPOIN Biar gak pegang handphone melulu

Saat semua PR atau tugas kampus kelar, akhirnya kamu punya waktu luang juga. Tapi kadang suka bingung, enaknya mau ngapain ya? Karena gak ada ide mau melakukan apa, ujung-ujungnya lari ke handphone, deh. Sebenarnya bukan masalah sih, mainan ponsel, asalkan gak sampai seharian aja. Selain gak bagus buat kesehatan mata, menatap layar telepon pintar terus-terusan juga bikin kamu mager, alias males gerak, lho.

Nah, daripada waktumu terbuang percuma, mending coba deh lakoni 7 kegiatan berikut. Di samping bisa menjauhkan dirimu sejenak dari gadget, aktivitas-aktivitas berikut juga dapat menjadikanmu lebih semangat, kreatif dan sehat. Berani coba?

1. Bikin snack sendiri di rumah

Coba 7 Kegiatan Seru Ini, Supaya Waktu Luangmu Lebih BermanfaatUnsplash/Kristina Tripkovic

Kalau biasanya kamu dimanjakan dengan masakan mama, atau beli makanan lewat layanan online, sekarang waktunya buatmu bereksperimen. Cobalah cari buku resep koleksi ibu dan mulailah uji keahlian memasakmu di dapur. Gak perlu membuat makanan yang sulit dan repot. Bisa juga kok kamu bikin pisang goreng dengan topping keju atau cokelat.

Sensasinya bakal beda deh, walaupun sama-sama pisang goreng tapi kalau buatan sendiri pasti lebih terasa spesial.

2. Berkebun

Coba 7 Kegiatan Seru Ini, Supaya Waktu Luangmu Lebih BermanfaatUnsplash/rawpixel

Meskipun sebelumnya kamu jarang banget menginjakkan kaki di kebun, namun sesekali boleh lah ambil pot kecil dan mulai menanam benih bunga. Banyak kok, toko tanaman yang menjual aneka bibit buah dan bunga. Lebih baik, dimulai dari tumbuhan yang mudah dulu ya. Supaya tingkat kegagalannya juga menurun. Jangan lupa perhatikan perawatannya juga, harus rutin disiram dan berikan pupuk bila perlu.

Saat tunas baru muncul, kamu pasti merasakan kepuasan tersendiri. Apalagi bila tiba waktunya mekar bunga atau berbuah. 

3. Olahraga

Coba 7 Kegiatan Seru Ini, Supaya Waktu Luangmu Lebih BermanfaatUnsplash/ Fil Mazzarino

Kegiatan yang satu ini wajib banget kamu kerjakan, setidaknya 4 kali seminggu. Selain menyehatkan, olahraga juga bisa menjaga mood kamu tetap stabil, lho. Kalau males buat pergi ke gym, jogging keliling komplek udah cukup kok. Ajak adik, kakak, atau tetanggamu buat olahraga bareng, dijamin makin seru dan semangat, deh.

4. Membaca buku

Coba 7 Kegiatan Seru Ini, Supaya Waktu Luangmu Lebih BermanfaatUnsplash/ Ju Desi

Sehari-hari kamu sudah kenyang dengan bacaan buku pelajaran atau makalah. Sekarang giliran ganti bacaanmu dengan yang lebih santai, semisal novel atau komik. Walaupun terkesan ringan, membaca buku fiksi bisa melatih daya imajinasi kamu lho. Biar kerja otak kanan dan kiri lebih berimbang, ya.

5. Mengobrol dengan orangtua

Coba 7 Kegiatan Seru Ini, Supaya Waktu Luangmu Lebih BermanfaatUnsplash

Coba deh kamu ingat-ingat lagi, kapan terakhir duduk ngobrol sama orangtua. Karena sibuk menyelesaikan tugas sekolah, sedangkan papa dan mamamu dengan kerjaan masing-masing, jadi wajar kalau kalian jarang punya waktu bersama. Sekali-kali ajak deh mereka berbincang.

Pada kesempatan ini, kamu juga bisa mencurahkan tentang apa saja yang selama ini belum sempat diceritakan. Dengan begitu, keluarga kalian pasti terasa lebih dekat lagi.

Baca Juga: 5 Alasan Bekerja Paruh Waktu Selagi Mahasiswa itu Bermanfaat Banget!

6. Menata ulang kamar

Coba 7 Kegiatan Seru Ini, Supaya Waktu Luangmu Lebih BermanfaatUnsplash/ Kinga Cichewicz

Pernah merasa bosan gak sih, sama tatanan kamar yang begitu-begitu aja? Gimana kalau kamu gunakan waktu luang buat mendekorasi ulang kamar tidurmu, pasti menyenangkan deh. Geser posisi meja belajar yang tadinya menghadap tembok, jadi menghadap ke jendela. Bisa pula ganti letak tempat tidur dan tukar seprai lamamu dengan yang baru.

Jangan lupa semprotkan pengharum ruangan biar kamar lebih nyaman lagi.

7. Merawat diri

Coba 7 Kegiatan Seru Ini, Supaya Waktu Luangmu Lebih BermanfaatUnsplash/Noah Buscher

Melakukan perawatan gak melulu mesti menghabiskan banyak uang ke salon, kok. Kamu bisa merawat diri dari mulai ujung kepala sampai kaki, di rumah. Cobalah manfaatkan oatmeal dan madu sebagai masker wajah serta beli sebotol lulur, untuk merawat kelembaban kulit badanmu. Usapkan pula lidah buaya pada rambut supaya ujung-ujungnya yang kering bisa perlahan membaik.

Ternyata banyak banget ya, kegiatan positif yang bisa kamu kerjakan untuk mengisi waktu luang. Apakah kamu pernah melakukannya? Kalau belum, yuk segera dibiasakan. Semoga bermanfaat ya.

Baca Juga: Bosan di Rumah Saat Puasa? Coba 6 Aktivitas Seru Ini!

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You