Comscore Tracker

5 Cara Melatih Kepekaan Diri Agar Gemar Berbagi Kepada Orang Lain

Mulai dari diri sendiri dan jadilah berarti

Berbagi adalah sebuah perkara mulia yang harusnya dilakukan manusia. Dengan berbagi, kita berupaya untuk menyingkirkan ego mementingkan diri sendiri, sebab kita hidup di dunia ini bukan sendiri, namun bersama-sama dengan orang lain. Untuk itu berbagi melatih kepekaan diri kita untuk peduli pada orang lain di sekitar kita.

Ingat, dengan berbagi hidupmu jadi lebih bermakna lagi bermanfaat. Sebab dengan mengulurkan tangan kepada orang lain, kita berupaya untuk menghilangkan kesedihan dan rasa susah yang orang lain rasa.

Agar kepekaanmu untuk berbagi dengan orang lain kian tajam, ada beberapa cara untuk melatihnya. Berikut ini 5 cara melatih kepekaan diri agar peduli kepada orang lain.

1. Perbanyak bersedekah

5 Cara Melatih Kepekaan Diri Agar Gemar Berbagi Kepada Orang LainUnsplash.com/Elaine Casap

Sebagai seorang manusia, jangan ragu untuk memperbanyak bersedekah. Kamu bisa bersedekah dengan memberikan sebagian rezekimu pada kotak amal masjid, atau memberikan uangmu kepada anak jalanan yang membutuhkan bantuan. Sedekah bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Memperbanyak sedekah membuatmu semakin peka terhadap kehidupan sulit yang dialami orang lain. Jadilah dermawan dan bantulah sesama semampu yang bisa kamu lakukan. Jangan berharap orang lain yang membantu, justru mulailah dari diri sendiri untuk turut serta membantu orang lain.

2. Biasakan diri untuk memberi makan orang lain

5 Cara Melatih Kepekaan Diri Agar Gemar Berbagi Kepada Orang LainUnsplash.com/Clem Onojeghuo

Jangan ragu untuk membiasakan diri memberi makan orang lain di sekitarmu, mereka pasti sangat membutuhkan uluran tangan. Hal ini juga merupakan salah satu cara untuk melatih kepekaan diri untuk berbagi pada orang lain. Kamu bisa memberi makan keluarga terdekatmu, kerabat, kaum papa, tetangga yang miskin di sekitarmu, atau mungkin orang-orang yang kamu temui di pinggir jalan. Jangan takut rezekimu hilang atau berkurang dengan memberi makan orang lain. Rejeki sudah di atur Sang Khalik, memberi makan mereka tidak akan membuatmu kekurangan, justru Tuhan akan melapangkan rezekimu asal kamu ikhlas dalam memberinya.

3. Kumpulkan pakaian layak pakai untuk anak-anak panti asuhan

5 Cara Melatih Kepekaan Diri Agar Gemar Berbagi Kepada Orang LainUnsplash.com/Priscilla Du Preez

Kamu pasti punya banyak baju layak pakai yang mungkin bisa kamu sumbangkan untuk orang lain. Kumpulkan baju-bajumu dan berikan kepada orang yang membutuhkan, misalnya ke panti asuhan atau ke posko daerah yang terkena bencana alam. Baju-bajumu tentu sangat berharga dan akan dimanfaatkan oleh mereka yang memerlukannya. Coba kamu pikir, memiliki banyak pakaian juga membuatmu mubazir, apalagi kalau kamu jarang memakai semua pakaian yang kamu miliki. Untuk itu, menyumbangkan pakaian menjadi pilihan tepat untuk melatih kepekaan dirimu untuk peduli pada orang lain.

Baca Juga: 5 Manfaat Sedekah di Bulan Ramadan, Yuk Bersedekah!

4. Sisihkan uang jajanmu untuk membangun rumah anak yatim

5 Cara Melatih Kepekaan Diri Agar Gemar Berbagi Kepada Orang LainUnsplash.com/ Christian Dubovan

Apakah kamu rajin menabung atau menyisihkan uang jajanmu? Jika iya, apakah kamu menggunakan uang tersebut untuk jalan-jalan atau travelling? Kalau iya, mungkin kamu bisa mengalokasikan uang tersebut untuk berbuat baik. Kamu bisa menyisihkan uang jajanmu untuk pembangunan rumah anak yatim. Uang yang kamu sisihkan tentu sangat berharga bagi pembangunan rumah anak yatim tersebut. Selain itu kamu juga bisa mengalokasikan uang jajanmu untuk disumbangkan pada pembangunan tempat ibadah seperti masjid.Intinya berbuatlah baik dengan harta yang kamu punya.

5. Ikut turun tangan membantu saudaramu yang terkena musibah

5 Cara Melatih Kepekaan Diri Agar Gemar Berbagi Kepada Orang LainUnsplash.com/ Chris Gallagher

Beberapa waktu lalu, mungkin masih terngiang di benak kita mengenai musibah dahsyat tsunami di Palu dan Banten 2018 lalu. Musibah yang merenggut banyak nyawa itu meninggalkan luka yang dalam bagi negeri ini. Kamu juga bisa berkontribusi untuk membantu saudara yang terkena musibah. Ada banyak cara untuk ikut membantu mereka yang terkena musibah seperti menyumbangkan makanan, pakaian, obat-obatan, atau ikut langsung menjadi relawan di tempat musibah terjadi. Jangan ragu untuk ikut turun tangan membantu saudaramu yang terkena musibah. Kamu akan memperoleh balasan atas kebaikanmu dari Sang Maha Pencipta.

Demikianlah 5 cara melatih kepekaan diri agar gemar berbagi kepada orang lain. Jangan tunggu tua untuk mau berkontribusi berbagi dengan orang lain. Justru saat masih muda lah kepekaan itu ditumbuhkan. Yuk menjadi pribadi yang berarti.

Baca Juga: Sebelum Bersedekah, 5 Pola Pikir Ini Harus Kamu Miliki

Anggita Amelia Photo Community Writer Anggita Amelia

Writing is the way I share it, hopefully my writing will be useful to the reader

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You