Comscore Tracker

5 Manfaat yang Akan Didapat Jika Kamu Rajin Mendoakan Orang Lain

Panjatkan doa-doa terbaikmu!

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk membahagiakan orang-orang di sekitarmu, salah satunya dengan mendoakan mereka sepenuh hati.

Ingatlah, saat berdoa kepada Sang Maha Pencipta, jangan hanya melantukan doa-doa terbaik untuk kepentingan dirimu sendiri saja, namun cobalah untuk menyelipkan doa-doa terbaik untuk orang-orang di sekitarmu baik itu keluarga, kerabat, atau orang lain yang kamu temui dalam kehidupanmu. Ini karena banyak manfaat yang bisa kamu petik dengan mendoakan orang lain.

Berikut ini 5 manfaat jika kamu rajin mendoakan orang lain.

1. Punya energi positif

5 Manfaat yang Akan Didapat Jika Kamu Rajin Mendoakan Orang LainUnsplash.com / Joseph Pearson

Saat kamu mau meluangkan waktu untuk mendoakan orang lain, maka kamu akan memperoleh banyak manfaat dalam hidupmu. Salah satunya kamu akan mendapatkan energi positif yang membuatmu bersemangat dalam menjalani hari. Hal ini disebabkan karena suasana hatimu yang turut bahagia dengan mendoakan orang lain. 

Oleh karena itu, ketika kamu bertemu dengan orang lain di jalan seperti pengemis atau petugas kebersihan, maka jangan sungkan untuk melantunkan doa dari lubuk hatimu kepada mereka, misalnya mendoakan mereka agar senantiasa sehat dan lancar rezekinya.

2. Hidup jadi lebih bermakna

5 Manfaat yang Akan Didapat Jika Kamu Rajin Mendoakan Orang LainUnsplash.com/ Sid Leigh

Hidup di dunia ini hanya sebentar, untuk itu jangan buang-buang waktu dan manfaatkan waktu yang tersisa dengan menghiasinya dengan perbuatan bermakna. Salah satunya dengan mendoakan orang lain.

Ketahuilah, mendoakan orang lain membuat hidupmu jauh lebih bermanfaat ketimbang sibuk menyerapahi atau membuka aib buruk orang lain. Dengan mendoakan orang lain, hati pun menjadi sejuk dan tenang karena kamu berupaya untuk menjadi pribadi yang positif.

Baca Juga: Muslim Harus Tahu, Inilah 5 Makna Mengangkat Tangan Saat Berdoa

3. Bisa membahagiakan orang lain

5 Manfaat yang Akan Didapat Jika Kamu Rajin Mendoakan Orang LainUnsplash.com/ Ian Schneider

Apa yang kamu rasakan saat melihat orangtuamu bahagia? Tentu kamu pun akan turut senang dan merasa ikut bahagia. Ini karena adanya rasa cinta dan kasih sayang dalam dirimu terhadap orangtua. Begitu juga ketika kamu mau mendoakan orang lain di sekitarmu, kamu berupaya untuk menularkan kebahagiaan kepada orang lain.

Mendoakan orang lain merupakan salah satu contoh berbudi luhur kepada sesama. Selain itu mendoakan orang lain juga bagian dari memuliakan seseorang dengan doa-doa tulusmu di dalam hati. Doakan mereka yang ada di sekitarmu dengan penuh keikhlasan, niscaya dirimu pun akan turut bahagia.

4. Kamu jadi memiliki kepekaan sosial yang tinggi

5 Manfaat yang Akan Didapat Jika Kamu Rajin Mendoakan Orang LainUnsplash.com/ Ben White

Saat seseorang senantiasa mendoakan orang lain, maka ia sedang berupaya untuk berdamai dengan egonya. Kenapa demikian? Karena seseorang yang memiliki ego tinggi dan hanya memedulikan diri sendiri, biasanya cenderung untuk tidak mau bersusah payah memikirkan orang lain bahkan sampai mendoakannya.

Untuk itu bersyukurlah bagi kamu yang memiliki kebiasaan positif untuk mau mendoakan orang lain di manapun kamu berada. Perilaku ini akhirnya membentuk karaktermu menjadi seseorang yang memiliki kepekaan sosial yang tinggi dan mau peduli dengan sekitar.

Ingat, kamu hidup di dunia ini bukan sendiri melainkan berdampingan dengan orang lain, sudah seharusnya juga memikirkan dan menyelipkan doa terbaikmu untuk orang-orang di sekitarmu.

5. Hidupmu dipenuhi dengan kebaikan

5 Manfaat yang Akan Didapat Jika Kamu Rajin Mendoakan Orang LainUnsplash.com/Corey Agopian

Setiap kebaikan yang kamu lakukan dengan ikhlas tentu akan mendatangkan balasan berupa kebaikan pula ke dalam hidupmu. Hal ini terjadi karena adanya rida dari Sang Maha Pencipta atas kebaikan yang kamu lakukan pada orang lain.

Saat kamu tulus mendoakan hal-hal baik untuk orang-orang di sekitarmu, maka doa yang kamu panjatkan tersebut juga akan kembali kepadamu. Karena itu jangan menganggap perbuatan mendoakan orang lain sebagai hal yang sia-sia, justru malah akan mendatangkan pahala bagimu.

Demikianlah 5 manfaat jika kamu rajin mendoakan orang lain. Jangan pernah merasa rugi dengan mendoakan orang lain. Ketahuilah saat kamu menoreh kebaikan untuk orang lain, maka kebaikan tersebut akan kembali kepadamu lagi.

Baca Juga: [PUISI] Doa di Penghujung Senja

Anggita Amelia Photo Verified Writer Anggita Amelia

Writing is the way I share it, hopefully my writing will be useful to the reader

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya