Comscore Tracker

Buat Para Cewek, Ini 6 Sikap Menghadapi Teman yang Suka Mengucilkanmu

Jangan pernah ciut ya!

Mungkin kamu pernah mengalami perlakuan buruk dari teman atau rekan kerjamu seperti dikucilkan tanpa adanya sebab. Tentunya perlakuan seperti ini sangat tidak mengenakkan dan begitu mengganggu. Namun demikian, kamu gak boleh ciut dan merasa tidak berdaya meski mendapat perlakuan seperti itu ya.

Berikut ini terdapat beberapa tips agar kamu bisa menyikapi teman yang selalu mengucilkanmu dengan cara elegan. Yuk disimak!

1. Tidak ambil pusing dengan sikap teman yang mengucilkanmu

Buat Para Cewek, Ini 6 Sikap Menghadapi Teman yang Suka MengucilkanmuUnsplash.com/ Banter Snaps

Semua orang tentu tak mau dikucilkan. Namun jika hal itu terjadi padamu, jangan sampai peristiwa itu membuatmu tak bisa lagi menjalani hidup. Coba bangkit dan bersikap lebih berani. Caranya, dengan tidak mengambil pusing atas perbuatan teman yang suka mengucilkanmu.

Yakinlah saat kamu tidak merespon perbuatan mereka, dengan sendirinya temanmu akan lelah untuk mengucilkanmu dan mulai berhenti untuk melakukannya. Jangan sibukkan waktumu untuk melayani mereka yang mengucilkanmu, lebih baik gunakan waktumu untuk melakukan hal-hal positif.

2. Tetap jadi dirimu sendiri

Buat Para Cewek, Ini 6 Sikap Menghadapi Teman yang Suka MengucilkanmuUnsplash.com/ Eunice Stahl

Percayalah saat kamu menjadi dirimu sendiri, maka kamu lebih leluasa untuk menjalani hari-harimu, meskipun sekelilingmu tidak menyukai atau malah mengucilkanmu. Misalnya, jika temanmu mengucilkanmu hanya karena kamu tidak memiliki kelebihan finansial untuk bisa berbelanja di tempat mahal, maka kamu tak perlu menghalalkan segala cara agar terlihat mapan secara finansial sehingga membuat mereka yang mengucilkanmu mulai perhatian padamu.

Jangan buat hidupmu menjadi penuh drama hanya demi menyenangkan orang lain. Jadilah diri sendiri, yakinlah bahwa mereka yang mengucilkanmu lambat laun akan berhenti dari perbuatan buruk mereka.

3. Selalu bersabar

Buat Para Cewek, Ini 6 Sikap Menghadapi Teman yang Suka MengucilkanmuPixabay/StockSnap

Apapun masalah yang menimpa hidupmu, sabar selalu menjadi kunci utama yang akan membuatmu kuat dalam menjalani segala ujian. Bersabarlah ketika mereka yang mengucilkanmu kerap menyerangmu setiap waktu.

Ingatlah, bersabar bukan berarti mengalah akan keadaan yang menimpamu dan membiarkan mereka yang mengucilkanmu bisa bergerak semaunya. Namun bersabar adalah sikap terbaik agar hatimu senantiasa lapang dan hidupmu jauh lebih damai.

Jika kamu merespon perlakuan buruk temanmu, maka mereka akan semakin menjadi dalam hal mengucilkanmu. Ujungnya kamu akan depresi dan hatimu semakin gelisah. Karena itu belajarlah untuk bersabar dalam menghadapi segala keadaan dalam hidupmu.

Baca Juga: Segera Sadari, 5 Tipe Teman Ini Hanya Membawa Penderitaan Bagimu

4. Tetap berbuat baik dengan siapa saja

Buat Para Cewek, Ini 6 Sikap Menghadapi Teman yang Suka MengucilkanmuUnsplash.com/J W

Saat orang lain mengucilkanmu, jangan sampai menyurutkanmu untuk berbuat baik terhadap siapa pun. Ingatlah, semua manusia tidaklah sama perangainya. Ada yang baik dan ada juga yang buruk sikapnya. Untuk itu, jangan menganggap semua manusia memiliki perilaku yang sama dan senang mengucilkan orang lain. Mulailah untuk berpikir terbuka dan lihatlah sekitarmu.

Tebarlah kebaikan kepada sesama tanpa mengharap pamrih. Ketika kamu berupaya untuk ikhlas berbuat baik dengan siapa saja, maka kebaikan itu akan terus tumbuh dan akan memberikanmu energi positif padamu setiap hari.

5. Tetap rendah hati

Buat Para Cewek, Ini 6 Sikap Menghadapi Teman yang Suka MengucilkanmuUnsplash.com/ Kawin Harasai

Rendah hati adalah salah satu sifat baik yang harus dimiliki setiap insan. Dengan rendah hati, maka manusia akan mampu menghargai manusia lainnya secara manusiawi.

Saat kamu rendah hati kepada orang lain maka kamu berupaya untuk tidak sombong dan lebih menghargai orang lain. Meski orang lain mengucilkanmu, maka kamu jangan perlakukan hal yang sama kepadanya. Walau sekitarmu mengucilkanmu, tetap tumbuhkan sifat rendah hati dan teruslah maju mewarnai harimu dengan kebaikan.

Seorang penulis tanah air, Helvy Tiana Rosa pernah berkata, “Rendah hati itu menghadirkan pendar sempurna yang tak pudar saat kau beranjak pergi. Mereka akan membingkainya.” Dengan demikian jangan ragu untuk selalu rendah hati dalam segala kondisi yang kamu hadapi.

6. Anggaplah mereka yang mengucilkanmu sebagai bagian dari ujian hidup

Buat Para Cewek, Ini 6 Sikap Menghadapi Teman yang Suka MengucilkanmuUnsplash.com/Viktor Kern

Bersikap bijak dalam menghadapi segala permasalahan hidup adalah tindakan tepat. Mereka yang mengucilkanmu adalah bagian dari ujian hidup yang harus kamu lewati.

Jangan ciut dan teruslah menata hari meski pun semesta di sekelilingmu menolak kehadiranmu. Saat kamu bisa berdamai dengan ujian yang kamu hadapi, maka hati akan jauh lebih tenang dan kamu mudah untuk melangkahkan kaki.

Demikianlah 6 sikap elegan yang bisa kamu lakukan saat menghadapi teman yang suka mengucilkanmu. Biarlah mereka berkata apa, sibukkan dirimu dengan terus memancarkan energi positif agar hidupmu jauh lebih bermakna.

Baca Juga: Tanpa Sadar, 5 Kebiasaan Bersama Teman Ini Bisa Bikin Kantong Jebol

Anggita Amelia Photo Community Writer Anggita Amelia

Writing is the way I share it, hopefully my writing will be useful to the reader

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You