Comscore Tracker

5 Bekal yang Dibutuhkan Content Creator Biar Dapat Silver Play Button 

Siap-siap dapat Silver Play Button di Youtube ya!

Menjadi seorang content creator atau content maker nggak bisa dipandang sebelah mata saat ini. Apalagi di era digital seperti sekarang, content creator selalu jadi rujukan tren di berbagai platform media sosial bahkan di kehidupan nyata. Nggak heran banyak orang yang ingin tampil stand out dan memulai perjalanan karir mereka sebagai content creator.

Apalagi saat ini banyak content creator award yang bikin semangat para vlogger untuk bikin konten-konten unik dan menarik. Nah, kali ini IDN Times mau kasih kamu beberapa tips nih biar kamu jadi content creator pro yang diperhitungkan di kancah vlogging Indonesia. Keep scrolling!

1. Kamu memang bisa bercerita tentang apa saja, tapi bukan berarti ‘semaunya’

5 Bekal yang Dibutuhkan Content Creator Biar Dapat Silver Play Button Unsplash/Glenn Carstens-Peters

Buat kamu yang ingin channel vlog, sebelumnya, coba buat perencanaan yang matang buat channel kamu. Perencanaan yang matang bisa menghindari kamu dari ‘kehabisan’ konten di masa depan. Kamu bisa memulainya dengan menentukan segmen mana yang akan kamu sasar dengan videomu, topik apa yang akan kamu ulas bahkan gaya bahasa seperti apa yang akan kamu gunakan selama bikin vlog. Mungkin akan terasa ribet di awal, tapi IDN Times pastikan, dengan perencanaan yang matang, vlogging pasti akan terasa lebih mudah deh.

2. Update terus dengan tren terkini

5 Bekal yang Dibutuhkan Content Creator Biar Dapat Silver Play Button Unsplash/Christian Wiediger

Biar konten yang kamu buat selalu relevan dengan para viewer, pastikan kamu selalu update dengan isu terkini atau hal-hal viral yang sedang ada di sekitarmu. Sesekali nggak masalah kalau kamu ikutan riding the wave alias mengikuti tren yang sedang berjalan, tapi nggak masalah kok kalau kamu nggak mengikuti suatu tren, apalagi kalau trennya tidak sesuai dengan karakteristik kamu ataupun channel yang sedang kamu bangun. 

3. Jangan ragu buat kolaborasi dengan content creator lainnya

5 Bekal yang Dibutuhkan Content Creator Biar Dapat Silver Play Button Unsplash/Helena Lopes

Di era digital, nggak cuma kreativitas aja yang jadi modal, kolaborasi juga punya peran penting lho buat bikin konten yang kamu buat jadi lebih ‘kaya’ baik secara konten bahkan hingga mampu mendatangkan traffic yang besar. Coba deh lebih peka dalam melihat potensi orang-orang yang ada di sekitar kamu, siapa tahu bisa kamu ajak kolaborasi dan bisa jadi tren baru di ranah digital dan media sosial di kalangan millennial dan Gen Z. Siap-siap jadi trendsetter ya!

4. Bekali dirimu dengan gear yang mumpuni dan bisa mengoptimalkan kualitas video

5 Bekal yang Dibutuhkan Content Creator Biar Dapat Silver Play Button IDN Times/Panji Galih

Ungkapan “the man behind the gear” memang ada benarnya, tapi bukan berarti kamu jadi menyepelekan masalah peralatan lho saat membuat sebuah konten. Karena alat dengan fitur mumpuni memang bisa bikin video maupun foto jadi lebih optimal dan tentu saja mempermudah kamu dalam proses pembuatan hingga ke proses editing. Buat urusan yang satu ini, IDN Times sarankan kamu menggunakan smartphone keluaran terbaru dari Samsung yaitu, Samsung Galaxy Note20 dan Note20 Ultra.

Samsung Galaxy Note20 dan Note20 Ultra ini sama-sama dibekali 3 kamera belakang dan selfie camera yang sangat mendukung kebutuhanmu sebagai content creator. Untuk Samsung Galaxy Note20 Ultra sendiri dibekali dengan kamera Wide-angle 108 MP (f/1.8), kamera Telephoto 12 MP (f/3.0), dan kamera Ultra Wide 12 MP (f/2.2). Punya konfigurasi yang berbeda, sementara Samsung Galaxy Note20 menggunakan Wide-angle 12 MP (f/1.8), kamera Telephoto 64 MP (f/2.0), dan kamera Ultra Wide 12 MP (f/2.2). 

Nggak hanya itu, yang membedakan Samsung Galaxy Note20 dan Note20 Ultra adalah Note20 Ultra yang dilengkapi dengan sensor Laser AF yang membuat proses mencari titik fokus menjadi semakin cepat. Pas banget nih buat para content creator yang nggak mau kehilangan momen. Dengan spesifikasi smartphone yang canggih seperti ini, kamu udah nggak perlu lagi deh beli kamera a la fotografer profesional!

5. Berani kasih variasi untuk konten-konten yang kamu buat

5 Bekal yang Dibutuhkan Content Creator Biar Dapat Silver Play Button IDN Times/Panji Galih

“Kreativitas harga mati” mungkin sudah jadi semboyan buat para content creator. Gimana nggak, 24/7 mereka selalu memikirkan ide konsep konten yang out of the box dan beda dari yang lainnya. 

Nah, buat memaksimalkan variasi konten yang kamu buat, coba deh sesekali bikin konten dengan efek sinematik a la film di bioskop tentunya dengan gambar yang jernih. Ini bisa kamu lakukan tentunya dengan Samsung Galaxy Note20 dan Note20 Ultra. Gimana nggak, kamu bakal dimanjakan dengan fiturnya yang memungkinkan kamu untuk merekam dengan resolusi 8K! Kebayang kan sejernih apa hasil videonya? Selain itu, keduanya juga dilengkapi dengan fitur HDR 10+, gyro-EIS, OIS yang bisa bikin hasil video yang kamu rekam makin ciamik.

Nah, namanya juga konten video rasanya kurang lengkap kalau kamu nggak bikin video sapaan dengan opening, “Hi, guys!” Di Samsung Galaxy Note20 dan Note20 Ultra ini, kamu bisa menyapa para subscriber kamu dengan visual yang jernih karena keduanya sudah dibekali dengan selfie camera 10 MP (f/2.2) dengan fitur Super Steady Video yang bikin video yang kamu buat lebih stabil.

Nggak hanya itu, Samsung Galaxy Note20 dan Note20 Ultra ini memang seakan dirancang untuk para content creator pro yang mau meningkatkan kontennya deh. Samsung Galaxy Note20 dan Note20 Ultra. juga punya fitur Pro Video buat mode kameranya. Kamu bisa mengatur sendiri pro-grade focus, perekaman suara yang bisa diatur dari arah datangnya suara baik depan maupun belakang, kecerahan, cahaya, zoom dan juga kualitas video mumpuni yang mampu merekam hingga 24 fps di resolusi 8K. Siap-siap banjir pujian ya buat konten videomu!

Lengkap banget ‘kan fitur yang dimiliki Samsung Galaxy Note20 dan Note20 Ultra? Tunggu apalagi, yuk langsung ikutan pre-order-nya! Apalagi sekarang lagi ada penawaran menarik nih mulai tanggal 6-19 Agustus 2020. Penawarannya sebagai berikut:

  • Setiap pembelian Galaxy Note20 mendapatkan e-voucher Galaxy Buds + senilai Rp2.399.000,-
  • Setiap pembelian Galaxy Note20 Ultra mendapatkan e-voucher Galaxy Buds + senilai Rp2.599.000,-

Untuk tahu info selengkapnya langsung klik www.galaxylaunchpack.com ya! Atau kunjungi e-commerce favoritmu untuk ikutan pre-order dan jadi orang pertama yang menggunakan smartphone flagship dari Samsung ini, mulai dari Lazada, JD.id, Blibli.com, Shopee, Tokopedia, Eraspace, Bukalapak, Akulaku, Bhinneka, Dinomarket, dan Global Teleshop.

Nah, itu tadi beberapa hal yang bisa jadi bekal untuk jadi seorang content creator, langsung coba yuk!

Topic:

  • Anastasia Desire

Berita Terkini Lainnya