Comscore Tracker

5 Cara Sederhana Memulai Gaya Hidup Minimalis

Karena yang sederhana itu membahagiakan

Setiap tahun baru tiba banyak orang membuat resolusi baru. Salah satu yang bisa kamu jadikan resolusi di tahun ini ialah dengan menerapkan gaya hidup minimalis. Gaya hidup minimalis merupakan sebuah gaya hidup sederhana berlawanan dengan gaya hidup materialistis yang serba glamor dan juga berlebihan.

Gaya hidup ini sekarang sudah banyak diterapkan oleh anak muda Jepang karena tak jarang gaya hidup minimalis justru mendatangkan ketenangan dan juga kebahagian. Di bawah ini lima cara sederhana untuk menerapkan gaya hidup minimalis.

1. Bereskan barang-barang yang sudah tidak terpakai

5 Cara Sederhana Memulai Gaya Hidup Minimalispexels.com/ Daria Shevtsova

Gaya hidup minimalis memiliki konsep less is more di mana memiliki barang sedikit lebih baik dibandingkan memiliki banyak barang. Yang terpenting adalah barang tersebut adalah barang yang benar-benar kamu butuhkan. So, segera rapikan barang-barangmu yang memang tidak terpakai dan berikanlah kepada orang yang lebih membutuhkan.

2. Fokus kepada kebutuhan

5 Cara Sederhana Memulai Gaya Hidup Minimalispexels.com/pixabay

Saat ini banyak sekali orang yang membeli barang bukan karena kebutuhan melainkan karena gengsi. Alhasil banyak barang menumpuk. Sedari sekarang, mulailah fokus membeli barang-barang yang benar-benar dibutuhkan saja. Dengan begitu uang bulanan kamu akan banyak tersisa sehingga bisa untuk ditabung.

Baca Juga: Bahagia dengan Gaya Hidup Minimalis ala Orang Jepang

3. Nikmatilah sesuatu tanpa terobsesi secara berlebihan

5 Cara Sederhana Memulai Gaya Hidup Minimalispexels.com/Daria Shevtsova

Zaman sekarang banyak sekali orang yang terobsesi dengan kemewahan mulai dari tas, pakaian sampai gadget yang harus selalu up to date agar bisa membuat perasaan bahagia. Padahal sejatinya kebahagian bukan hanya terletak pada apa yang dimiliki.

Maka dari itu pada saat kamu meninginkan barang tertentu pikirkanlah kembali apakah barang tersebut benar-benar kamu butuhkan atau hanya kamu inginkan saja.

4. Kebahagian bukan terletak pada materi semata

5 Cara Sederhana Memulai Gaya Hidup Minimalispexels.com/Stefan Stefanci

Materi yang berlimpah, barang-barang mewah bukanlah tolak ukur sebuah kebahagian. Cobalah merubah mindsetmu dengan menerapkan hidup minimalis bahwa kamu sudah memiliki cukup barang dan tidak perlu lagi membeli barang yang tidak diperlukan. Terkadang barang-barang yang berlebihan hanya akan menambah beban baik secara fisik maupun emosional.

5. Barang yang dimiliki harus sesuai dengan kebutuhan bukan sebagai simbol kekayaan

5 Cara Sederhana Memulai Gaya Hidup Minimalispexels.com/ Toa Heftiba Şinca

Gaya hidup minimalis bukanlah hidup serba kekurangan melainkan cara hidup untuk tidak terikat pada suatu barang. Terkadang barang yang kamu miliki tidak menambah kualitas kehidupanmu karena yang sering terjadi kamu membeli barang hanya untuk membuat orang lain terkesan kepadamu. Maka dengan menerapkan gaya hidup minimalis kamu menunjukan bahwa banyak hal-hal yang jauh lebih penting dibandingkan dari sekedar sebuah barang.

Jadi, siapkah kamu hidup minimalis tahun ini?

Baca Juga: 7 Alasan Kenapa Orang Minimalis Itu Paling Bahagia

Anisa Lestari Photo Community Writer Anisa Lestari

Teruslah belajar dan berkarya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You