Comscore Tracker

6 Cara Mudah Jaga Silaturahmi dengan Teman, Biar Akrab Terus

Jangan sombong sama teman, ya

Ayo, siapa di antara kamu yang merasa punya teman cuma sedikit? Atau bahkan merasa gak punya teman sama sekali? Sebenarnya kamu punya teman kok, bahkan jumlahnya banyak. Ada teman TK, teman SD, teman SMP, teman SMA, teman kuliah, rekan kerja dan tetangga di lingkungan tempat tinggal kamu.

Memang biasanya setelah berpisah kita dan teman-teman jadi jarang bertemu, sehingga jadi kurang akrab dan hubungan pertemanan pun menjadi renggang.

Tapi jika kamu tahu cara menyikapi hal tersebut, pertemanan kamu dan teman-temanmu bisa kok terus berjalan dengan baik dan akrab sampai kapan pun.

1. Mengirim ucapan selamat saat teman ulang tahun

6 Cara Mudah Jaga Silaturahmi dengan Teman, Biar Akrab Teruswww.newsday.com

Teman berulang tahun. Hal terbaik pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengirimkan ucapan selamat ulang tahun untuk dia. Jangan lupa sertakan dengan doa biar lebih afdol. Kalau kamu punya rezeki lebih dan ingin berbagi, boleh juga memberi dia kado.

Jangan langsung nembak minta ditraktir, ya. Siapa tahu kondisi keuangan dia lagi gak bagus dan permintaan kamu itu jadi membebani dia. Kasihan teman kamu, guys. Momen ulang tahun yang seharusnya indah malah berubah jadi musibah.

2. Menjenguk dan mendoakan teman yang sakit

6 Cara Mudah Jaga Silaturahmi dengan Teman, Biar Akrab TerusPexels.com/Rawpixel

Teman kamu kondisi kesehatannya sedang buruk sampai-sampai harus dirawat di rumah sakit. Sebaiknya bila kamu sudah mendapat kabar tentang temanmu itu, kamu merespon secepat mungkin. Sebagai awal, kamu bisa mengirimkan pesan singkat kepada temanmu untuk menyemangati dia dan mendoakan kesembuhannya.

Jika dia dirawat di rumah sakit hingga lebih dari 2 hari, sepatutnya kamu menjenguk dia. Dijamin teman kamu akan merasa senang dan lebih bersemangat untuk segera sembuh dan menjadi sehat kembali.

3. Menyapa kawan lama

6 Cara Mudah Jaga Silaturahmi dengan Teman, Biar Akrab TerusPexels.com/Rawpixel

Gak sengaja bertemu kawan lama? Jangan ragu untuk menyapa. Meskipun kalian tidak akrab, dia lupa sama kamu, atau bahkan dia sudah tidak mengenali kamu, dia pasti merasa senang masih dikenali dan disapa olehmu.

Jangan ragu juga untuk menyapa kawan-kawan lama yang berteman dengan kamu di media sosial. Misalnya dengan mengomentari postingan mereka. Gak perlu sering-sering, sewajarnya saja. Kalau misalnya mereka tidak merespon, kamu jangan berkecil hati. Ingat lagi niat awal kamu yang ingin menjaga dan tetap menjalin tali silaturahmi dengan mereka.

Baca Juga: 5 Zodiak Ini Setia dalam Hubungan Pertemanan, Setia Kawan Banget

4. Gak pilih-pilih teman

6 Cara Mudah Jaga Silaturahmi dengan Teman, Biar Akrab TerusPexels.com/Rawpixel

Ingat kawan lama, jangan lupakan teman-teman yang saat ini ada di sekitar kamu. Jaga komunikasi dan hubungan pertemanan kalian agar tetap lancar dengan rajin menyapa, mengobrol rame-rame, berdiskusi bersama, berkumpul dan seru-seruan bareng. Hindari sikap pilih kasih dan pilih-pilih teman. Perlakukan semua teman kamu secara sama rata.

5. Meminta maaf

6 Cara Mudah Jaga Silaturahmi dengan Teman, Biar Akrab TerusPexels.com/Huy ProShoot

Kamu tak sengaja melakukan sesuatu atau mengucapkan kata yang menyinggung perasaan temanmu. Meskipun kamu tidak sengaja atau sedang bercanda, sebaiknya kamu segera meminta maaf dan memberikan penjelasan kepada temanmu. Jangan gengsi untuk meminta maaf. Jangan pula menunggu sampai Lebaran untuk melakukannya. Terlebih, jangan malah mendiamkan dan menjauhi temanmu, apalagi sambil menuduhnya terlalu serius, sensitif, gak asyik, gak selow, dan sebagainya.

Ingat guys, meminta maaf duluan itu selalu lebih baik dan mulia.  

6. Aktif ikut serta dan tahu etika

6 Cara Mudah Jaga Silaturahmi dengan Teman, Biar Akrab TerusPexels.com/Matheus Bertelli

Teman mengadakan acara kumpul-kumpul, reuni, pesta pernikahan, dan sebagainya. Apabila kamu diundang, sebaiknya usahakan diri untuk hadir. Jika kamu tidak bisa hadir, baiknya kamu mengabari temanmu sekaligus dengan alasannya. Dengan begitu, kelak mereka gak bakal kapok untuk mengundang dan mengajak kamu untuk ikut serta dalam acara mereka.

Yuk, perbaiki kualitas pertemanan kamu mulai dari sekarang. Stop menyia-nyiakan teman. Singkirkan rasa malu, risih, sungkan dan gengsi. Punya banyak teman banyak keuntungannya juga. Dijamin hidup kamu akan terasa lebih ramai dan gak membosankan.

Baca Juga: 5 Tips Cari Teman Sesuai dengan Karakter Kamu, Susah-susah Gampang Lho

Anisa Luciana Photo Verified Writer Anisa Luciana

Mencurahkan isi otak dalam bentuk kata-kata

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya