Comscore Tracker

5 Mindset Ini Bisa Menghambatmu untuk Bahagia, Segera Diubah Yuk!

Happiness is a choice~

Bahagia itu sebuah pilihan. Sekalipun kamu berada dalam situasi yang jauh dari kata nyaman, bila kamu menyugesti pikiran untuk bahagia maka kamu pun akan menjadi bahagia. Itu artinya bila kamu ingin bahagia, maka undang kebahagiaan agar hadir dalam kehidupanmu.

Atau masih sulitkah bagimu untuk menghadirkan kebahagiaan? Jika iya, bisa jadi kamu masih memendam 5 mindset berikut ini dalam pikiranmu dan menjadi penyebab kenapa kamu begitu sulit untuk bahagia. 

1. Mindset "mengeluh dan tak bersemangat"

5 Mindset Ini Bisa Menghambatmu untuk Bahagia, Segera Diubah Yuk!Unsplash.com/Esther Driehaus

Gimana mau bahagia kalau kamunya saja selalu memulai atau mengerjakan sesuatu dengan diiringi keluhan? Akan sulit bagimu untuk beraktivitas produktif apabila selalu berpola pikir malas-malasan.

Terus-menerus memiliki mindset seperti ini sama saja menyugesti dirimu untuk tak aktif melakukan sesuatu demi mengubah hidupmu dan menjadi bahagia.

2. Mindset "sibuk dan tak ada waktu luang"

5 Mindset Ini Bisa Menghambatmu untuk Bahagia, Segera Diubah Yuk!Unsplash.com/Hannah Wei

Life can be busy. Tanpa disadari pikiran dibuat kewalahan dengan beban kehidupan hingga rasanya seperti sebuah ruang tanpa celah untuk udara segar. Namun hidup akan terasa selalu sibuk apabila kamu juga selalu berpikir dan yakin bahwa kamu tak punya waktu luang. Begitu pula sebaliknya.

Baca Juga: Konon, Mensyukuri 7 Hal Sederhana Ini Bisa Bikin Hidupmu Bahagia

3. Mindset "ketidakmungkinan atau mustahil"

5 Mindset Ini Bisa Menghambatmu untuk Bahagia, Segera Diubah Yuk!Unsplash.com/Ben White

Kamu mungkin berpikir bahwa mimpimu terlalu besar untuk diwujudkan. Bagimu seolah-olah tak ada lagi cara untuk bisa memperbaiki kesalahan yang ada, bahkan membuatmu terpaku tak berdaya dan akhirnya rasa bahagia pun meredup.

Well, segalanya tampak mustahil dan kamu tak memiliki alasan jelas untuk mencoba hanya karena kamu pikir usaha itu akan sia-sia. Jikalau kamu terus-menerus menanamkan mindset ini, maka sama saja kamu berjalan di tempat tanpa kemajuan sedikit pun.

4. Mindset "tak berdaya"

5 Mindset Ini Bisa Menghambatmu untuk Bahagia, Segera Diubah Yuk!Unsplash.com/Bhagyashri Sharma

Mindset ini mendorongmu meyakini bahwa seolah-olah kamu adalah "korban" dari kerasnya kehidupan. Kehidupan pun kamu anggap tak berlaku adil dan membuatmu "tak berdaya". Parahnya kamu juga berpikir bahwa hal itu selalu terjadi dan tak ada yang bisa kamu lakukan untuk mencegahnya. Dan tanpa kamu sadari mindset ini membatasimu dari meraih kebahagiaan.

5. Mindset "meragukan diri sendiri"

5 Mindset Ini Bisa Menghambatmu untuk Bahagia, Segera Diubah Yuk!Unsplash.com/Ethan Sykes

Mindset ini pasti seringkali menguasai masing-masing dari kalian. Berbagai alasan yang memojokkan diri sendiri sejatinya sering menjadi landasan bagi kita untuk tak mengambil tindakan. Alasannya? Karena kamu meyakini bahwa kamu sendiri tak cukup mampu untuk meraih apa yang kamu inginkan, meski itu demi kebahagiaanmu. 

Nah itu dia 5 mindset yang seringkali menghambatmu untuk bahagia. Yuk mulai sekarang alihkan pikiranmu ke mindset positif yang mendorongmu untuk tetap semangat dalam menjalani hidup dan pastinya supaya lebih bahagia.

Baca Juga: 5 Zodiak yang Akan Membahagiakanmu Dengan Usaha Terbaiknya

Anna Mei Photo Community Writer Anna Mei

Introvert who has a lot of things in her suitcase

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You