Comscore Tracker

5 Hal yang Gak Boleh Kamu Harapkan dari Orang Lain, Apa Saja? 

Jangan berharap terus dengan orang lain, ya!

Terkadang, tanpa disadari kita kerap menggantungkan harapan pada orang lain. Sekecil apa pun harapan itu, sebaiknya jangan pernah terlalu sering mendambakannya agar diberi oleh orang lain. Terlebih bila kamu kerap mengharapkan beberapa hal di bawah ini.  

Sebaiknya mulai berhenti dan ubah kebiasaanmu itu. Apa saja hal-hal yang sepantasnya gak boleh kamu harapkan dari orang lain? Simak artikel berikut ini, ya!

1. Mengharapkan orang lain untuk selalu punya waktu untukmu

5 Hal yang Gak Boleh Kamu Harapkan dari Orang Lain, Apa Saja? ilustrasi seorang wanita marah melalui telepon (pexels.com/Alex Green)

Setiap individu pasti memiliki prioritas masing-masing. Gak hanya kamu, orang lain pun demikian. Entah bekerja, bermain, kumpul dengan orang tersayang, melakukan hobi dan masih banyak lainnya.

Terkadang kita selalu berharap agar orang lain selalu punya waktu kapan saja kita butuh. Padahal, gak selamanya hal tersebut bisa terjadi, lho. Kamu juga harus mengerti dan tahu posisi bahwa waktu mereka tidak 100 persen terfokus hanya padamu.

Kalau kamu memang butuh bantuan mereka, coba hubungi terlebih dahulu. Jangan pernah serta merta berpikir mereka akan datang padamu layaknya adegan dalam drama tanpa memberitahu mereka terlebih dahulu apa yang kamu inginkan atau kamu butuhkan.

2. Berharap orang lain akan setuju dengan pendapatmu 

5 Hal yang Gak Boleh Kamu Harapkan dari Orang Lain, Apa Saja? ilustrasi memaksa orang lain untuk sependapat (pexels.com/Yan Krukov)

Dalam kondisi tertentu terkadang kita butuh validasi untuk mendukung opini kita. Namun, kamu harus ingat kalau tidak semua orang bisa setuju dengan pendapatmu. Meski dia orang yang dekat dengan kamu sekalipun, kamu gak boleh berharap bahwa mereka wajib setuju dengan apa yang menurut kamu benar. Beda pendapat itu wajar banget, kok.

Kamu wajib ingat serta paham hal yang satu ini. Selama hidup, kita harus ingat kalau beda isi kepala pasti akan berbeda pula pola pikirnya. Cobalah hargai itu, tak perlu bersikap berlebihan dengan berharap agar semua orang wajib setuju dengan apa yang kamu yakini.

3. Kamu gak boleh berharap orang lain bisa membaca pikiranmu 

5 Hal yang Gak Boleh Kamu Harapkan dari Orang Lain, Apa Saja? ilustrasi dua orang perempuan sedang marah (pexels.com/Liza Summer)

Di film atau drama kadang kita melihat ada sebuah karakter yang bisa membaca pikiran seseorang. Akan tetapi, tidak sama halnya dengan apa yang ada di dunia nyata. Gak semua orang bisa dan gak semua orang punya kemampuan layaknya cenayang. Setop berharap orang lain bisa membaca pikiranmu.

Saat ingin makan es krim, kamu lantas berharap ada orang yang berpikiran sama denganmu. Kalau kamu memang ingin makan es krim dan tak mau menikmatinya sendirian, coba tawarkan orang lain untuk menemani kamu. Bukan malah berharap mereka yang akan mendatangi kamu duluan lalu menuruti apa yang ada dalam isi kepalamu.

Baca Juga: 5 Jenis Harapan yang Gak Semestinya Kamu Gantungkan pada Orang Lain

4. Jangan berharap orang lain membalas perlakuanmu

5 Hal yang Gak Boleh Kamu Harapkan dari Orang Lain, Apa Saja? ilustrasi dua orang sedang bertengkar (pexels.com/Keira Burton)

Memang benar kalau ingin diperlakukan baik, maka kita harus berbuat baik. Namun, gak selamanya hal itu bisa berjalan sesuai rencana. Sikap dan perilaku orang lain tergolong hal-hal di luar kendali kita.

Meski kita sudah bersikap baik, belum tentu orang itu memperlakukanmu sama baiknya. Lantas, apa berarti ungkapan tersebut salah? Gak sama sekali, kok. Ungkapan tersebut menghimbau kita agar terus berbuat baik maka hal-hal baik akan mengikuti.

Semoga dua hal tadi bisa kamu bedakan, sehingga kamu gak berharap agar orang lain memperlakukanmu sama baiknya. Namun, kamu tetap terus berbuat baik demi kebaikan dirimu sendiri, ya!

5. Berhenti berharap kalau semua orang pasti akan menyukaimu 

5 Hal yang Gak Boleh Kamu Harapkan dari Orang Lain, Apa Saja? ilustrasi seorang wanita sedang menangis (pexels.com/Keira Burton)

Dalam hidup, ada orang lain yang gak suka dengan kita itu wajar, kok. Dengan atau tanpa alasan di balik mereka tidak menyukaimu, itu hak mereka. Kalau kamu masih berharap agar disukai semua orang, sebaiknya hentikan pemikiran itu.

Berhenti berharap kalau semua orang pasti akan menyukaimu. Biarlah itu jadi urusan mereka dengan atau tanpa sepengetahuanmu. Fokus saja pada mereka yang menyukaimu dan hiraukan mereka. Tak perlu berusaha untuk mengambil hati mereka karena hal tersebut hanya akan membuang waktu.

Sebaik-baiknya berharap memang lebih baik berharap pada diri sendiri. Berharap pada orang lain kadang sering kali gak sesuai dengan ekspektasi kita. Jadi, mulai saat ini kurangi sikap terlalu berharap dengan orang lain, yuk!

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Punya Harapan untuk Masa Depan

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya