Comscore Tracker

Tanpa Sadar, 5 Kebiasaan Buruk Ini Bikin Masalah Makin Pelik

Sepele tapi dampaknya gak main-main

Setiap manusia di dunia ini pasti gak luput dari yang namanya masalah. Sekecil apa pun itu setiap orang pasti punya masalahnya masing-masing. Tapi pernah kepikiran gak, sih kalau masalah kamu jadi makin pelik justru disebabkan oleh diri kamu sendiri?

Yup, seperti halnya beberapa kebiasaan buruk berikut ini yang sering kamu lakukan meski tanpa sadar. Kira-kira apa ya yang dimaksud? Penasaran, kan? Intip sama-sama, yuk!

1. Kamu masih kerap terbayang-bayang akan masa lalu

Tanpa Sadar, 5 Kebiasaan Buruk Ini Bikin Masalah Makin PelikIlustrasi seorang wanita sedang tertekan (Pexels.com/Liza Summer)

Salah satu kebiasaan buruk yang justru membuat masalahmu makin pelik ialah kamu masih selalu terbayang masa lalu. Masa lalu yang penuh dengan masalah itu harusnya sudah gak perlu kamu ungkit lagi di masa kini. Padahal jika kamu bisa melawan perasaan tersebut kamu akan bisa berdamai dengan diri sendiri.

Sehingga, kamu lebih mudah untuk berpikir jernih dan menyelesaikan setiap masalah yang kamu hadapi. Singkirkan bayangan itu dan lawan ketakutan dalam dirimu agar masalah kamu cepat selesai.

2. Ragu meminta bantuan orang lain

Tanpa Sadar, 5 Kebiasaan Buruk Ini Bikin Masalah Makin PelikIlustrasi seorang pria dan wanita sedang duduk berhadapan (Pexels.com/Cottonbro)

Bila kamu gak bisa memikul beban sendirian, istirahat sejenak dan minta bantuan orang lain agar bebanmu sedikit lebih ringan. Mintalah bantuan kepada mereka. Gak mesti harus bisa menyelesaikan semua masalahmu, kok saran yang mereka berikan juga salah satu bentuk bantuan yang bisa mereka berikan. Bila kamu masih saja ragu untuk meminta bantuan orang yang ada masalahmu justru akan semakin terlarut.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Memiliki Kebiasaan Buruk yang Seringkali Gak Kamu Sadari 

3. Gak bisa menentukan sikap

Tanpa Sadar, 5 Kebiasaan Buruk Ini Bikin Masalah Makin PelikIlustrasi seorang wanita tengah berpikir (Pexels.com/Keira Burton)

Sikapmu yang gak bisa tegas dengan diri sendiri hanya akan membuat masalah yang kamu hadapi jadi semakin berlarut-larut dan makin pelik. Saat dihadapkan dengan masalah  kamu harus mampu untuk menentukan sikap agar masalah bisa lekas terurai. Gak harus selesai hari itu, kok. Selagi kamu berani bersikap untuk sanggup menghadapinya lambat laun masalahmu pasti akan selesai.

4. Takut mencoba untuk menyelesaikan

Tanpa Sadar, 5 Kebiasaan Buruk Ini Bikin Masalah Makin PelikIlustrasi seorang wanita sedang bimbang (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Jangan pernah merasa takut untuk menyelesaikan masalah yang kamu hadapi. Semakin kamu takut untuk menyelesaikannya justru masalah yang kamu hadapi semakin berlarut-larut.

Meski seberat apa pun masalahmu jangan pernah takut untuk kamu selesaikan. Bila ragu menyelesaikan sendiri kamu bisa minta pertolongan orang lain juga, lho. Kamu pasti bisa, kok melawan ketakutanmu sendiri.

5. Terlalu sering curhat

Tanpa Sadar, 5 Kebiasaan Buruk Ini Bikin Masalah Makin PelikIlustrasi dua orang wanita tengah curhat (Pexels.com/Cliff Booth)

Bila butuh saran kamu memang boleh bertanya dan meminta bantuan dari orang lain. Namun, jangan terlalu sering curhat. Semakin sering kamu curhat dengan setiap orang yang berbeda akan ada banyak sekali saran dan masukan yang kamu dapatkan.

Sehingga aneka saran yang masuk kepadamu hanya akan membuatmu kebingungan. Jadi, jangan sering-sering curhat, ya apalagi dengan orang yang berbeda-beda dalma jumlah yang banyak. Secukupnya saja namun, terpercaya.

Jika ada masalah dalam kehidupanmu, jalan satu-satunya agar gak semakin pelik adalah dengan menyelesaikannya. Semakin kamu menghindarinya, bukan berarti masalah akan selesai dengan sendirinya. Mulai hindari kebiasaan buruk di atas dan hadapi masalahmu.

Baca Juga: Bukan Gak Peduli, Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Sering Menghindari Masalah

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya