Comscore Tracker

Ini 5 Tanda Kalau Kamu Perlu Banget untuk Menenangkan Pikiran

Jangan dipaksa buat kerja terus

Padatnya aktivitas dan rutinitas yang dijalani setiap hari gak jarang bikin kamu jadi sangat lelah. Gak hanya lelah fisik tapi juga lelah secara mental. Kamu bukan mesin, lho yang bisa dipacu dan dikuras energinya secara terus menerus.

Kamu juga perlu banget untuk istirahat dan menenangkan pikiran sejenak. Bila kamu masih sering denial dengan kondisimu saat ini berikut ini beberapa tanda yang mengindikasikan kalau kamu perlu banget untuk menenangkan pikiran. Kira-kira apa saja, tuh tandanya? Cari tahu sama-sama, yuk.

1. Lebih mudah emosi

Ini 5 Tanda Kalau Kamu Perlu Banget untuk Menenangkan Pikiranmirror.co.uk

Bila kamu merasa mudah sekali untuk emosi padahal pemicunya hanyalah hal sepele, fix kamu wajib banget untuk menenangkan pikiran sejenak. Tumpukan masalah, pekerjaan, atau bahkan hal-hal kecil yang gak penting jadi dengan mudahnya kamu serap energinya ke dalam tubuhmu.

Sehingga, kondisi ini menyebabkan amarah kamu lebih gampang meledak. Rehatlah sejenak dan tenangkan pikiranmu agar suasanya hatimu bisa jadi jauh lebih membaik.

2. Merasa lelah berkepanjangan

Ini 5 Tanda Kalau Kamu Perlu Banget untuk Menenangkan PikiranPexels.com/Andrew Neel

Pasti kamu pernah, deh mengalami fase yang satu ini. Di mana kamu merasa sangat lelah, lelah yang berkepanjangan. Kamu sendiri bahkan mungkin gak tahu apa, sih penyebabnya. Mungkin juga padahal kamu gak ngapa-ngapain seharian, lho tapi tiba-tiba merasa amat lelah.

Jika tubuh kamu sudah mengirim sinyal seperti ini rehatlah sejenak dari rutinitas yang kamu jalankan. Tenangkan dulu pikiranmu sejenak. Entah dengan liburan, melakukan kegiatan yang kamu sukai, meditasi dan sebagainya.

Baca Juga: 5 Jenis Susu yang Menenangkan Pikiran, Tidur Malam Jadi Nyenyak 

3. Malas bergaul dengan teman-teman

Ini 5 Tanda Kalau Kamu Perlu Banget untuk Menenangkan PikiranPexels.com/Keira Burton

Jika selama ini kamu terkenal dengan sifat paling mudah bergaul dan selalu ada waktu untuk bertemu dengan teman-temanmu namun, ternyata akhir-akhir ini merasakan hal sebaliknya.

Bisa jadi hal tersebut disebabkan karena rasa lelah gak berkesudahan, stres, suntuk, pikiran dan hatimu rasanya sumpek sehingga aktivitas yang dulu terasa paling menyenangkan jadi terasa biasa saja.

Bila itu yang kamu rasakan kamu butuh banget untuk menenangkan pikiranmu sejenak. Jangan sampai pikiran yang menumpuk malah menjauhkanmu dari orang-orang penting dalam hidup kamu. Kamu juga butuh bergaul, lho.

4. Lebih sering mengurung diri di kamar

Ini 5 Tanda Kalau Kamu Perlu Banget untuk Menenangkan PikiranPexels.com/Cottonbro

Memang, sih salah satu cara untuk menenangkan pikiran bisa kamu lakukan dengan berdiam diri di kamar. Namun, jika kamu malah terus-terusan mengurung diri kamar yang ada malah terdapat sesuatu yang gak beres dengan dirimu.

Bila kamu menunjukkan perilaku seperti ini coba keluar untuk liburan, yuk atau pilih alternatif lain untuk menenangkan pikrianmu. Jangan terus-terusan berdiam diri di dalam kamar.

5. Gampang pesimis

Ini 5 Tanda Kalau Kamu Perlu Banget untuk Menenangkan PikiranPexels.com/Inzmam Khan

Bila kamu merasa gampang banget pesimis itu tandanya kamu butuh untuk segera menenangkan pikiranmu. Kamu jadi mudah menyerah dan selalu berpikir lama untuk mengerjakan sesuatu karena takut akan gagal.

Pikiran akan hal-hal yang sifatnya belum pasti seperti itu alangkah lebih baiknya jika kamu buang jauh-jauh, deh. Apalagi sifat mudah pesimis yang kamu miliki juga wajib segera kamu singkirkan dengan cara mulai untuk menenangkan pikiranmu sendiri.

Kalau mengalami satu dari lima tanda di atas, kamu perlu rehat sejenak dari rutinitasmu. Bisa cuti dari bekerja, melakukan aktivitas kesukaan, atau melakukan hal-hal lain yang mampu memicu semangatmu.

Baca Juga: 5 Teknik Ampuh untuk Menenangkan Pikiran yang Terlalu Sibuk Bekerja

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya