Comscore Tracker

Lakukan 5 Hal Ini agar Kamu Menjadi Orang yang Lebih Sabar

Bisa banget kamu coba, nih!

Setiap orang pasti punya batas toleransi kesabarannya masing-masing dan hal tersebut gak bisa disamaratakan satu dan lainnya. Namun siapa pun kamu, kamu masih bisa kok mengendalikannya dengan melakukan beberapa hal berikut ini.

Meski gak mudah dan perlu latihan tapi gak ada salahnya sama sekali, lho untuk mencoba agar kamu menjadi orang yang lebih sabar. Kira-kira apa saja, sih yang sebaiknya dilakukan? Gak usah lama-lama lagi, intip bersama, yuk rahasianya.

1. Hindari berburuk sangka

Lakukan 5 Hal Ini agar Kamu Menjadi Orang yang Lebih SabarPexels.com/Budgeron Bach

Usahakan untuk tetap berpikir positif. Jangan berburuk sangka terlebih dahulu. Dikhawatirkan jika kamu membiarkan dirimu berburuk sangka yang ada emosi yang justru malah akan menguasaimu.

Jika emosi sudah mengambil alih seluruh pikiranmu akan makin jauh usaha serta keberhasilanmu untuk sabar. Makanya, tenang dan berpikir positif terlebih dahulu. Buang jauh-jauh perasaan berburuk sangka yang sering menghinggapi kamu agar kamu makin jadi orang yang lebih sabar.

2. Kuasai diri dengan menahan emosi

Lakukan 5 Hal Ini agar Kamu Menjadi Orang yang Lebih SabarPexels.com/Craig Adderley

Salah satu hal yang terlihat mudah namun sulit dilakukan adalah menguasai diri kita dengan menahan emosi. Sering kali tubuh serta pikiran kita bergerak jauh lebih cepat satu sama lain sehingga membuat kita lepas kendali.

Agar kamu menjadi orang yang lebih sabar ada baiknya untuk belajar menguasi diri dengan menahan emosi. Meski awalnya sulit apabila rajin kamu latih pasti akan bisa, kok. Lama kelamaan kamu akan sanggup mengendalikan emosimu sendiri, lho.

3. Jaga sikap kita

Lakukan 5 Hal Ini agar Kamu Menjadi Orang yang Lebih SabarPexels.com/Alex Green

Gak bisa dimungkiri saat dilanda emosi kita akan jadi sangat sulit untuk menjaga sikap. Oleh karenanya untuk menjadi orang yang lebih sabar kamu harus mampu untuk menjaga sikapmu saat dilanda emosi tersebut.

Jangan sampai, sikap kita di luar batas dan bisa merembet ke hal-hal buruk lainnya. Bisa dibilang menjaga sikap untuk menjadi orang yang sabar tergolong ke dalam level penguasaan diri yang tinggi. Namun, bila kamu yakin dan sudah punya tekad yang kuat untuk jadi orang yang sabar kamu pasti bisa, kok.

Baca Juga: 5 Cara Sederhana untuk Buat Dirimu Lebih Sabar, Ciri Orang EQ Tinggi!

4. Menjaga setiap perkataan yang akan keluar dari mulut kita

Lakukan 5 Hal Ini agar Kamu Menjadi Orang yang Lebih SabarPexels.com/Keira Burton

Salah satu hal yang wajib banget kamu lakukan agar menjadi orang yang lebih sabar adalah dengan cara menjaga setiap perkataan yang akan keluar dari mulut kamu. Gak susah, kok untuk melakukannya. Jangan sampai saat kamu dikuasi amarah justru perkataan kamu malah jadi gak terkontrol.

Dikhawatirkan setiap perkataan buruk yang keluar dari mulutmu akan menyakiti perasaan orang lain. Untuk mewujudkan dirimu sebagai pribadi yang jauh lebih sabar maka, kamu wajib banget untuk mencoba hal yang satu ini, ya.

5. Usahakan jangan overthinking

Lakukan 5 Hal Ini agar Kamu Menjadi Orang yang Lebih SabarPexels.com/Alex Green

Menghindari overthinking adalah salah satu hal yang harus kamu lakukan agar menjadi orang yang lebih sabar. Pasalnya saat kamu dilanda overthinking kamu hanya akan memikirkan hal-hal yang gak akan terjadi. Karena hal-hal yang ada dipikiranmu saat itu memang hanya ada di pikiranmu saja.

Nah, agar hal tersebut gak semakin menyita perhatianmu ada baiknya kamu membuang perasaan tersebut. Latih dirimu agar lebih mindfulness atau latih dirimu agar menikmati sesuatu yang terjadi di detik itu. Dengan begitu perlahan-lahan kamu akan menjadi orang yang jauh lebih sabar.

Nah, itulah tadi beberappa hal yang bisa kamu lakukan agar menjadi orang yang lebih sabar.  Semoga tips ini bisa membantu kamu, ya.

Baca Juga: 5 Penyebab Kamu Gampang Marah Ketika Dikritik Orang, Sabar Guys!

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya