Comscore Tracker

5 Tips agar Tetap Produktif dalam Bekerja Selama Puasa, Bermanfaat!

Kamu wajib coba biar kerja tetap bertenaga

Bekerja selama bulan puasa jelas punya tantangan tersendiri. Meski sudah terbiasa untuk berpuasa, tetap saja tubuh kita secara alami pasti akan melakukan penyesuaian.

Nah, jika kamu sering kali merasa lemas dan kurang bersemangat dalam bekerja, ada baiknya untuk mencoba beberapa tips berikut ini supaya kamu tetap produktif dalam bekerja selama puasa ini. Kira-kira apa saja? Cari tahu sama-sama, yuk!

1. Jangan pernah melewatkan sahur

5 Tips agar Tetap Produktif dalam Bekerja Selama Puasa, Bermanfaat!Pexels.com/Gabby K

Agar energimu terisi dan tetap produktif selama bekerja di bulan puasa ini, jangan pernah untuk melewatkan sahur, ya. Gak kebayang, dong, padatnya aktivitasmu di hari itu tapi gak diimbangi dengan asupan nutrisi yang cukup saat sahur. Bisa-bisa sepanjang hari kamu hanya lemas dan jadi gak produktif. Untuk itu, jangan pernah sekalipun melewatkan sahur, ya.

2. Hindari mengonsumsi kafein

5 Tips agar Tetap Produktif dalam Bekerja Selama Puasa, Bermanfaat!Pexels.com/Karolina Grabowska

Selain gak baik dikonsumsi pasca perut kita kosong, mengonsumsi kafein di pagi hari juga berpotensi untuk menghambat produktivitasmu. Cobalah ganti dengan air putih yang lebih menyehatkan ataupun susu.

Jika kamu nekat mengonsumsinya, yang ada jantungmu akan berdebar-debar serta gak jarang menimbulkan sakit pada perutmu. Kalau ini terjadi bekerja jadi kurang nyaman dan juga menghambat produktivitas kamu, kan?

Baca Juga: 5 Tips Mudah Agar Kamu Lebih Bahagia di Tempat Kerja, Apa Saja?

3. Manfaatkan waktu istirahat kerjamu dengan baik

5 Tips agar Tetap Produktif dalam Bekerja Selama Puasa, Bermanfaat!Pexels.com/Gabby K

Dalam bekerja pasti ada waktu istirahatnya, kan? Daripada berkumpul untuk membicarakan orang lain yang mana malah hanya akan menambah dosa.

Ada baiknya manfaatkan waktu istirahatmu selain untuk beribadah manfaatkan pula untuk tidur atau refreshing sejenak agar kembali segar untuk melanjutkan pekerjaan. Jadi, jangan sia-siakan waktu istirahat kerjamu, ya.

4. Perhatikan asupanmu karena berpengaruh pada produktivitas

5 Tips agar Tetap Produktif dalam Bekerja Selama Puasa, Bermanfaat!Pexels.com/Michael Burrows

Belakangan ini di media sosial beredar infografis yang menunjukkan beberapa makanan yang bisa membuat kita kenyang paling lama. Posisi paling rendah diduduki oleh nasi dan posisi paling tinggi diduduki oleh IMUKAL, yakni biskuit yang biasanya dikonsumsi tentara kita saat di medan perang.

Nah, agar makin produktif kamu tentu harus memperhatikan betul apa saja yang kamu konsumsi, seberapa besar jumlahnya, apa saja kandungannya. Kamu pasti gak ingin juga, kan di tengah hari perut sudah merasa lapar? Puasa jadi terganggu bekerjapun sama.

5. Atur jam tidurmu dengan baik

5 Tips agar Tetap Produktif dalam Bekerja Selama Puasa, Bermanfaat!Istockphoto.com/PeopleImages

Saat bulan puasa tiba, kamu tentu saja harus berusaha merubah kebiasaan dan jam tidurmu. Pasalnya, kamu harus bangun juga saat sahur dan apabila memilih untuk tidur lagi setelahnya kamu harus bisa bangun tepat waktu karena harus bekerja.

Untuk itu, agar tubuh tetap fit kamu gak disarankan untuk tetap bertahan dengan jam tidurmu yang gak teratur itu. Usahakan untuk gak tidur terlalu larut. Supaya bisa segar bangun saat sahur dan siap menjalani aktivitas hari itu juga.

 

Nah, demikian tadi beberapa tips bermanfaat dalam bekerja selama bulan puasa. Kamu wajib cobain, nih! Semoga berhasil, ya.

Baca Juga: 5 Cara untuk Ciptakan Lingkungan Kerja yang Sehat, Kerja Jadi Nyaman!

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya