Comscore Tracker

Ini Pendapat Mengejutkan Orang Korea Soal Operasi Plastik di Negaranya

Seperti apa ya tanggapan mereka?

Saat mendengar nama Korea Selatan, mungkin sebagian besar orang Indonesia akan langsung berpikir tentang operasi plastik. Well, sebenarnya hal itu wajar sih karena memang orang yang melakukan operasi plastik di Korea jumlahnya sangat banyak. Bahkan operasi plastik sudah menjadi hal yang membudaya di Korea sana.

Namun, seperti apa sih tanggapan warga Korea Selatan sendiri dalam memandang operasi plastik di negaranya? Berikut rangkuman hasil wawancara akun YouTube Asia Boss pada beberapa warga Korea Selatan. Yuk disimak!

1. Orang Korea menganggap tampang itu lebih penting dibanding talenta

Ini Pendapat Mengejutkan Orang Korea Soal Operasi Plastik di Negaranyaallkpop.com

Beberapa orang Korea yang diwawancarai mengatakan bahwa jika seorang artis itu punya penampilan cantik atau ganteng dan kebetulan dia juga seorang pekerja keras, maka orang-orang nggak akan melihat si artis dari kemampuannya. Orang-orang cenderung hanya senang melihat wajah si artis yang cantik atau ganteng.

Hmmm, jadi ingat perjuangan Kim Pil Suk dan Song Sam Dong buat tampil menarik di drama Dream High ya?

2. Orang cantik dan ganteng lebih berpeluang buat sukses

Ini Pendapat Mengejutkan Orang Korea Soal Operasi Plastik di Negaranyathinglink.com

Menurut beberapa responden, orang yang berbakat tapi tidak punya penampilan menarik akan kalah dengan orang yang berbakat plus tampil menarik. Orang-orang Korea juga nggak mempermasalahkan kalau mereka tampak menarik karena hasil bantuan operasi plastik. Waduh.

3. Tapi masih ada kok orang yang berpikir dua kali untuk operasi

Ini Pendapat Mengejutkan Orang Korea Soal Operasi Plastik di Negaranyabearlovebeauty.wordpress.com

Sekalipun masyarakatnya banyak yang melakukan operasi plastik, nyatanya masih ada warga Korea yang berpikir dua kali untuk menjalani prosedur operasi plastik. Alasannya adalah karena operasi plastik masih dianggap sebagai sesuatu yang sifatnya menjadi jalan pintas. Anehnya, tetap masih ada juga yang sinis pada mereka yang melakukan operasi plastik.

4. Menjalani operasi plastik adalah keputusan masing-masing individu

Ini Pendapat Mengejutkan Orang Korea Soal Operasi Plastik di Negaranyanytimes.com

Menurut orang-orang Korea, operasi plastik adalah pilihan pribadi seseorang. Jadi, siapapun tidak boleh melarang atau menahannya. Karena semua itu sudah menjadi keputusan seseorang yang ingin melakukan operasi plastik.

5. Pada dasarnya mereka juga risih mendengar sebutan orang Korea gemar oplas

Ini Pendapat Mengejutkan Orang Korea Soal Operasi Plastik di Negaranyastudyinternational.com

Seperti yang sudah kita tahu, orang-orang dari negara lain tak terkecuali Indonesia mengenal Korea Selatan sebagai negara yang warganya suka melakukan operasi plastik. Ternyata, hal tersebut cukup mengganggu bagi orang Korea loh, pasalnya nggak semua orang Korea mau dan gemar melakukan operasi plastik. Nyatanya masih banyak warga Korea yang cantik dan tampan sedari kecil tanpa melalui prosedur operasi plastik.

6. Media luar terlalu memandang negatif operasi plastik di Korea

Ini Pendapat Mengejutkan Orang Korea Soal Operasi Plastik di Negaranyatopick.hket.com

Fakta bahwa operasi plastik itu sudah membudaya di Korea sangat disadari oleh warganya kok. Namun, menurut mereka cara media luar memberitakan hal ini cukup mengecewakan. Orang Korea menganggap bahwa berita yang disampaikan media asing terlalu memandang negatif operasi plastik yang dijalani warga Korea Selatan.

7. Operasi kelopak mata termasuk operasi kecil

Ini Pendapat Mengejutkan Orang Korea Soal Operasi Plastik di Negaranyabusinessinsider.com

Operasi lipatan kelopak bagi orang Korea adalah jenis operasi plastik yang paling lumrah. Obsesi orang Korea adalah memiliki mata bulat yang besar dengan double eyelids. Operasi ini baisanya dilakukan oleh siswa/siswi yang baru lulus SMA. Hal ini biasanya dilakukan karena siswa/siswi tersebut ingin terlihat lebih cakep saat masuk kuliah.

8. Penampilan menarik membuat mereka mudah mendapat pekerjaan

Ini Pendapat Mengejutkan Orang Korea Soal Operasi Plastik di Negaranyaallkpop.com

Menurut orang Korea, penampilan yang menarik bisa membantu dalam segala hal. Pokoknya penampilan itu nomor satu deh di Korea. Misalnya dalam mendapatkan pekerjaan, perusahaan tertentu sangat memperhatikan penampilan calon karyawannya. Jadi, di Korea itu sangat menilai buku dari cover-nya.

9. Orang cakep biasanya diperlakukan baik

Ini Pendapat Mengejutkan Orang Korea Soal Operasi Plastik di Negaranyaviki.com

Sebagian orang Korea merasa bahwa perlakukan yang diterima orang bisa berbeda tergantung dari penampilannya. Orang lain cenderung akan lebih santun jika sedang berhadapan dengan orang yang cantik atau tampan. Makanya, nggak heran kalau banyak yang ingin menjadi lebih cakep untuk mendapatkan perhatian lebih.

10. Televisi adalah penyebab orang berlomba-lomba menjalani operasi plastik

Ini Pendapat Mengejutkan Orang Korea Soal Operasi Plastik di Negaranyakbs.co.kr

Saat ditanya, “Kira-kira kenapa sih banyak orang yang ingin operasi plastik?”, seorang responden menjawab, “Semuanya gara-gara televisi. Televisi lah yang bilang kalau cewek cantik itu yang punya wajah kecil, yang kulitnya mulus, yang hidungnya mancung, dan sebagainya,” dan semua jadi ingin seperti itu. Jadi televisi lah yang menjadi penyebab diberlakukannya standar kecantikan ala boneka di Korea.

Nah itulah dia pendapat orang-orang Korea soal fenomena operasi plastik di negaranya. Apakah pandanganmu terhadap operasi plastik telah berubah?

Yuk, tonton videonya di bawah ini:

https://www.youtube.com/embed/VAkwPJhZAxs

Annisa Rizki Photo Verified Writer Annisa Rizki

Instagram: @annisa9595

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya