Comscore Tracker

Jarang Terekspos, 6 Tradisi Suku Dayak yang Menarik dan Unik

Pasti familier dengan tradisi kuping panjang, kan? #LokalIDN

Kalian pastinya sudah tak asing lagi dengan Suku Dayak. Suku yang mendiami Pulau Kalimantan ini juga dikenal dengan keramahannya. Suku Dayak sendiri memiliki beberapa rumpun, seperti Dayak Ngaju, Dayak Apo Kayan, Dayak Iban/Laut, Dayak Klemantan/Darat, Dayak Murut, Dayak Punan, dan Dayak Ot Danum. 

Tak banyak orang tahu bahwa ternyata suku ini juga memiliki beragam kebudayaan dan tradisi yang jarang terekspos ke publik. Berikut enam tradisi Suku Dayak yang wajib kamu ketahui.

1. Tradisi Kuping Panjang

Jarang Terekspos, 6 Tradisi Suku Dayak yang Menarik dan Unikindonesiakaya.com

Suku Dayak memiliki sebuah tradisi yang dapat dikatakan cukup unik, yaitu memanjangkan telinga mereka. Bagi para perempuan dayak di Kalimantan Timur, semakin panjang kupingnya, maka dirinya akan semakin cantik. Selain itu, ada juga yang menyebutkan tradisi ini digunakan untuk menunjukkan status bangsawan atau melatih kesabaran.

Biasanya Suku Dayak menggunakan logam sebagai pemberat yang dipasang di bawah telinga. Bagi kaum laki-laki, mereka tidak boleh memanjangkan telinga di bawah bahu. Sedangkan bagi para perempuan, mereka boleh memanjangkan telinganya hingga sebatas dada.

2. Tato Dayak

Jarang Terekspos, 6 Tradisi Suku Dayak yang Menarik dan Unikinibaru.id

Bagi masyarakat Suku Dayak, tato merupakan simbol dari berbagai hal seperti kekuatan, hubungan dengan tuhan, perjalanan kehidupan, dan masih banyak lagi. Tak heran jika masyarakat Suku Dayak memiliki tradisi untuk melukiskan tato di tubuh mereka. Tradisi ini tak hanya dilakukan oleh kaum laki-laki saja, melainkan juga oleh kaum perempuan.

Setiap tato pastinya memiliki makna tersendiri. Untuk laki-laki, jika orang tersebut memiliki tato bunga terong, maka orang tersebut sudah memasuki tahap dewasa. Sedangkan untuk perempuan, tato yang menandakan kedewasaan seseorang ialah tato Tedak Kassa yang diletakkan di kaki.

Baca Juga: 5 Tips Menjalani Hidup dari 'Umpasa' Pantun Suku Batak 

3. Tradisi Ngayau

Jarang Terekspos, 6 Tradisi Suku Dayak yang Menarik dan Unikphinemo.com

Tradisi ini dapat dikatakan cukup ekstrem. Hal ini dikarenakan tradisi ini merupakan tradisi berburu kepala musuh. Tak semua suku Dayak melaksanakan tradisi ini karena Ngayau dilakukan oleh Suku Dayak Ngaju, Iban, dan Kenyah.

Pada tahun 1874, kepala suku Dayak Kahayan mengumpulkan para kepala suku rumpun lain dan menyepakati hasil musyawarah Tumbang Anoi yang isinya larangan untuk melakukan Ngayau karena dapat menimbulkan perselisihan antar suku dayak. Meskipun begitu, tradisi ini sempat menggegerkan masyarakat Indonesia pada saat Konflik Sampit pada tahun 2001 antara Suku Dayak dan Suku Madura di Kota Sampit.

4. Tiwah

Jarang Terekspos, 6 Tradisi Suku Dayak yang Menarik dan Unikbackpackerjakarta.com

Tradisi Tiwah merupakan upacara pemakaman yang dilakukan oleh masyarakat Suku Dayak Ngaju yang mana para kerabat yang meninggal akan dibakar tulang-belulangnya. Menurut kepercayaan Kaharingan yang merupakan kepercayaan masyarakat pada zaman dahulu, tradisi ini dapat mengantarkan arwah orang yang meninggal tersebut menuju dunia akhirat yang biasa disebut Lewu Tatau

Tradisi Tiwah biasanya diikuti dengan para keluarga yang bernyanyi sambil menari mengelilingi sang jenazah. Perlu diingat, tidak semua tulang jenazah dibakar karena tradisi ini hanya bersifat simbolis.

5. Manajah Antang

Jarang Terekspos, 6 Tradisi Suku Dayak yang Menarik dan Unikfolksofdayak.wordpress.com

Manajah Antang merupakan sebuah ritual untuk mencari keberadaan musuh pada saat berperang. Menurut cerita masyarakat, ritual ini akan memanggil roh para leluhur melalui burung Antang yang mana dapat memberitahukan lokasi atau tempat para musuh berada. Selain untuk berperang, tradisi ini juga dapat membantu untuk mencari petunjuk lain.

6. Mantat Tu' Mate

Jarang Terekspos, 6 Tradisi Suku Dayak yang Menarik dan Unikadira.co.id

Upacara Mantat Tu' Mate merupakan sebuah tradisi mengantarkan orang yang baru saja meninggal. Uniknya, upacara ini berlangsung selama 7 hari dengan konten acara iring-irigna musik dan tarian tradisional. Setelah upacara selesai, barulah jenazah tersebut akan dimakamkan. 

Nah, itu dia enam tradisi adat masyarakat Suku Dayak yang wajib kamu ketahui. Walaupun sebagian tradisi tersebut cukup ekstrem bagi masyarakat umum, patut diakui bahwa tradisi-tradisi tersebut menarik dan unik. 

Baca Juga: 5 Tradisi Asal Bangka Belitung yang Mampu Menarik Banyak Wisatawan

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya