Comscore Tracker

7 Keuntungan yang Bakal Kamu Rasakan Saat Hidup Minimalis, Harus Coba!

Bikin hidupmu lebih tenang

Akhir–akhir ini banyak sekali aplikasi belanja online yang memberikan promo dan diskon yang sangat menggiurkan. Tak jarang, ini dapat mengakibatkan kamu menghamburkan uang untuk barang yang tidak dibutuhkan. Selain memboroskan, hal ini juga berdampak pada kondisi psikis manusia karena banyaknya barang menumpuk tak terpakai di sekitar. Tanpa disadari juga, kamu telah masuk dalam perangkap budaya konsumtif.

Gaya hidup minimalis dirasa cocok untuk mengatasi fenomena budaya konsumtif ini. Gaya hidup ini mampu membebaskanmu dari perasaan khawatir, takut dan bersalah akibat terlalu konsumtif. Banyak sekali millenial yang mulai menerapkan gaya hidup ini untuk memperoleh hidup yang lebih tenang. Berikut keuntungan lainnya dengan gaya hidup minimalis.

1. Meningkatkan kepercayaan diri

7 Keuntungan yang Bakal Kamu Rasakan Saat Hidup Minimalis, Harus Coba!Unsplash/Autumn Goodman

Gaya hidup minimalis mendorong kamu untuk hidup mandiri dan individual dalam makna yang positif. Hal ini akan melatihmu untuk lebih percaya pada kemampuan diri sendiri dalam meraih kebahagiaan.

2. Merasa lebih bahagia

7 Keuntungan yang Bakal Kamu Rasakan Saat Hidup Minimalis, Harus Coba!Pexels/nappy

Banyak hal di luar sana yang menjanjikan kebahagiaan dengan mengajak kamu untuk memiliki banyak “barang”. Namun, sesungguhnya kebahagiaan hanya dapat kamu peroleh dengan konsentrasi pada apa yang menjadi prioritas hidup kamu. Misalnya saja iklan kosmetik pada media sosial. Mereka  membujukmu dengan pemahaman bahwa definisi bahagia adalah dengan tampil cantik menggunakan rangkaian produk skin care mereka. Padahal tidak semua produk skin care cocok pada kulitmu. Alhasil kamu mencoba rangkaian produk lainnya yang hanya akan menumpuk di lemari dan membuatmu lebih boros.

3. Berkurangnya rasa takut akan kegagalan

7 Keuntungan yang Bakal Kamu Rasakan Saat Hidup Minimalis, Harus Coba!Unsplash/Leio McLaren

Untuk menjadi minimalis, seseorang harus mengurangi nafsu  terhadap hal–hal yang bersifat duniawi. Dengan mengurangi kekhawatiran akan harta duniawi maka rasa takut akan kegagalan juga berkurang karena tidak lagi memiliki banyak hal yang  bersifat keduniawian.

Baca Juga: 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Menata Rumah Minimalis!

4. Menciptakan ruang bebas pada rumah

7 Keuntungan yang Bakal Kamu Rasakan Saat Hidup Minimalis, Harus Coba!Pexels/Dmitry Zvolskiy

Tak jarang dengan begitu banyaknya benda atau perabotan yang dimiliki, kamu merasa bingung untuk menanganinya. Akhirnya malah menjadi beban pikiran. Namun dengan mengetahui benda yang menjadi prioritas hidupmu maka tidak akan ada kata ragu untuk membuang yang tidak penting. Dengan membuang segala bentuk barang atau perabotan yang tidak diperlukan pada hunian, kamu dapat terhindar dari rasa gerah akan ruang sempit. Selain itu hunianmu akan terbebas dari tumpukan barang, terlihat lebih luas dan nyaman.

5. Memberikan rasa damai dalam diri

7 Keuntungan yang Bakal Kamu Rasakan Saat Hidup Minimalis, Harus Coba!Pexels/Daria Shevtsova

Dengan sedikitnya harta benda yang kamu miliki sebagai seorang minimalis, kamu dapat terhindar dari rasa stres akan kehilangan harta benda. Kamu juga tidak lagi bergantung pada hal tersebut. Karena semakin sedikit yang kamu khawatirkan, semakin mudah kamu mendapatkan perasaan tenang dan damai.

6. Menggunakan waktu untuk hal yang bermanfaat

7 Keuntungan yang Bakal Kamu Rasakan Saat Hidup Minimalis, Harus Coba!www.pexels.com/Daria Shevtsova

Menghabiskan waktu untuk berbelanja di mall atau online shop, tanpa disadari hanya akan membuang banyak waktumu. Dengan gaya hidup minimalis, kamu sadar bahwa waktumu jauh lebih berharga untuk hal tersebut. Kamu lebih memilih pergunakan waktu untuk fokus pada pengembangan diri dan hubungan dengan orang sekitar. Seperti meluangkan waktu untuk keluarga atau teman dengan kegiatan yang bermanfaat atau menjaga kesehatan dengan berolahraga.

7. Memperoleh kebebasan yang nyata

7 Keuntungan yang Bakal Kamu Rasakan Saat Hidup Minimalis, Harus Coba!Pexels/Pixabay

Tidak dapat dipungkiri bahwa ketergantungan pada harta benda tidak jarang membuatmu merasa khawatir akan kehilangan hal tersebut. Bahkan beberapa orang menjadi serakah dan gelap mata akan keadaan ini. Namun dengan hidup minimalis, kamu akan terhindar dari ketergantungan itu dan memperoleh kebebasan yang sesungguhnya.

Jadi, apa kamu tertarik untuk mencoba gaya hidup ini?

Baca Juga: 5 Langkah Mulai Hidup Minimalis, Gak Pakai Ribet

Antonia Kinan Photo Writer Antonia Kinan

https://twitter.com/antoniaasari

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya