Comscore Tracker

5 Cara Simpel untuk Lebih Menghargai Hidup, Yuk Terapkan!

Ingat, menghargai hidup tidak harus dengan pencapaian besar

Hidup adalah perjalanan yang gak bisa diprediksi. Sebab selain kebahagiaan, ada pula situasi sulit yang harus dihadapi. Di situasi seperti itu, gak jarang kita akan menyalahkan keadaan, membandingkan diri orang lain, dan lainnya. Di mana, akhirnya hal itu juga yang memicu perasaan kurang berharga.

Padahal, naik turunnya kehidupan adalah suatu hal yang wajar. Maksudnya, kalau kita melihatnya dari sudut pandang yang lebih luas, kedua situasi tersebut ada manfaat positifnya. Berikut, lima cara simpel untuk lebih menghargai hidup. Apa saja? Ikuti ulasannya di bawah ini.

 1. Memiliki keinginan berkontribusi untuk orang lain

5 Cara Simpel untuk Lebih Menghargai Hidup, Yuk Terapkan!ilustrasi menolong sesama (unsplash.com/ Zac Durant)

Sejatinya, menghargai hidup itu bukan hanya tentang fokus pada diri sendiri saja. Namun, berkontribusi untuk orang lain juga penting dilakukan. Sebab, tanpa disadari ini akan memunculkan perasaan tentram dan bahkan merasa cukup dalam kondisi apapun.

Toh, kita gak perlu menunggu menjadi orang hebat atau berada untuk berkontribusi. Sebab, dengan melakukan hal sederhana namun bermanfaat ini juga bentuk kontribusi. Semisal dengan ikut melakukan kerja bakti, atau berbagi informasi bermanfaat di media sosial, dan lainnya.

Semakin banyak kita melakukan kebaikan meskipun itu kecil, akan selalu bermakna. Toh, sebaik-baiknya manusia adalah mereka yang bermanfaat untuk orang lain, kan.

2.Turut membantu untuk menjaga alam 

5 Cara Simpel untuk Lebih Menghargai Hidup, Yuk Terapkan!ilustrasi menanam tumbuhan (unsplash.com/ Vitor Monthay)

Percayalah, memiliki keinginan untuk memberi meskipun hanya kecil, tidak akan membuat kita rugi. Malahan, ada banyak manfaatnya. Terlebih, segala sesuatu memiliki  hubungan timbal balik meskipun bukan dalam bentuk yang sama. 

Salah satunya bisa diwujudkan dengan turut membantu untuk menjaga alam. Yang paling sederhana yaitu membuang sampah pada tempatnya. Ini artinya kita juga berkontribusi untuk menjaga kehidupan.

Sebab, seperti yang diketahui alam merupakan tempat tinggal manusia, hewan, tumbuhan, dan makhluk hidup lainnya. Kalau alam kita terjaga dengan baik, maka kita yang menghuni juga akan merasa nyaman. Meskipun jarang disadari, kontribusi seperti ini juga bikin kita lebih mudah menghargai hidup. 

Baca Juga: 5 Tanda Ini Bukti Kamu Kurang Menghargai Hidup, Introspeksi Diri Ya!

3. Bersikap baik pada diri sendiri 

5 Cara Simpel untuk Lebih Menghargai Hidup, Yuk Terapkan!ilustrasi menikmati hidup (unsplash.com/ Mert Kahveci)

Wajar rasanya jika kita ingin melakukan sesuatu dengan baik setiap harinya. Mulai dari tekun menjalankan tugas hingga mempersiapkan dengan rinci saat melakukan aktivitas sehari-hari. Meskipun begitu, di sisi lain kita juga sering kehilangan celah untuk menghargai diri sendiri.

Misalnya belajar atau bekerja terlalu keras hingga lupa beristirahat. Padahal, memiliki waktu istirahat dan memperhatikan diri sendiri juga sangat penting. Maka  dari itu, mulailah sayangi dan hargai hidup kamu. 

Toh, kamu bisa memulainya  dengan cara sederhana saja. Seperti dengan  mengonsumsi makanan bergizi, istirahat yang cukup, dsb. Walaupun sesekali kamu gak bisa memenuhi hal tersebut, yang penting sadari dengan baik kondisi tubuh kamu, ya. 

4. Menjaga kesehatan tubuh dengan baik 

5 Cara Simpel untuk Lebih Menghargai Hidup, Yuk Terapkan!ilustrasi berolahraga (pexels.com/Cliff Booth)

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, menjaga kesehatan tubuh menjadi cara efektif untuk menghargai hidup. Sebab, tubuh kita merupakan anugerah istimewa yang diberikan Tuhan. Yang sepatutnya harus dirawat dan dijaga dengan baik.

Jadi, jangan sampai karena keinginan tertentu, kita sampai mengabaikan kesehatan tubuh. Misalnya, ingin memiliki tubuh ideal namun melakukan diet terlalu ketat. Bukannya malah baik, cara seperti itu justru membahayakan kesehatan.

Dibanding seperti itu, ada cara lain untuk mendapatkan tubuh ideal. Misalnya dengan olahraga teratur, mengonsumsi makanan rendah lemak, dan lainnya. Namun yang terpenting kita harus mencintai diri kita apa adanya. Sebab, ketika merasa nyaman seperti keadaanya kita akan bersyukur dan bahagia.

5. Membangun hubungan positif dengan orang-orang sekitar 

5 Cara Simpel untuk Lebih Menghargai Hidup, Yuk Terapkan!ilustrasi keluarga bahagia (Unsplash.com/ National Cancer Institude)

Terakhir, membangun hubungan positif dengan orang-orang sekitar juga menjadi cara terbaik untuk menghargai hidup. Dengan sikap seperti ini, tentunya kita akan merasa lebih dicintai dan bisa memberikan cinta juga. Selain itu kita juga akan lebih akrab satu sama lain, tanpa adanya rasa permusuhan, dsb.

Secara gak langsung, hubungan positif seperti itu akan menjadikan kita lebih bersyukur. Yang pada akhirnya juga akan membuat hidup kita akan lebih bermakna. Maka dari itu, mari membangun hubungan positif dengan orang-orang sekitar, ya.

Kesimpulannya, selalu ingat bahwa menghargai hidup dalam segala kondisi itu penting. Bukan hanya untuk bahagia. Namun, agar hidup kita juga bermanfaat bagi orang lain. 

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Hidup Jangan Kebanyakan Drama, Capek!

Aprilia Nurul Aini Photo Verified Writer Aprilia Nurul Aini

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya