Comscore Tracker

5 Kebiasaan Sepele Ini Terbukti Tingkatkan Kemampuan Otak, Berani Coba?

Yang mana kebiasaanmu?

Dalam kehidupan sehari-hari, kita pasti memiliki suatu kegiatan yang kita ulang-ulang hingga menjadi kebiasaan. Tapi tahukah kalian kalau tidak semua kebiasaan itu buruk? Bahkan beberapa kebiasaan tanpa kita sadari ternyata memiliki manfaat yang baik untuk diri kita, terutama meningkatkan kemampuan otak. Berikut 5 kebiasaan yang bisa meningkatkan kemampuan otak.

1. Mengunyah permen karet.

5 Kebiasaan Sepele Ini Terbukti Tingkatkan Kemampuan Otak, Berani Coba? www.oralsurgeryofutah.com

Pada sebuah studi, seorang ilmuwan menemukan bahwa seseorang yang memiliki kebiasaan mengunyah permen karet memiliki kemempuan mengingat dan konsentrasi 25% lebih baik dari pada mereka yang tidak memiliki kebiasaan tersebut. Kebiasaan ini berpengaruh pada aktivitas hippocampus, yaitu suatu bagian di otak yang behubungan dengan daya ingat dan konsentrasi. Ketika seseorang mengunyah permen karet, maka darah yang menuju otak akan bertambah sehingga meningkatkan kemampuan otak.

2. Menggerakkan bola mata ke kiri dan ke kanan.

5 Kebiasaan Sepele Ini Terbukti Tingkatkan Kemampuan Otak, Berani Coba? panduanhidupsehat.com

Pada sebuah studi, seorang ilmuwan menemukan bahwa seseorang yang menggerakkan bola matanya ke kiri dan ke kanan setiap pagi selama 30 detik, akan membuat daya ingatnya meningkat 10%. Studi ini juga menemukan bahwa kebiasaan ini mampu memperbaiki ingatan hingga 15%. Meskipun alasan yang dikemukakan oleh para peneliti cenderung spekulatif, namun kebiasaan ini diyakini mampu mengaktifkan dan menghubungkan otak kiri dan otak kanan. Dicoba yuk guys, gampang nih..

Baca Juga: Setelah Bangun Tidur, Ini 9 Kebiasaan Produktif yang Dilakukan Orang-orang Sukses

3. Tidur sebentar ketika lelah bekerja.

5 Kebiasaan Sepele Ini Terbukti Tingkatkan Kemampuan Otak, Berani Coba? youqueen.com

Jangan remehkan rasa kantuk yang melanda ketika kalian bekerja, hal itu merupakan reaksi otak akibat kelelahan yang luarbiasa. Jika kalian merasa ngantuk, cobalah untuk melakukan istirahat denga tidur sebentar. Sebuah studi menyatakan bahwa seseorang yang melakukan tidur sebentar selama 45 menit atau 60 menit di sela-sela pekerjaannya, mampu meningkatkan kemampuan berpikirnya hingga lima kali lipat.

Hal ini terjadi karena tidur memiliki pengaruh yang besar terhadap memori otak kita. Ketika kita tidur, maka otak kita akan melakukan pembaruan pada sistem otak sehingga meningkatkan kemampuan otak dalam bekerja.

4. Mengepalkan tangan.

5 Kebiasaan Sepele Ini Terbukti Tingkatkan Kemampuan Otak, Berani Coba? www.redorbit.com

Mengepalkan tangan adalah hal sederhana yang ternyata berpengaruh terhadap kinerja otak loh guys. Sebuah studi mengatakan bahwa ketika kalian mengepalkan tangan kanan sebelum mengerjakan suatu hal dan mengepalkan tangan kiri ketika berhasil mengingat suatu hal mampu meningkatkan kerja memori otak.

Kebiasaan mengepalkan tangan juga diyakini mampu mengaktifkan beberapa wilayah kerja otak kita. Ketika seseorang mengepalkan tangan kanan, maka otak kiri akan aktif dan hal ini terjadi sebaliknya. Namun para ilmuwan mengaku bahwa masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

5. Mencatat.

5 Kebiasaan Sepele Ini Terbukti Tingkatkan Kemampuan Otak, Berani Coba? www.sthelenschamber.com

Bagi kalian yang memiliki kebiasaan mencatat, kebiasaan ini ternyata bagus loh untuk meningkatkan kemampuan otak. Sebuah studi yang dilakukan oleh para ilmuwan dari UCLA mengatakan bahwa seseorang yang mencatat dengan tulisan tangan akan memiliki pemahaman yang lebih banyak dari pada mereka yang menulis di laptop. Menulis dengan tangan memang lebih lama dan melelahkan, namun hal itu akan tersimpan dengan baik di otak kita.

Baca Juga: 10 Kebiasaan Sederhana yang Gak Sadar Bikin Kamu Makin Pintar

Topic:

Berita Terkini Lainnya