Comscore Tracker

5 Hal yang Dapat Kamu Lakukan Ketika Orang Terdekatmu sedang Berduka

Dukung mereka dengan cara yang tepat

Pernahkah kamu bertanya-tanya, bagaimana cara menghadapi orang terdekatmu seperti teman atau mungkin kerabat ketika mereka sedang berduka? Menurut Santrock (2002), seseorang akan melewati tiga fase ketika mereka sedang berduka. Fase pertama yaitu fase terkejut, lalu fase yang kedua putus asa, dan kemudian fase pulih kembali.

Untuk dapat kembali pada fase pulih, diperlukan dukungan secara sosial dari orang-orang terdekat. Maka bagaimana cara yang dapat kita lakukan untuk dapat mendukung mereka yang sedang berduka? Simak tips di bawah ini ya!

Baca Juga: Orang-orang di Negara Ini Tak Berduka atas Wafatnya Ratu Inggris

1. Berusaha untuk selalu berada di sisinya 

5 Hal yang Dapat Kamu Lakukan Ketika Orang Terdekatmu sedang BerdukaPhoto by Ben White on Unsplash

Keberadaanmu untuk mendukung seseorang yang sedang berduka sangatlah berarti. Hal ini dapat sangat membantu mereka untuk dapat kembali pada fase pulih ketika sehabis berduka.

Berikan pelukan hangat kepadanya jika dia mengizinkannya karena pelukan atau sentuhan fisik dikenal mampu dalam meredakan stress seseorang. Cek selalu kondisinya secara berkala, apakah dia membutuhkan pertolongan atau tidak. Tunjukkan selalu kehadiranmu padanya.

2. Utamakan untuk lebih banyak mendengar daripada berbicara kepadanya 

5 Hal yang Dapat Kamu Lakukan Ketika Orang Terdekatmu sedang BerdukaPhoto by Jon Tyson on Unsplash

Seseorang yang sedang berduka membutuhkan seseorang yang dapat mendengar dan memahami perasaan kehilangannya daripada sekedar saran untuk cepat-cepat pulih. Simpati dan empati dibutuhkan untuk membantunya dalam masa berduka.

Dengarkanlah apapun yang dikatakannya secara tulus dengan penuh empati. Tunjukkan bahwa kamu benar-benar mendengarkan ceritanya. Setelah mendengarkannya, kamu bisa mengulang kata-katanya dan menyampaikan jika kamu akan selalu ada untuknya.

Baca Juga: 5 Kalimat Terlarang untuk Diucapkan pada Teman yang Berduka

3. Beri bantuan kepadanya secara tulus  

5 Hal yang Dapat Kamu Lakukan Ketika Orang Terdekatmu sedang BerdukaPhoto by Austin Kehmeier on Unsplash

Ketika sedang berduka, biasanya seseorang tidak mampu untuk melakukan berbagai pekerjaan sehari-hari. Dalam hal inilah bantuan dari orang terdekat diperlukan untuk membantu mereka. Beri bantuan kepada mereka yang sedang berduka agar setidaknya beberapa beban tugas mereka berkurang.

Bantuan sekecil apapun sangatlah berarti bagi mereka ketika sedang berduka, karena penderitaan secara emosional yang mereka alamilah yang membuat mereka tidak dapat melakukan hal-hal seperti biasanya.

4. Bersabar dalam menemaninya 

5 Hal yang Dapat Kamu Lakukan Ketika Orang Terdekatmu sedang BerdukaPhoto by Matheus Ferrero on Unsplash

Menemani seseorang yang sedang berduka memang sangatlah tidak mudah. Diperlukan kesabaran agar dapat membantu serta menemaninya dengan baik berhati-hatilah dalam memberi ucapan atau tindakan kepadanya, karena orang yang sedang berduka biasanya lebih sensitif.

Berikan orang terdekatmu yang sedang berduka waktu untuk dapat berdamai dengan perasaan dan penderitaan yang sedang ia alami karena sejatinya apa yang sedang dialaminya saat itu adalah suatu hal yang sangat menyiksanya. Jangan memaksanya untuk segera pulih dari penderitaan, karena itu akan semakin menyiksanya.

5. Ajak dia untuk berkegiatan  

5 Hal yang Dapat Kamu Lakukan Ketika Orang Terdekatmu sedang BerdukaPhoto by Mason Dahl on Unsplash

Mengajak orang terdekatmu yang sedang berduka merupakan salah satu cara yang bisa kamu coba untuk menghiburnya, karena biasanya orang yang sedang berduka akan menarik diri dari lingkungan sosial atau menyendiri atau bahkan menyibukkan diri mereka. Sehingga mereka tidak memiliki waktu untuk menghibur diri mereka sendiri dari keadaan berduka.

Dalam mariecurie.org.uk, apabila teman atau orang terdekatmu yang sedang berduka mau, kamu dapat mengajaknya untuk pergi ke tempat yang dapat mengingatkannya pada keluarga atau temannya yang telah tiada. Menemani mereka untuk mengingatkannya pada orang terdekatnya yang telah tiada merupakan sebuah bentuk dukungan bagi mereka untuk memproses duka yang mereka rasakan.

Berduka merupakan suatu penderitaan terberat yang ditakutkan oleh semua orang. Seseorang yang berduka seringkali merasa putus asa untuk melanjutkan hidupnya. Untuk itu, diperlukan dukungan atau bantuan supaya dapat kembali memiliki kehidupan seperti sediakala. Yakinkan orang terdekatmu yang sedang berduka bahwa merasa kehilangan dan terluka adalah hal yang wajar. Hal terpenting adalah bangkit dari keterpurukan setelah merasakan duka atau kehilangan.

Baca Juga: 8 Ucapan Duka Cita Artis atas Tragedi Halloween Itaewon, Dunia Berduka

Arifni Azizah Photo Writer Arifni Azizah

Mahasiswi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya