Comscore Tracker

Intip Inovasi dari 5 Brand yang Melejit di Taobao Maker Festival 2020 

Pemutar piringan hitam terkecil hingga kostum kucing 

Kreativitas memang tidak ada batasnya, dan ini akan terus berkembang. Sama halnya dengan dunia bisnis, mungkin hampir semua barang dan jasa itu sama. Namun, inovasi dan kreativitas inilah yang membedakan bisnis kamu dengan kompetitor lainnya.

Lagi stuck untuk inovasi bisnismu selanjutnya? Gali terus inovasimu, atau mungkin lima brand kreatif yang kemarin ‘mejeng’ di Taobao Maker Festival 2020 ini bisa jadi referensimu! Tapi tentunya kamu harus berinovasi lagi ya supaya kamu punya daya jual lebih!

1. Pencinta hip hop bisa intip GRAF & WU clothing

Intip Inovasi dari 5 Brand yang Melejit di Taobao Maker Festival 2020 id.alibabanews.com

Musik nampaknya adalah bagian dari identitas. Hal ini yang melatarbelakangi berdirinya GRAF & WU clothing, pasalnya sang pendiri sangat menyukai hip hop dengan gaya street fashion. Nama “GRAF” sendiri adalah akronim dari Generation Represent Artistic Fashion. Sedangkan “WU” berasal dari kata Wuhan, dimana sang founder yang juga merangkap sebagai sang ilustrator, MonstaGraf berasal.

Punya desain yang otentik dan khas anak muda banget, nggak heran jika GRAF & WU clothing menjadi salah satu kiblat fashion anak muda di Tiongkok bahkan sampai berekspansi ke Amerika Serikat. Pada penyelenggaraan Taobao Maker Festival 2020, GRAF memperkenalkan rancangan terbarunya yang berkaitan dengan pandemik di Wuhan. Dari mulai kaos putih bergambar malaikat berbaju medis (yang menyimbolkan para tenaga medis yang melawan virus) hingga kaos cupid plan yang perlu dicuci dahulu baru kemudian akan muncul tulisan puisi mengenai Wuhan di permukaan kainnya. Sungguh inovatif ya!

2. Bisnis sesuai dengan hobi? Cek karya Liu’s Fly Suit!

Intip Inovasi dari 5 Brand yang Melejit di Taobao Maker Festival 2020 id.alibabanews.com

Apa sih hobimu? Sebenarnya, hobi yang ditekuni bisa jadi ladang uang lho. Lihat saja Iron Man suit karya Liu’s Fly Suit. Benda ini bisa tercipta akibat sang penemu jatuh cinta dan hobi menonton film salah satu tokoh Marvel, Iron Man. Ia bermimpi suatu saat bisa terbang berkat perpaduan teknologi dan mesin.

Tak disangka ternyata mimpinya berubah menjadi kenyataan berkat inovasi dan usaha kerasnya setahun belakangan. Iron Man suit karya Liu’s Fly Suit pun ikut dipamerkan di TMF 2020. Selama ada niat dan usaha, kamu bisa mengubah hobimu menjadi sebuah inovasi yang menguntungkan.

3. Hidup terasa hambar tanpa adanya musik dari Makernetstore

Intip Inovasi dari 5 Brand yang Melejit di Taobao Maker Festival 2020 id.alibabanews.com

Super Common Wonder Items didirikan oleh Kevin Liu. Ia merupakan inventor handal terutama di bidang teknologi. Sudah berlangganan kerjasama dengan brand luar seperti Smoko dari AS dan ByeByeWorld dari Jepang, kali ini ia bekerjasama dengan Meiwa elektronics dan berhasil menelurkan karya yang dinamai Sushi Beat.

Sushi Beat adalah medium musik elektronik yang bisa dikreasikan dengan tangan. Nah, filosofinya sendiri diambil dari sushi dan musik sintetis yang bersifat modular. Nggak hanya itu saja, Super Common Wonder Items juga pernah memproduksi sebuah robot untuk tepuk tangan di acara pesta, robot ini dinamai Big Clapper. Wow, super out of the box banget nggak sih? 

4. Brand Chunfeng Daxiaoqiao bahkan peduli dengan fashion para kucing lho!

Intip Inovasi dari 5 Brand yang Melejit di Taobao Maker Festival 2020 id.alibabanews.com

Kucing adalah salah satu hewan peliharaan favorit manusia. Namun, gimana jadinya jika ada desainer fashion yang berdedikasi mendesain kostum khusus kucing? Uniknya lagi, kostum kucing ini bukan kostum biasa karena memiliki unsur kebudayaan yang kental. 

Sang pendiri, Wu Qiuqiao menciptakan kostum kucing dengan perpaduan elemen Han (Hanfu) dan Kimono dari Jepang. Bahkan, brand Chunfeng Daxiaoqiao menampilkan satu set kostum kucing Hanfu yang terinspirasi oleh empat keindahan di zaman Tiongkok kuno di ajang TMF 2020.

5. Tynil, pemutar piringan hitam berukuran 3 inci yang gampang dibawa ke mana-mana!  

Intip Inovasi dari 5 Brand yang Melejit di Taobao Maker Festival 2020 id.alibabanews.com

Apakah kamu salah satu kolektor piringan hitam? Pengen mendengarkan lagu piringan hitam tapi ribet bawanya? Nah, Tynil Shop menjawab kegundahanmu. Seperti namanya, “Tynil” yang merupakan perpaduan dari Tiny dan Vinyl adalah produk yang diciptakan oleh Joker.

Ia bekerja sama dengan para musisi, termasuk musisi independen untuk menciptakan pemutar piringan hitam terkecil di dunia karena hanya berukuran 3 inci saja. Ia berharap bisa mempopulerkan budaya vinyl di Tiongkok, mempermudah orang-orang untuk mendengarkan piringan hitam mereka, sekaligus mendukung musisi independen. Duh, keren banget nggak tuh?

Setelah membaca gebrakan para inovator di ajang TMF 2020, kira-kira muncul ide brilian nggak di kepalamu?

Arkana Naranka Photo Verified Writer Arkana Naranka

Penggila buku

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Anastasia Desire

Berita Terkini Lainnya