Comscore Tracker

5 Cara Menjadi Pribadi Terorganisir, Dijamin Tak Pernah Ingkar Janji!

Yuk, jadi pribadi yang lebih baik mulai sekarang!

Menambah kemampuan organisasi untuk masa depan, tentu harus masuk di daftar resolusi sebelum memasuki lingkungan tertentu. Di lingkungan kerja pun, kamu harus bisa mengatur dirimu terlebih dahulu. Lima tips di bawah ini, akan mengajarkanmu cara menjadi pribadi terorganisir atau well organized person. Mau tahu?

1. Tulis semua jadwal kegiatan kamu di catatan pribadi

5 Cara Menjadi Pribadi Terorganisir, Dijamin Tak Pernah Ingkar Janji!unsplash/Ian Schneider

Catatan pribadi akan membantumu untuk membuat perencanaan. Apabila kamu susah mengingat kegiatan apa yang nanti akan diagendakan, jangan lupa memberikan tulisan warna-warni dan tabel agar lebih indah untuk dibaca, ya!

2. Mengeliminasi kegiatan yang tidak cukup penting

5 Cara Menjadi Pribadi Terorganisir, Dijamin Tak Pernah Ingkar Janji!unsplash/Jeff Sheldon

Apabila kamu merasa jadwalmu terlalu menumpuk dan super padat, cobalah analisa lagi kegiatanmu! Kemudian, pilih kegiatan yang menurut kamu bisa dilakukan di hari lain. Jangan sampai hal-hal yang tidak penting menjadi penghalang visi dan misi kamu.  It's all about priority. Kegiatan ini juga bisa membuatmu berpikir ulang mengenai prioritas, lho!

3. Selalu membuat backup plan

5 Cara Menjadi Pribadi Terorganisir, Dijamin Tak Pernah Ingkar Janji!unsplash/Kelly Brito

Plan yang harus kamu tulis adalah rencana aksi. Terkadang, hal yang sudah kita rencakan di awal tidak berjalan sesuai ekspektasi. Maka dari itu, kamu perlu membuat perencanaan selanjutnya yang lebih baik dari plan sebelumnya. Hal ini juga akan menghindarkan kamu dari sifat pesimis. 

Baca Juga: Butuh Motivasi? Yuk, Ucapkan 7 Kalimat Ini Pada Diri Sendiri Tiap Pagi

4. Mengetahui sebab dan akibat dari suatu hal terlebih dahulu

5 Cara Menjadi Pribadi Terorganisir, Dijamin Tak Pernah Ingkar Janji!unsplash/Adeolu Eletu

Sebelum melakukan sesuatu, pastikan kamu memikirkan akibatnya terlebih dahulu. Misalnya, kamu ingin menunda pekerjaan. Sudah seharusnya kamu memikirkan dampaknya, yaitu pekerjaanmu tidak selesai atau mungkin akan ditegur oleh atasan. Maka dari itu, kamu perlu menganalisa terlebih dahulu ya! 

5. Dapat memosisikan diri di segala tempat

5 Cara Menjadi Pribadi Terorganisir, Dijamin Tak Pernah Ingkar Janji!unsplash/Brooke Lark

Mungkin terdengar sederhana, tapi semua berawal dari kemampuanmu untuk menempatkan diri. Kamu hanya perlu menjaga apa yang seharusnya tidak kamu katakan dan lakukan. Ingat! Tidak semua orang memiliki pemikiran dan pandangan yang sama. 

Itulah cara menjadi pribadi terorganisir. Jadi, apakah kamu siap untuk melakukan resolusi diri? Mulai dari sekarang, ya! 

Baca Juga: Kehilangan Motivasi? Yuk Dengar 5 Lagu KPop dengan Arti Menyentuh Ini

Topic:

  • Arlinda Nidia Corinna
  • Pinka Wima
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya