Comscore Tracker

Yuk, Intip Desain Apartemen yang Mirip di Drama Korea Ini!

Tinggal di hunian yang mirip aktor drama Korea favoritmu yuk

Artikel ini merupakan kerjasama dengan Dekoruma

Siapa yang di sini penggemar KDrama? Banyak banget daya tarik dari drama Korea yang bikin kamu dan jutaan penggemar lainnya senang untuk nontonnya. Selain aktor dan aktris yang berparas rupawan, rumah dan apartemen modern yang sering dijadikan lokasi syuting juga menjadi daya tarik.

Apartemen-apartemen modern ini mengadopsi gaya arsitektur dan desain yang mirip dengan ‘Japandi’ atau Japanese-Scandinavian. Secara singkat, Japandi adalah gaya yang menggabungkan filosofi wabi-sabi yang melihat keindahan dari ketidaksempurnaan dan Lagom yang mengedepankan keseimbangan dalam kehidupan.

Keduanya diadopsi ke dalam bahasa desain eksterior dan interior yang tercermin dalam apartemen-apartemen yang ada di drama Korea yang sering kamu tonton. Dekoruma punya contohnya, nih. Perhatikan baik-baik, ya, untuk tahu seperti apa desain interior apartemen-apartemen gaya Japandi berikut ini. 

1. Lapang dengan desain terbuka

Yuk, Intip Desain Apartemen yang Mirip di Drama Korea Ini!dekoruma.com

Berpatokan pada nilai kesederhanaan dan fungsionalitas, apartemen ini terasa lapang karena tidak memiliki sekat atau pemisah. Desain open space yang digunakan membuat cahaya alami bisa masuk ke seluruh ruangan tanpa perlu terhalang.

Sekat yang ada biasanya menggunakan furnitur atau sekat berlubang yang seperti yang ada di gambar. Meski sempit, cara ini membuat apartemen terasa luas. 

2. Didominasi material kayu terang

Yuk, Intip Desain Apartemen yang Mirip di Drama Korea Ini!dekoruma.com

Kayu berwarna terang dan berserat lurus adalah salah satu material utama yang sering digunakan saat ini. Warnanya yang terang tidak membuat kesan yang gelap dan sempit, namun tetap terasa hangat dan selaras dengan warna dan motif lain di apartemen.

Material ini juga favorit dalam desain Japandi karena juga memasukan atmosfir alami ke dalam hunian dengan kayu berwarna terang. Gimana, kamu jadi tertarik ingin punya tempat tinggal serupa gak? 

3. Warna-warna kalem dan netral

Yuk, Intip Desain Apartemen yang Mirip di Drama Korea Ini!dekoruma.com

Untuk melengkapi motif kayu tersebut, warna-warna yang digunakan adalah warna-warna yang kalem, netral, dan cenderung monokromatik. Putih adalah warna yang mendominasi dengan rasio 60 persen dari keseluruhan hunian.

Sementara itu, bukan berarti kamu gak bisa memberi warna-warna lain yang sedikit lebih cerah dibanding putih, abu-abu muda, atau cokelat muda. Kamu juga bisa menambahkan warna-warna yang bisa menjadi aksen yang manis seperti biru atau hijau muda. 

Baca Juga: 8 Ide Dekorasi Kamar yang Bisa Bikin Kamu Tambah Semangat Menulis

4. Sedikit permainan motif

Yuk, Intip Desain Apartemen yang Mirip di Drama Korea Ini!dekoruma.com

Desain Japandi juga tidak alergi sama motif atau pola. Kamu bisa banget memasukkan motif-motif yang tidak terlalu rumit atau ramai ke perabot-perabot yang ada di apartemen.

Sarung bantal sofa, sarung bantal tempat tidur, sprei, cover bed, karpet, taplak meja, dan perabot-perabot lain. Motif yang biasanya digunakan adalah garis-garis, polkadot, atau geometris. Tentunya dengan palet warna yang disesuaikan dengan bahasa desain Japandi.

5. Furnitur praktis nan multifungsi

Yuk, Intip Desain Apartemen yang Mirip di Drama Korea Ini!dekoruma.com

Multifungsionalitas juga jadi aspek yang penting. Dengan ruangan yang tidak begitu luas, sebisa mungkin furnitur-furnitur yang dipasang bisa membuat banyak barang atau memiliki fungsi lebih dari satu.

Contohnya seperti bingkai mesin cuci yang juga menjadi konter dapur, kemudian penggunaan sofa bed yang bisa digunakan saat ada tamu menginap, atau pemanfaatan laci dan kabinet gantung sudut. 

Dekorasi memang menjadi salah satu kunci agar kita nyaman di dalam rumah, jadi, dekorasi ala Korea apa yang kamu suka? 

Baca Juga: Dekorasi Rumah Modern Minimalis, Cocok buat Lahan Terbatas

Topic:

  • Arlinda Nidia Corinna
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya