Comscore Tracker

Punya 8 Hal di Bawah Ini? Selamat, Tandanya Kamu Sudah Dewasa

Apa kamu sudah memilikinya?

Mencapai suatu kedewasaan tentu tidak didapatkan dengan mudah. Dibutuhkan proses yang panjang dan sedikit melelahkan. Sebagai manusia kita akan memulai kehidupan dari kecil, dari yang tidak tahu apa-apa, kemudian belajar banyak hal sehingga menjadi tahu.

Ada tahapan-tahapan yang harus dilewati dan tentu harus ada yang dipelajari dari setiap tahapan itu sehingga kita menjadi manusia yang lebih baik. Dalam kata lain, menjadi dewasa itu adalah proses belajar seumur hidup hingga kita mati.

Standar kedewasaan pun berbeda-beda, tergantung dari perspektif masing-masing orang. Nah, di bawah ini adalah hal-hal yang mengindikasikan bahwa kamu adalah orang yang sudah dewasa. Simak ya!

1. Karena hidup cuma satu kali, kamu sudah punya tujuan yang jelas ke depan

Punya 8 Hal di Bawah Ini? Selamat, Tandanya Kamu Sudah Dewasarawpixel dari Pixabay" target="_blank">pixabay.com/rawpixel

Tanda bahwa kamu sudah dewasa adalah hidup kamu sudah tidak lagi simpang siur tanpa arah yang jelas. Kamu sekarang sudah memiliki tujuan yang jelas dan terarah. Kamu sudah tahu apa yang ingin kamu capai dan lakukan di masa-masa mendatang.

Meskipun akan ada banyak rintangan, sesederhana memiliki tujuan saja sudah dapat membantumu untuk tetap melangkah dalam semangat.

2. Mimpi bukan lagi angan-angan belaka, kini kamu berjuang agar mimpimu menjadi kenyataan

Punya 8 Hal di Bawah Ini? Selamat, Tandanya Kamu Sudah Dewasapexels.com/startup stock photos

Ketika kamu memiliki mimpi dan tujuan yang ingin kamu capai, semuanya itu bukan hanya angan semata. Kamu sudah tahu apa yang harus kamu siapkan dalam mencapai mimpi-mimpimu. Baik itu dalam kondisi suka maupun duka. Bermimpi tanpa ada ada usaha untuk mewujudkannya adalah omong kosong. 

3. Tiada lagi embel-embel "terserah", kamu sudah mampu membuat keputusan sendiri

Punya 8 Hal di Bawah Ini? Selamat, Tandanya Kamu Sudah Dewasapexels.com/bruce mars

Sikap kita yang sering berkata terserah ketika ditanya mengenai sesuatu hal menandakan bahwa kita belum memiliki kedewasaan. Sebaliknya, ketika kita mampu berpikir dan menentukan keputusan kita sendiri saat seseorang bertanya kepada kita mengenai suatu hal atau ketika kita dihadapkan dalam situasi mendesak menandakan bahwa kita sudah dewasa.

4. Tidak lagi meremehkan hal-hal kecil

Punya 8 Hal di Bawah Ini? Selamat, Tandanya Kamu Sudah Dewasaunsplash.com/JESHOOTS.COM

Kesadaran dalam diri kamu bahwa hal-hal besar tidak didapatkan secara langsung membuat kamu jadi lebih menghargai proses dan hal-hal kecil. Seringkali kita selalu meremehkan hal-hal yang dianggap sepele. Padahal, dalam kenyataannya, hal-hal sepele yang kita hargai bisa membawa kita pada suatu pencapaian yang besar.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Semakin Dewasa Kamu Malas Update Media Sosial

5. Punya pola pikir kritis, yaitu melihat segala sesuatu dari berbagai perspektif

Punya 8 Hal di Bawah Ini? Selamat, Tandanya Kamu Sudah Dewasapexels.com/bruce mars

Seseorang yang dewasa tidak akan berpikir gegabah dan asal-asalan dalam menyatakan apa yang dipikirkan. Sebaliknya, mereka yang dewasa tahu bagaimana mengelola pikiran mereka.

Ketika dihadapkan dengan suatu kondisi, mereka akan melihat segala sesuatu dari perspektif yang berbeda. Kemudian menyaring perspektif-perspektif tersebut untuk menghasilkan suatu kesimpulan yang baik dan benar.

6. Sesibuk apapun, pola hidup sehat menjadi hal yang utama

Punya 8 Hal di Bawah Ini? Selamat, Tandanya Kamu Sudah Dewasapexels.com/William Choquette

Ketika kamu memiliki kesadaran bahwa segala aktivitasmu sehari-hari bergantung dari bagaimana tubuhmu bekerja dan memberikan energi, maka kamu memiliki kesadaran untuk menjaga kualitas kesehatanmu. Hal ini berdampak pada pola hidup yang kamu terapkan.

Orang yang sudah dewasa tahu untuk tetap menjaga pola hidup yang sehat demi menunjang pekerjaan sehari-hari, baik itu olahraga yang teratur, makan makanan yang sehat, serta menjaga kualitas tidur.

7. Apa yang kamu dapat dalam hidupmu bukan hanya untuk memuaskan diri sendiri, dalam hal ini kamu mampu bermanfaat bagi orang lain

Punya 8 Hal di Bawah Ini? Selamat, Tandanya Kamu Sudah Dewasapexels.com/rawpixel.com

Orang yang sudah dewasa tidak akan pernah melakukan sesuatu bagi dirinya sendiri. Ketika kamu memiliki sesuatu yang lebih, baik itu uang, waktu, ilmu, atau keterampilan kamu selalu berbagi dengan orang lain. Orang yang sudah dewasa selalu senang ketika berbagi apa yang dia miliki demi untuk bermanfaat bagi orang lain.

8. Kesadaran bahwa kamu hanyalah manusia yang lemah membuatmu selalu taat untuk beribadah

Punya 8 Hal di Bawah Ini? Selamat, Tandanya Kamu Sudah Dewasaunsplash.com/Ben White

Orang yang sudah dewasa akan mengalami pertumbuhan ke arah yang lebih baik dalam bidang apapun. Hal ini bukan saja dari bagaimana ia dapat belajar dari setiap pengalaman yang ia lalui dalam kehidupan, tetapi juga bagaimana relasinya dengan sang Pencipta.

Orang yang taat beribadah bisa dikatakan sudah memiliki kedewasaan secara rohani yang baik. Kalau dengan Tuhan saja memiliki relasi yang baik, apalagi dengan sesama manusia.

Jadi, apakah apa kamu sudah memiliki hal-hal di atas? Jika ya, selamat sebab tandanya kamu sudah menjadi pribadi yang dewasa.

Baca Juga: 5 Sifat Anak-anak yang Patut Kamu Pertahankan Meski Sudah Dewasa

Arya Sarimata Photo Community Writer Arya Sarimata

"When life gets you down, you know what you gotta do? Just keep swimming" -Dory-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You