Comscore Tracker

7 Simbol dalam Film 'Drive My Car' yang Mengandung Makna Mendalam

Simbol itu juga berperan untuk menopang cerita

Dalam karya fiksi, pemakaian simbol untuk mengekspresikan ide atau menyampaikan maksud tertentu begitu jamak diterapkan. Pemanfaatan perangkat sastra itu juga lazim ditemui dalam cerita karangan Haruki Murakami. Tak pelak, hamparan simbol juga hadir dalam film Jepang Drive My Car karya sutradara Ryusuke Hamaguchi yang diadaptasi dari cerita pendek (cerpen) ciptaan Haruki Murakami berjudul serupa.

Aneka simbol yang terdapat dalam film itu mewujud dalam berbagai bentuk. Ada yang berupa objek, alur, adegan, dan karakter yang melekat pada tokoh cerita. Jika mampu menangkap pesan yang tersimpan dalam simbol tersebut, penonton tentu akan dapat memahami inti cerita yang disampaikan dan kian menghayati makna terpendam di dalamnya.

Berikut ini tujuh simbol dalam film Drive My Car yang mengandung makna yang sangat dalam.

1. Mobil Saab 900 Turbo adalah simbol kenangan

7 Simbol dalam Film 'Drive My Car' yang Mengandung Makna Mendalamsalah satu adegan Drive My Car (instagram.com/drivemycar_mv)

Bagi Yusuke Kafuku (Hidetoshi Nishijima), tokoh utama dalam film ini, mobil miliknya yang berupa Saab 900 Turbo berwarna merah bukan lah sembarang kendaraan. Mobil berwujud klasik itu menyimpan kenangan yang kuat tentang istrinya, Oto (Reika Kirishima). Pada level yang ekstrem, mobil itu adalah representasi dari jiwa istrinya yang mati mendadak karena pendarahan otak.

Perasaan Kafuku yang enggan berpisah dengan istrinya tercurah dalam bentuk rasa kepemilikan yang berlebihan terhadap mobil itu. Hal itu terlihat saat Kafuku tampak enggan menerima Misaki Watari (Toko Miura) sebagai sopirnya atau saat dia ragu untuk menerima selingkuhan istrinya, Koji Takatsuki (Masaki Okada), sebagai penumpang. Namun, seiring laju alur cerita, Kafuku sadar bahwa kenangan dan mobilnya merupakan dua hal yang berbeda.

2. Cerita Oto yang terinspirasi dari cerpen Haruki Murakami berjudul Scheherazade adalah simbol rahasia yang terungkap

7 Simbol dalam Film 'Drive My Car' yang Mengandung Makna MendalamHaruki Murakami berpose di depan kamera. (newyorker.com)

Oto merupakan istri Kafuku yang berprofesi sebagai penulis naskah cerita. Salah satu cerita yang dialih-wahanakan menjadi program televisi berkisah tentang seorang siswi yang kerap mengendap-endap masuk ke rumah lelaki idamannya. Kisah yang diambil dari cerpen Haruki Murakami berjudul "Scheherazade" itu berakhir dengan absurd saat diceritakan kepada suaminya, Kafuku.

Namun, cerita itu memiliki akhir yang berbeda saat dikisahkan kepada Takatsuki, selingkuhan Oto. Penghabisan versi Takatsuki itu kemudian diceritakan kepada Kafuku yang lantas membuatnya terkejut. Cerita itu menjadi simbol atas terungkapnya rahasia Oto yang telah lama disimpan.

3. Pementasan teater Uncle Vanya menjadi simbol upaya Kafuku untuk tetap menjalani hidup

7 Simbol dalam Film 'Drive My Car' yang Mengandung Makna Mendalampementasan teater Uncle Vanya (instagram.com/drivemycar_mv)

Dua tahun usai kematian Oto, Kafuku mendapat tawaran menggelar pementasan teater yang diadaptasi dari karya Anton Chekhov berjudul Uncle Vanya. Kisah yang senantiasa hadir dan membalut alur cerita Drive My Car itu memiliki peran sebagai simbol keteguhan hati Kafuku--yang hancur setelah kematian istrinya--untuk terus menjalani hidup.

Penonton akan mendapati makna atas simbol itu saat menyaksikan adegan pemilihan pemain dan pementasan teater yang berlangsung di Hiroshima. Dari tokoh cerita yang menyandang tunawicara, penonton akan beroleh kesan bahwa Kafuku mengamini pesan yang disampaikan tokoh itu agar Kafuku terus menjalani hidup dan menerima kematian istrinya.

Baca Juga: 7 Film Jepang Diangkat dari Kisah Nyata, Menyentuh dan Unik!

4. Gerakan tangan mengangkat rokok ke luar atap mobil adalah simbol penghormatan dan doa

7 Simbol dalam Film 'Drive My Car' yang Mengandung Makna Mendalamgerakan mengangkat rokok (instagram.com/cinema__in)

Boleh dibilang, adegan ini merupakan bagian yang paling diingat dari keseluruhan cerita dalam film Drive My Car. Selain menandai terungkapnya latar belakang sosok Kafuku dan Misaki, gerakan tangan saat mengangkat rokok yang menyala ke luar atap mobil yang terbuka itu juga menyimpan maksud tertentu. Ini adalah simbol penghormatan dan doa.

Gerakan itu menjadi simbol penghormatan karena aksi tersebut berusaha untuk menjaga mobil yang suci itu dari abu rokok yang bertebaran di dalam kendaraan. Gerakan itu juga lambang sikap saling menghormati masa lalu Kafuku dan Misaki. Aksi itu juga menjadi simbol doa karena jika dilihat sepintas, bentuk rokok menyala yang tegak itu menyerupai dupa untuk berdoa. Itu lah doa untuk dua orang penting di hati Kafuku dan Misaki yang telah tiada.

5. Glaukoma yang diderita Kafuku adalah simbol ketidaktahuannya atas segala hal tentang istrinya

7 Simbol dalam Film 'Drive My Car' yang Mengandung Makna MendalamKafuku, Misaki, dan mobil Saab (instagram.com/drivemycar_mv)

Kafuku divonis mengalami glaukoma sehingga dia tidak dapat mengendarai mobilnya sendiri. Gangguan penglihatan itulah yang kemudian menjadi alasan kehadiran Misaki sebagai sopir pribadi Kafuku. Penyakit itu juga berperan sebagai simbol bahwa Kafuku tidak mengetahui segala hal yang berhubungan dengan istrinya, Oto, termasuk alasannya berselingkuh.

Pada versi cerpennya, Haruki Murakami menyebut Kafuku mengalami gangguan penglihatan titik buta atau blind spot. Penyakit itu juga dijadikan simbol tentang hal yang tidak terlihat pada diri Oto atau karakter istrinya yang luput dari penglihatan batin Kafuku.

6. Adegan memutar kaset berpita di mobil Kafuku sebagai simbol merawat kenangan atas Oto

7 Simbol dalam Film 'Drive My Car' yang Mengandung Makna MendalamOto berbincang dengan Kafuku. (instagram.com/drivemycar_mv)

Sebagai aktor teater, Kafuku dituntut untuk dapat menghafal dan memberikan emosi atas dialog yang dibawakannya. Salah satu metode yang diterapkannya adalah mendengar rekaman dialog dari pemutar kaset berpita di mobilnya. Dialog itu dituturkan oleh istrinya, Oto.

Kebiasaan memutar rekaman kaset itu terus dipelihara Kafuku meski istrinya sudah tiada. Suara istrinya itu bahkan mewujud seperti hantu yang terus menemani Kafuku yang belum siap kehilangan orang yang dikasihinya. Perlahan, pemutaran kaset berpita itu menjadi simbol untuk merawat kenangan sekaligus menjadi bahan bakar bagi Kafuku dalam usahanya melanjutkan hidup seorang diri.

7. Ketiadaan adegan kilas balik adalah simbol upaya Kafuku dan Misaki untuk terus menatap ke depan

7 Simbol dalam Film 'Drive My Car' yang Mengandung Makna MendalamMisaki sedang mengemudi. (instagram.com/drivemycar_mv)

Salah satu pesan yang diusung dalam film Drive My Car adalah ajakan untuk terus menjalani hidup di tengah terpaan badai masalah yang dihadapi. Pesan itu juga tertuang pada akhir cerita teater Uncle Vanya dan sangat relevan dengan konteks hidup yang dijalani Kafuku.

Pesan untuk terus menjalani hidup itu juga ditunjukkan dengan ketiadaan adegan kilas balik dalam film itu. Absennya adegan flashback tersebut berbanding lurus dengan komitmen yang dipegang oleh Kafuku dan Misaki. Keduanya berjanji untuk terus hidup sampai maut datang menjemput secara alamiah.

Semoga penjelasan mengenai simbol yang mengandung makna mendalam dalam film Drive My Car di atas dapat menjadi acuan bagi calon penonton sehingga dapat makin memahami pesan dari cerita yang diusung. Selamat menonton, ya.

Asep Wijaya Photo Verified Writer Asep Wijaya

Penikmat buku, film, perjalanan, dan olahraga yang sedang bermukim di Fujisawa, Kanagawa, Jepang

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya