Comscore Tracker

5 Perbuatan 'Pansos Positif' yang Boleh Kamu Lakukan di Media Sosial

Pansos boleh aja, tapi yang positif ya

Kalau mendengar kata pansos alias panjat sosial, yang ada dipikiran kita adalah serangkaian kegiatan gak bermanfaat. Biasanya menjurus ke pamer yang memancing reaksi negatif. Hm, tapi kalau mau ditelaah lebih dalam gak selamanya pansos bermakna negatif, lho.

Memangnya ada ya pansos yang positif? Jangan salah, ada kok jenis pansos positif yang bisa kamu lakukan di media sosial. Bedanya, kamu melakukan kegiatan bermanfaat dan berguna untuk banyak orang. Supaya gak penasaran, ini lima panjat sosial positif yang bisa kamu coba. 

1. Jangan melulu pamer harta, coba ajak followers kamu untuk berdonasi sama-sama

5 Perbuatan 'Pansos Positif' yang Boleh Kamu Lakukan di Media Sosialunsplash.com/Kat Yukawa

Katanya, pamer harta bisa menaikan kasta status sosial. Dari ujung kepala sampai kaki, semua yang dipakai adalah barang ternama, begitupun kendaraan yang ditunggangi adalah keluaran terbaru yang mana tujuannya cuma satu yaitu, pamer di media sosial.

Tipe yang kayak gini sering dibilang pansos negatif. Nah, daripada pamer harta, baiknya ajak followers kamu untuk berdonasi bagi mereka yang membutuhkan. Jangan melulu mengumbar kemewahan, coba gunakan medsos kamu untuk menebar kebaikan. 

2. Daripada nulis status galau, lebih baik posting yang positif untuk orang banyak

5 Perbuatan 'Pansos Positif' yang Boleh Kamu Lakukan di Media Sosialunsplash.com/Clark Tibbs

Sering posting status galau bisa dikira cari perhatian. Bukannya apa gaes, awalnya mereka memang turut sedih akan masalahmu, tapi karena status galau kamu yang kelamaan makin gak jelas, malah bikin teman kesal sendiri.

Coba ubah kebiasaan posting status galau menjadi sesuatu yang berguna, misalnya rekomendasi bacaan buku yang menarik. Saatnya mengubah pansos negatif menjadi positif. Lewat media sosial, kamu bisa membagikan ilmu dan kebaikan kecil yang bermakna bagi orang lain.

Baca Juga: 5 Alasan Jangan Nyinyir di Media Sosial Orang, Bukan Urusanmu!

3. Daripada gibah atau hate speech, lebih baik bagikan tulisan yang bermanfaat

5 Perbuatan 'Pansos Positif' yang Boleh Kamu Lakukan di Media Sosialunsplash.com/Christin Hume

Ghibah di medsos memang seru, tapi menyakiti hati orang lain. Sama halnya dengan hate speech. Selain nambahin dosa, jenis pansos yang kayak gini bikin orang lain kesal. Apalagi, sekarang ada Undang-undang ITE. Kalau kamu terbukti menyebarkan kebencian atau hoax, siap-siap di panggil pihak yang berwajib ya. 

Lakukan pansos positif dengan membagikan hal bermanfaat buat banyak orang. Misalnya motivasi atau thread berupa tips berguna. Sehingga, orang lain akan mengenalmu bukan karena perilaku yang negatif.

4. Jadikan hobimu sebagai inspirasi bagi orang lain. Secara gak langsung, kamu jadi penyemangat mereka

5 Perbuatan 'Pansos Positif' yang Boleh Kamu Lakukan di Media Sosialunsplash.com/Priscilla Du Preez

Kamu suka fotografi, maka potret gambar yang menarik. Atau suka menulis puisi, bagikanlah karya yang indah. Jadikan hobimu sebagai inspirasi untuk orang lain, diikuti dengan prestasi membanggakan lainnya.

Mereka yang melihatnya jadi punya keberanian untuk mewujudkan impiannya juga. Siapa sangka dengan hobi yang kamu punya, malah jadi penyemangat dan pemacu untuk meraih cita-cita mereka.

5. Kurangi kegiatan scrolling gak jelas, lebih baik cari kegiatan yang bermanfaat

5 Perbuatan 'Pansos Positif' yang Boleh Kamu Lakukan di Media Sosialunsplash.com/Diana Schröder-Bode

Jangan buang-buang waktu dengan scrolling gak jelas di media sosial. Kan sayang kuota jadi terbuang sia-sia. Lebih baik cari kegiatan yang bermanfaat. Misalnya membuat kreasi DIY dari barang-barang yang gak terpakai.

Setelah itu, bagikan tutorialnya di media sosial. Pakai waktu senggangmu untuk melakukan hal berguna untuk diri sendiri atau orang lain. Nyatanya kamu gak perlu bikin sensasi kalau mau tenar. Melakukan sesuatu yang baik juga bisa bikin kamu populer kok.

Itulah jenis pansos positif yang boleh kamu lakukan di media sosial. Kata siapa gak boleh pansos? Asalkan positif, gak masalah kok. 

Baca Juga: Ini 7 Cara Media Sosial Memengaruhi Kesehatan Mentalmu, Waspadai ya! 

cappucinotea Photo Verified Writer cappucinotea

Tohoshinki Enthusiast/Ig @astri_meita

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya