Comscore Tracker

5 Hal yang Bisa Tenangkan Hatimu Saat Sedang Gundah Gak Jelas

Pas banget buat kamu yang sedang mengalami hari buruk!

Dalam menjalani keseharian, tidak semua dapat berjalan sesuai yang kita rencanakan. Walaupun kita sudah berusaha untuk bertindak sesuai rencana, kadang ada-ada saja hal-hal yang terjadi di luar dugaan. Jika kejadian tersebut adalah peristiwa yang menyenangkan, tentu dengan senang hati kita akan menyambutnya.

Namun, berbeda halnya ketika 'kejutan' tersebut adalah peristiwa tak menyenangkan atau bahkan menyedihkan. Adalah hal yang wajar jika kamu merasa kewalahan dalam menghadapinya, terlebih karena peristiwa tersebut terjadi begitu saja tanpa diduga sebelumnya. Lalu, apa yang bisa dilakukan untuk mengobati sakit hatimu? Ini dia 5 hal di antaranya. Yuk, simak!

1. Mengisolasi diri

5 Hal yang Bisa Tenangkan Hatimu Saat Sedang Gundah Gak Jelasunsplash.com/Yuris Alhumaydy

Adanya pengalaman tidak menyenangkan yang terjadi tanpa kita duga sebelumnya pastilah menguras energi karena membuat kita merasakan berbagai emosi negatif, seperti kesal, marah, kecewa, dan sedih. Pada saat-saat seperti ini, kita akan merasa kesulitan untuk berpikir jernih. Akibatnya, kita menjadi mudah tersinggung dan mudah terpancing amarah hanya karena hal-hal sepele.

Jika dibiarkan, bukan tidak mungkin tanpa sengaja kita akan melampiaskan emosi negatif kita pada orang-orang di sekitar kita walaupun mereka tak ada kaitannya dengan kejadian tak menyenangkan yang baru saja kita alami. Oleh karena itu, ada baiknya jika kita mencari ruang dan waktu khusus untuk berdua hanya dengan diri sendiri.

2. Terima dan luapkan perasaan

5 Hal yang Bisa Tenangkan Hatimu Saat Sedang Gundah Gak JelasPixabay/Free-Photos

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan ketika kita sudah berduaan dengan diri sendiri adalah menyadari perasaan yang sedang kita rasakan. Apapun perasaan yang muncul dan bergejolak di benakmu, yang perlu kamu lakukan adalah menyadari dan menerimanya. Usahakanlah untuk tidak menyangkal perasaan-perasaan tersebut. Tak apa jika kamu ingin menangis untuk sementara waktu.

Kamu tak harus selalu tampil tegar. Untuk saat-saat seperti ini, jujurlah pada dirimu sendiri. Jika kamu masih merasa sesak, kamu juga bisa menulis uneg-uneg pada secarik kertas lalu membakarnya atau menyobek dan membuangnya, sehingga tak ada yang mengetahui apa yang kamu torehkan pada kertas tersebut.

3. Memutar musik yang menenangkan

5 Hal yang Bisa Tenangkan Hatimu Saat Sedang Gundah Gak Jelaspixabay.com/Luisella Planeta Leoni

Untuk membantumu menenangkan pikiran dan meredakan gejolak di hatimu, kamu bisa memutar lagu favoritmu. Jika hal itu dirasa kurang membantu, kamu bisa mencoba memutar lagu yang liriknya sesuai dengan situasi dan kondisimu saat ini, sehingga kamu tak merasa sendirian. Kamu juga bisa memutar musik tanpa lirik bertempo lambat. Nada-nada yang dilantunkan oleh instrumen tersebut dapat membantumu untuk menerima peristiwa tidak menyenangkan yang baru saja kamu alami.

Baca Juga: Mudah Menyerah, Ini 5 Cara Memotivasi Dirimu Sendiri Biar Semangat

4. Membaca kutipan menenangkan yang sesuai dengan kondisi diri

5 Hal yang Bisa Tenangkan Hatimu Saat Sedang Gundah Gak Jelaspixabay.com/Thought Catalog

Sembari mendengarkan musik, kamu juga bisa mencari kutipan-kutipan yang sesuai dengan situasi dan kondisimu. Usahakanlah untuk membaca kutipan yang menenangkan dan menginspirasi. Salah satu kutipan yang bisa menjadi referensi adalah 'breathe. It's only a bad day, not a bad life,' yang dikutip dari aktor kenamaan Johny Depp. Dengan begitu, kamu akan mampu berdamai dengan kenyataan dan kembali bersemangat menjalani aktivitas.

5. Curhat pada orang terpercaya

5 Hal yang Bisa Tenangkan Hatimu Saat Sedang Gundah Gak Jelaspixabay.com/klimkin

Jika kamu merasa membutuhkan seseorang untuk bersandar di hari yang berat ini, kamu bisa curhat pada orang terdekatmu dan yang tentunya kamu percayai. Sebelumnya, pastikan bahwa ia adalah seseorang yang bisa memahamimu dan tak akan membicarakan keburukanmu di belakangmu.

Dengan kata lain, kamu perlu terlebih dahulu merasa yakin bahwa ia adalah seseorang yang benar-benar peduli padamu dan bukan hanya sekedar kepo. Orang yang peduli padamu akan berusaha memahami perasaanmu dan menemanimu hingga kamu mulai merasa baikan. Hal ini ia lakukan demi kebaikanmu Sebaliknya, orang yang sebatas kepo hanya akan menggali informasi darimu demi kepentingannnya sendiri.

Selain membuatmu merasa lega, curhat pada orang terpercaya juga bisa membantumu melihat hari buruk dari sudut pandang yang berbeda. Dengan begitu, kamu bisa mengambil hikmah dari pengalaman tidak menyenangkan yang baru saja kamu alami.

Itu dia beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengobati hari burukmu. Selamat mempraktikkan. Walaupun harimu tidak berjalan dengan lancar sesuai dengan yang sudah kamu rencanakan, tapi semoga kamu bisa menutup hari ini dengan hati tenang ya.

Percayalah semua terjadi untuk suatu alasan. Begitu pula dengan hari burukmu, pasti ada hal yang bisa kamu ambil maknanya walaupun melalui pengalaman tidak menyenangkan.

Baca Juga: 5 Motivasi Masuk Akal Biar Semangat Menulismu Gak Luntur

Athanasia Dianri Photo Verified Writer Athanasia Dianri

Good vibes, good life

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya