Comscore Tracker

5 Tips Mengidentifikasi Bakat dalam Diri, Jangan Sia-siakan!

Temukan bakatmu secepatnya!

Setiap orang pasti mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bakat yang merupakan kelebihan alamiah sejak lahir. Dimana setiap orang itu mempunyai bakat ada yang sama dan berbeda. Sayangnya tak setiap orang tahu apa bakatnya. Ini yang dinamakan bakat terpendam yang masih tersembunyi.

Nah, untuk kamu yang masih bingung. Sering bertanya apa iya dalam diri ini memiliki bakat? Beberapa penjalasan ini bisa membantumu untuk mengidentifikasi bakat terpendammu, yang selama ini belum kamu temukan. Simak yuk!

1. Apa sih pekerjaan yang kamu senangi?

5 Tips Mengidentifikasi Bakat dalam Diri, Jangan Sia-siakan!Pexels.com/Andre Furtado

Kamu perlu tanyakan hal ini pada dirimu sendiri. Pekerjaan apa yang kamu lakukan bisa membuat dirimu bahagia? Ketika melakukan semua itu waktu berlangsung begitu cepat. Misal kamu hobi memasak, berkebun, menulis, menyanyi, membuat kerajinan tangan dan banyak hal yang kamu lakukan. Saat melakukan hal itu kamu bahagia. Menunjukkan pekerjaan yang kamu senangi itu sebenarnya bakat yang selama ini kamu cari.

2. Melakukan semua itu tanpa menghitung untung atau rugi

5 Tips Mengidentifikasi Bakat dalam Diri, Jangan Sia-siakan!Pexels.com/graham wizardo

Kok bisa? Mungkin pertanyaan semacam itu terlintas di benakmu. Ketika melakukan pekerjaan itu kamu tak menghitung, apa itu menguntungkan secara ekonomi atau tidak. Yang jelas kamu senang melakukannya dan merasa yakin semua itu akan membawa manfaat untukmu.

Contohnya ketika kamu senang memasak kamu suka bereksperimen berbagai masakan entah berhasil atau tidak masakan itu. Kamu selalu mencobanya dan berkeyakinan bahwa suatu saat pasti akan mendapatkan hasil. Ini bisa menjadi tanda minatmu melakukan hal ini bisa menunjukkan itu bakatmu.

3. Menanyakan kepada orang lain tentang kelebihan dan kekurangan yang ada dalam diri

5 Tips Mengidentifikasi Bakat dalam Diri, Jangan Sia-siakan!Pexels/Christina Marillo

Siapa tahu bakatmu selama ini justru lebih diketahui orang lain dibandingkan dengan dirimu sendiri. Saat kamu menanyakan apa kelebihanmu dengan orang yang dekat seperti keluarga, teman maupun pasangan kamu akan tahu kelebihanmu di mata mereka.

Misal kamu selama ini tak menyadari bahwa kamu itu berbakat dalam menggambar. Kamu melakukan hanya sekedar iseng saja. Padahal menurut orang lain itu adalah kelebihan yang jika kamu kembangkan pasti menghasilkan.

Tak lupa selalu tanyakan tentang kekuranganmu pada orang lain. Siapa tahu dengan melakukan hal ini kamu bisa introspeksi dan tentunya menjadi orang yang lebih bermanfaat.

Baca Juga: Apa Ya Bakat Terpendam yang Kamu Miliki?

4. Mencoba banyak hal dalam hidup, siapa tahu dapat menemukan bakat

5 Tips Mengidentifikasi Bakat dalam Diri, Jangan Sia-siakan!Unsplash.com/Jaco Pretorius

Mencoba hal baru itu tak ada salahnya. Asalkan hal itu baik pasti ada manfaatnya. Lalu dengan melakukan banyak kegiatan dalam hidup ini seperti menyanyi, memasak, menggambar. Siapa tahu salah satu atau beberapa hal itu adalah bakat yang selama ini belum kamu temukan.

5. Menyakini apa yang kamu lakukan akan membawa perubahan untukmu 

5 Tips Mengidentifikasi Bakat dalam Diri, Jangan Sia-siakan!Unsplash.com/Candice Picard

Untuk mengetahui apa itu bakatmu? Modal utama yang perlu kamu lakukan harus selalu yakin apa yang kamu tekuni itu adalah hal baik. Karena bakat itu akan muncul, selain kamu senang melakukannya itu harus secara konsisten. Karena bakat yang tak diasah itu percuma.

5 hal yang bisa kamu terapkan untuk mengidentifikasi bakat yang ada dalam diri. Kenali apa bakatmu dan tunjukkan pada dunia bahwa kamu itu juga punya kelebihan. Siap?

Baca Juga: 8 Tanda Orang yang Memiliki Bakat Seni Sejak Lahir, Kamu?

Atul Hamdalah Photo Verified Writer Atul Hamdalah

Selalu mencoba bahagia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya