Comscore Tracker

5 Hal yang Membuat Kebahagian Cepat Berlalu, Wajib untuk Direnungkan

Kebahagiaan bisa datang dan pergi dengan sekejap...

Ketika kamu merasakan hangatnya suasana berkumpul, mesranya kasih sayang, puasnya hasrat terpenuhi dan kamu akan berkata bahwa kamu bahagia. Tapi jangan anggap enteng, apa yang kamu anggap bahagia itu bisa juga salah lho. Salahnya adalah bagaimana kamu memperlakukan kebahagiaan itu. Karena kebahagiaan juga bisa pergi tanpa disadari dan diduga, berikut 5 alasan kenapa rasa bahagia bisa pergi dalam sekejap dari kehidupanmu.

1. Memamerkan kebahagiaanmu

5 Hal yang Membuat Kebahagian Cepat Berlalu, Wajib untuk Direnungkanunsplash.com/freestocks.org

Kebahagiaan yang kamu pamerkan bisa membuat orang iri dan berusaha merebut apa yang kamu miliki. Tak jarang ada orang yang julid, nyinyir dan mengajak orang lain untuk membenci perlakuanmu.

Jika orang mau bersaing sehat denganmu, maka tidak ada yang masalah. Namun kamu tidak bisa selalu berharap kepada semua orang untuk berbaik hati padamu. Maka apa yang bisa kamu lakukan hanyalah memperbaiki perilaku kita sendiri, setidaknya apa yang kita lakukan tidak menimbulkan rasa iri maupun kesenjangan sosial. 

2. Selalu melihat ke atas hingga lupa bersyukur

5 Hal yang Membuat Kebahagian Cepat Berlalu, Wajib untuk Direnungkanunsplash.com/Freestocks.org

Selalu memandang ke atas dan melihat kepunyaan orang lain, membuat kamu tak pernah puas. Selalu up to date terhadap barang baru membuat kamu bosan dengan barang lama. Perlombaan status sosial pun membuat kamu takut didahuli orang. Tak ingin disaingi dan tak ingin dikalahkan, sehingga kamu selalu merasa tak puas. Tak jarang, kebahagiaan itu bisa pergi karena kamu kurang pandai bersyukur.

Baca Juga: 5 Ucapan Ini Bisa Bikin Pasangan Bahagia dan Bertambah Sayang

3. Kamu sering lupa bahwa apa yang kamu miliki juga patut untuk disyukuri

5 Hal yang Membuat Kebahagian Cepat Berlalu, Wajib untuk Direnungkanunsplash.com/freestocks.org

Di saat kamu menyalahkan keadaan dan menganggap hidup tidak adil, di saat itulah kenyataan telah menutupi kesadaranmu. Kamu tidak menyadari kebahagiaan itu telah hadir, namun kamu beranggapan kebahagiaan itu belum kunjung hadir. Kamu pun akan mengacuhkan apa yang dimiliki dan menyia-nyiakan seakan kebahagiaan itu bukan untukmu.

4. Merasa tidak puas dan selalu membandingkan diri sendiri dengan orang lain

5 Hal yang Membuat Kebahagian Cepat Berlalu, Wajib untuk DirenungkanPexels.com/Freestocks.org

Kurang bersyukur adalah kata yang tepat bagi kamu yang selalu tidak puas. Bukan cuma soal materi saja, kasih sayang pun jika kamu merasa kurang, maka dia bisa pergi. Selalu membandingkan hal yang dimiliki orang lain membuat kamu melupakan jati diri. Jangan memaksakan kehendak dan merasa kamu belum cukup, cukup nikmati dan rasakan walau hanya sederhana.

5. Berdusta akan perasaanmu sendiri

5 Hal yang Membuat Kebahagian Cepat Berlalu, Wajib untuk DirenungkanPexels.com/Freestocks.org

Berkata seolah kamu tak bahagia, malah membuat dirimu makin tak bahagia. Ada alasan mengapa orang melakukannya dan mungkin salah satunya, karena ingin lebih diperhatikan.

Membohongi orang lain juga akan membohongi diri sendiri. Bersikaplah jujur, lepaskan tawa mu jika memang bisa melepas bebanmu. Jangan tunggu sesuatu yang spesial jika sederhana bisa membuatmu bahagia.

Perlakukanlah dengan baik apa yang kamu miliki. Kepemilikan itu tidak abadi. Terkadang akan pergi karena waktunya dan terkadang pergi tanpa di minta. Hargailah dan pergunakanlah kesempatan yang ada. Terkadang kesempatan untuk bahagia tidak terjadi dua kali.

Baca Juga: 5 Hal Sederhana yang Bisa Membawamu Pada Kebahagiaan Sejati

awkward Sanz Photo Community Writer awkward Sanz

Guru besar ku pengalamanku

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Just For You