Comscore Tracker

Coba Perhatikan! 5 Ciri Ini Pertanda Kamu Hobi Merendah untuk Meroket

Banyak yang menilai kepribadian ini menyebalkan

Beberapa orang ingin menunjukkan pencapaian tanpa terlihat sombong. Hal tersebut membuatnya merendahkan diri sendiri agar pandangan orang terhadap mereka justru meninggi. Istilah untuk melabeli perilaku itu ialah humblebragging atau "merendah untuk meroket".

Nah, di bawah ini merupakan beberapa ciri yang menandakan seseorang memang punya kebiasaan suka merendah untuk meroket. Daripada penasaran, langsung aja nih disimak ulasannya!

1. Bukannya menjawab pertanyaan dengan lugas, kamu malah memberitahu hal-hal yang sebenarnya gak orang lain tanyakan

Coba Perhatikan! 5 Ciri Ini Pertanda Kamu Hobi Merendah untuk Meroketpexels.com/andrea piacquadio

Pada dasarnya, saat orang menanyakan sesuatu yang hanya butuh jawaban singkat seperti 'ya' atau 'tidak', kita cukup menjawab dengan lugas. Tapi kalau kamu sering menjawab sambil memberitahu informasi lain yang sebetulnya gak diperlukan, maka bisa jadi kamu suka merendah untuk meroket.

Contohnya, saat seseorang bertanya, "Kamu bisa datang ke acara itu kan minggu depan?", lalu kamu menjawab dengan "Kayaknya minggu depan aku belum balik dari Malaysia, deh!" Jawaban yang demikian, sebetulnya gak perlu, kecuali kalau orang yang bersangkutan menanyakan alasannya.

2. Saat orang lain bercerita tentang pencapaian mereka, kamu selalu menimpalinya secara halus dengan ceritamu sendiri yang lebih hebat

Coba Perhatikan! 5 Ciri Ini Pertanda Kamu Hobi Merendah untuk Meroketunsplash.com/Brooke Cagle

Biasanya, kalau ada orang yang sedang menceritakan pencapaian mereka, kamu berpikir bahwa ini juga bisa jadi kesempatan buatmu untuk unjuk gigi. Kamu bakal menimpali cerita mereka dengan prestasimu sendiri yang jauh lebih hebat.

Hanya saja, kamu melakukannya dengan halus supaya orang gak mengira kalau kamu tukang pamer. Perbandingan antara pencapaianmu dengan orang lain itu, nantinya bisa membuat orang-orang turut memuji kamu.

Baca Juga: Demi Kebahagiaanmu, Stop Menyalahkan Diri Sendiri karena 6 Hal Ini!

3. Kamu malah menyamarkan privilege yang kamu miliki dengan mengatakan bahwa itu adalah sebuah kerugian

Coba Perhatikan! 5 Ciri Ini Pertanda Kamu Hobi Merendah untuk MeroketPexels/Ekaterina Bolovtsova

"Gara-gara followers meningkat, tawaran endorse jadi makin banyak, capek banget ih responsnya."

Tak bisa dipungkiri, sebagian orang di dunia ini punya privilege tertentu dalam hidupnya. Misalnya, kepopuleran, rupa yang menawan, atau kekayaan secara materi.

Memilki privilege memang bukan berarti selalu hidup enak atau indah. Tetapi, hal itu masih patut untuk disyukuri dan kalau memang ingin pamer, lebih baik lakukan saja secara terbuka. Gak perlu bersikap seakan-akan privilege tersebut merupakan kutukan.

4. Kamu mungkin terdengar seperti mengeluh. Tapi di saat yang sama, kamu benar-benar sedang menyombongkan diri

Coba Perhatikan! 5 Ciri Ini Pertanda Kamu Hobi Merendah untuk MeroketPexels/Mentatdgt

Pamer yang terselubung juga bisa dilakukan dengan cara mengeluh, lho! Sebagai contoh, kamu mengeluh pada teman kalau harus selalu membawa kartu identitas ke mana pun pergi karena orang-orang selalu mengiramu lebih muda dari usia yang sebenarnya.

Mungkin, ini memang bisa mengganggu bagi beberapa orang. Tapi, hal tersebut bukanlah sesuatu yang penting dikeluhkan dari waktu ke waktu. Walau sepele, tapi sikap seperti ini benar-benar pertanda bahwa kamu adalah orang yang hobi merendah untuk meroket.

5. Kamu suka memancing pujian dari orang lain dengan cara merendahkan kekuatan atau kelebihanmu

Coba Perhatikan! 5 Ciri Ini Pertanda Kamu Hobi Merendah untuk MeroketPexels.com/August de Richelieu

Ada banyak orang yang betul-betul sadar akan kelebihan mereka. Pasalnya, beberapa orang teramat suka jika bisa mendengar decak kagum dari orang lain mengenai hal itu. Tapi tentu saja, gak ada seorang pun yang suka kalau dirinya dianggap sombong.

Itulah mengapa cara menjelekkan keunggulan diri sendiri agar dapat pujian, dianggap lebih bisa diterima. Kamu mungkin mengira orang melihatmu sebagai sosok rendah hati. Sebenarnya, perilaku demikian menunjukkan dengan jelas bahwa kamu adalah orang yang suka merendah untuk meninggi.

Itulah kelima ciri-ciri yang menandakan kamu seorang humblebragger alias gemar merendah untuk meroket. Perlu diketahui bahwa meskipun dilakukan secara samar-samar, banyak orang bisa menyadari hal ini dan justru merasa kesal karenanya.

Baca Juga: Ciri-ciri Hatimu Masih Menyimpan Dendam Walau Kamu Berpikir Sebaliknya

Topic:

  • Ayuningtyas Juliana Putri
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya