Comscore Tracker

5 Lagu Daerah Sumsel yang Memiliki Makna Filosofis Hidup yang Dalam

Lagu daerah memang selalu filosofis #LokalIDN

Lagu daerah adalah lagu yang sengaja diciptakan berkat hasil pengamalan di kehidupan sehari-hari masyarakat lokal. Itulah mengapa lagu daerah memiliki nilai yang sangat dalam, khususnya dalam filosofi kehidupan. Seperti lagu daerah Sumatra Selatan ini, bukan hanya kita diajarkan untuk berseni, namun juga memahami filosofi yang terkandung di dalamnya.

Nah, untuk memahami lebih dalam terkait apa filosofi yang diberikan. Ini dia daftarnya.

1. Dek Sangke

https://www.youtube.com/embed/OXVUkCZSCwE

Dek sangke yang jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia berarti tidak disangka yang memiliki makna tidak disangka adanya kebohongan yang pada akhirnya pasti akan terbongkar.

Lagu yang memiliki lirik pantun ini menceritakan karakter seseorang yang tidak jujur. Seperti orang yang lemah, padahal berlagak kuat. Bisa juga dimaknai dengan seseorang yang tidak punya apa-apa namun berlagak sok punya.

Lirik lagu ini juga menceritakan bagaimana kebohongan yang besar tega disampaikan kepada pasangan. Mulai dari lelaki yang di sangka masih bujangan, nyatanya sudah punya anak tiga dan sebaliknya wanita yang dikira masih perawan ternyata telah bersuami dan memiliki anak.

2. Sayang Selayak

https://www.youtube.com/embed/ceGsee37Ff0

Apa yang diajarkan di dalam lagu ini adalah rasa cinta damai dan rasa untuk saling mengayomi. Bukan hanya mencintai karena kita butuh dia di kehidupan kita, namun kita mencintai karena memang kita benar-benar ikhlas.

Lagu daerah Sumatra Selatan ini sering dibawakan untuk berbagai ajang dan sebagai sarana untuk menasehati. Dengan lirik yang sederhana, lagu ini tidak kehabisan makna bagi mereka yang mendengarkannya.

Baca Juga: Sudah Mulai Dilupakan, 10 Lagu Daerah Ini Wajib Kamu Dengarkan

3. Sukat Malang

https://www.youtube.com/embed/x81zGvFBVpU

"Sukat Malang" yang berarti nasib yang malang adalah sebuah lagu yang menceritakan seseorang yang menyesali keadaan dirinya, dirinya yang hidup seorang diri, bernasib seperti bunga alang-alang yang tertiup angin, hidup tiada arah dan terombang-ambing. Lagu ini jelas mewakili isi perasaan orang-orang yang harus kehilangan seseorang yang dia kasihi.

Nah, walaupun harus menerima takdir yang demikian. Bukan waktunya terus meratapi kesedihan. Ingat, dirimu juga butuh untuk dibahagiakan.

4. Gending Sriwijaya

https://www.youtube.com/embed/rj5eslapg3M

Lagu daerah Sumatera Selatan ini menggambarkan bagaimana kejayaan masa lalu Kerajaan Sriwijaya. Lagu "Gending Sriwijaya" diciptakan oleh A. Dahlan Muhibat dan Nungtjik A.R. di tahun 1943. Lagu ini memiliki makna "Jas Merah"yang berarti jangan sesekali melupakan sejarah.

Apa yang penting di lagu ini adalah bahwa sejarah adalah nilai yang penting yang menjadi falsafah hidup. Sejarah adalah harta yang pusaka dan menjadi citra sebuah wilayah. Dengan mencintai sejarah juga menjadi jalan untuk tetap setia kepada negeri sendiri.

5. Idup Nak Rantau

https://www.youtube.com/embed/jD3QtpIPTOs

Mereka yang pergi jauh mengadu nasib ke negari orang dan berusaha mencari jati diri namun ujungnya dikhianati sangatlah pas untuk menyanyikan lagu ini. Sebab lagu ini menceritakan tentang seseorang yang telah berjuang di tanah rantau namun akhirnya dia harus mendapati dirinya dikhianati oleh kekasihnya yang tega menikah dengan orang lain.

Lagu ini memiliki pesan yang sangat dalam tentang apa itu LDR. Bagi sebagian pasangan yang mampu bertahan, mereka akan berujung kepada kebahagiaan. Namun sebaliknya dengan mereka yang harus berakhir karena komitmen yang tidak bisa jaga.

Nah, itulah lima lagu daerah Sumatra Selatan yang memiliki makna yang dalam akan hidup. Semoga menginspirasi.

Baca Juga: Sarat Makna dan Tradisi, Ini 5 Lagu Daerah Aceh yang Paling Terkenal

Basri W Pakpahan Photo Verified Writer Basri W Pakpahan

Menulis untuk Memperbaiki Diri

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya