5 Tanda Kamu Terlalu Keras Mengejar Kesuksesan, Bahaya!

Tetaplah tenang dan nikmati prosesnya

Kesuksesan bukan sesuatu yang hal datang begitu cepat. Butuh kerja keras dan konsistensi yang terjaga. Tidak ada rumus pasti agar kesuksesanmu cepat tercapai. 

Sekalipun ada orang yang cepat sukses itu sebanding dengan usaha yang dia perbuat. Makanya penting sekali untuk kita menikmati prosesnya. Jangan tergoda ingin segera sukses sehingga mengabaikan hal di sekitarmu. Selain dirimu banyak orang yang harus kamu prioritaskan. 

Sukses selagi muda boleh, tapi jangan sampai kamu mengejarnya terlalu keras. Sebab, bisa membuatmu mengalami hal berikut ini.

1. Menyiksa diri sendiri

5 Tanda Kamu Terlalu Keras Mengejar Kesuksesan, Bahaya!Pexels/ Kat Jayne

Karena kamu ingin cepat sukses, kamu mengabaikan kesehatan tubuhmu. Waktu istirahat kamu habiskan untuk membuat karya. Kamu memaksa tubuhmu bekerja keras layaknya robot. Setiap malam kamu begadang mengabaikan rasa kantuk di mata. Jiwamu teracuni dengan hayalan sukses dalam semalam. 

Faktanya dengan tubuh sehat dan bugar kemungkinan meraih sukses lebih maksimal.

2. Mengabaikan lingkungan sekitar

5 Tanda Kamu Terlalu Keras Mengejar Kesuksesan, Bahaya!Pexels/ Ingo Joseph

Kamu menganggap lingkungan sekitar hanyalah pengganggu. Kamu mengejar sukses dan menutup diri dari pergaulan. Kamu terbuai oleh keinginan mencari uang. Padahal dengan banyak relasi jalan menuju kesuksesan semakin lancar.

Baca Juga: 7 Karakter Orang Jawa yang Jadi Kunci Rahasia Kesuksesan Mereka

3. Depresi dan memarahi keadaan

5 Tanda Kamu Terlalu Keras Mengejar Kesuksesan, Bahaya!Pexels/ Kat Jayne

Ketika menuju proses kesuksesan pastinya halangan sudah siap menghampirimu. Karena ingin cepat sukses kamu marah saat masalah itu muncul. Berbagai prilaku negatif kamu perbuat. Semua orang kamu salahkan termasuk diri sendiri. 

Faktanya sukses adalah kumpulan kegagalan yang kamu terima dengan baik dan kamu mau belajar darinya.

4. Kamu iri dengan orang lain

5 Tanda Kamu Terlalu Keras Mengejar Kesuksesan, Bahaya!Pexels/ Pixabay

Kesuksesanmu hanya didasari iri yang begitu besar. Kamu berharap suatu hari nanti bisa mengejar dan merendahkannya. 

Mengejar kesuksesan karena iri membuatmu capek sendiri. Kamu malah jadi depresi karena melihat temanmu semakin sukses. Ketimbang kamu iri hati kepada orang lain,lebih baik kamu bersaing dengan diri sendiri. Maka, tanamkan kalimat bahwa hari ini harus lebih baik dari kemarin.

5. Memakai jalan pintas

5 Tanda Kamu Terlalu Keras Mengejar Kesuksesan, Bahaya!Pexels/ Stephan Müller

Kamu mungkin sudah putus asa karena kerja kerasmu tidak sesuai yang diharapkan. Kamu mulai memutar otak agar sukses datang dengan cepat. Kamu ingin segera dikenal dan dipuji banyak orang. Jalan pintas lewat orang pintar kamu lakukan. Bermacam ritual kamu perbuat dari mandi kembang, memakai jimat, bertapa. Padahal kamu sebenarnya tahu bahwa hal tersebut tidak baik.

Kesuksesan bukanlah hal yang instan. Dibutuhkan proses yang panjang serta jatuh bangun beberapa kali untuk meraihnya. Oleh karena itu tetaplah konsisten berusaha, jangan terlalu ngotot, dan serahkan hasilnya pada Tuhan.

Baca Juga: Tekun & Konsisten, 6 Zodiak Ini Dipredikasi Mudah Meraih Kesuksesan 

bayu prasetya Photo Community Writer bayu prasetya

penikmat tulisan dan sastra.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You