Comscore Tracker

Ingin Kejar Pahala tinggi? Lakukan 6 Hal ini dengan Niat Murni

Ayo wujudkan niat murnimu

Marhaban Ya Ramadan! Sudah datang bulan Ramadan, kini saatnya kamu lakukan hal-hal penuh makna untuk hidupmu guys. Bulan Ramadan ini jadi momen yang tepat untuk kamu lebih banyak berbuat baik demi mengejar ridho dari-Nya lho. Nah, supaya perbuatan baik kamu jadi lebih berkah, yuk lakukan 6 kegiatan ini dengan niat murni untuk ibadah dan membantu sesama.

1. Membangunkan orang sahur

Ingin Kejar Pahala tinggi? Lakukan 6 Hal ini dengan Niat MurniShutterstock/Josu Ozkaritz

Sahur adalah salah satu sunnah yang sangat penting bagi kamu yang berpuasa. Meski bangun di dua pertiga malam itu nggak mudah, tapi ada keberkahan saat sahur yang nggak boleh kamu lewatkan. Nah, kalau melakukan sahur saja sudah bisa memberikan kamu pahala di sisi-Nya, apalagi kalau sampai kamu membangunkan orang-orang untuk sahur. Dengan membangunkan orang untuk sahur, kamu telah membantu orang-orang meraih kesempurnaan puasa. Tapi, coba landaskan perbuatan ini dari niat murni untuk membantu sesama ya. Jangan sampai aksimu keliling orang-orang sahur cuma jadi main-main saja.

2. Mengaji di Masjid

Ingin Kejar Pahala tinggi? Lakukan 6 Hal ini dengan Niat MurniShutterstock/Nazriamani

Bulan puasa adalah bulan penuh berkah. Sehingga, segala bentuk ibadah diganjar dengan pahala yang berkali lipat. FYI saja nih, di bulan Ramadan, setiap huruf di kitab suci Alquran yang kamu baca sama dengan 10 kebaikan lho. Bayangkan kalau kamu bisa menghabiskan 1 juz dalam satu hari. Berapa ribu kebaikan yang kamu dapatkan? Tapi, ada satu hal yang perlu kamu ketahui nih. Banyak ustad yang berulang kali mengingatkan kalau mengaji di masjid juga ada etikanya lho. Salah satunya, kamu nggak perlu sengaja mengeraskan bacaanmu. Takutnya, kamu jadi riya dan ibadah mengajimu justru jadi dosa besar.

3. Sahur on the Road

Ingin Kejar Pahala tinggi? Lakukan 6 Hal ini dengan Niat MurniShutterstock/addkm

Mungkin sejak Ramadan tahun lalu kamu punya niat untuk membantu lebih banyak orang. Nah, keinginan mulia ini jangan kamu biarkan menjadi #NiatDoang di tahun ini deh. Kamu bisa mulai dengan kegiatan sahur on the road dengan melibatkan orang-orang yang kurang beruntung lho. Coba kumpulkan beberapa nasi kotak, lalu sahur bersama orang-orang yang nggak seberuntung dirimu. Usaha kamu untuk berbagi ke sesama ini pasti akan dihargai tinggi oleh-Nya lho. Kalau kamu masih ragu-ragu, coba deh lihat apa yang ingin diwujudkan oleh Fathia Izzati, Aulion, dan Ayudia yang bekerja sama dengan Bear Brand di bulan Ramadan ini.

Fathia Izzati ingin membantu anak-anak jalanan untuk bisa mendapatkan fasilitas ruang sekolah formal dan informal yang layak, sama seperti yang selama ini kita nikmati. Untuk mewujudkannya, ia juga bekerja sama dengan Yayasan Generasi Muda Peduli dan Kitabisa.com. Kalau Aulion ingin wujudkan niatnya untuk membantu anak-anak petani di Desa Cimenyan, Jawa Barat, yang putus sekolah karena keterbatasan biaya. Sedangkan Ayudia ingin mengajak kamu wujudkan #NiatMurni untuk berdonasi ke Yayasan Mufakat Al Banna Indonesia yang punya gerakan #BerbagiRamadhan, bertujuan untuk membantu orang-orang kurang mampu selama bulan Ramadan ini lho. Nah, untuk mewujudkan #NiatMurni itu, mereka butuh dukungan dari kamu nih, guys. Nggak susah kok caranya, cukup vote impian mereka di sini sebanyak-banyaknya.

Nah, kalau kamu mau punya #NiatMurni apa yang ingin direalisasikan? IDN Times cuma mengingatkan, jangan biarkan niatmu itu jadi #NiatDoang. Apalagi di bulan Ramadan yang penuh berkah ini. Jadi, yuk wujudkan #NiatMurni bersama Bear Brand! Caranya? Cukup awali dengan 1 kaleng saat sahur supaya puasamu kamu jadi lebih semangat untuk ubah #NiatDoang menjadi #NiatMurni dalam waktu 30 hari.

4. Buka dapur umum untuk buka puasa

Ingin Kejar Pahala tinggi? Lakukan 6 Hal ini dengan Niat MurniShutterstock/addkm

Menurut hadits, ada keutamaan dari memberikan makanan berbuka puasa kepada sesama muslim. Kamu bisa membeli nasi kotak sebanyak banyaknya dan membagikannya kepada orang-orang yang kamu temukan di jalan, atau kamu bisa membuat dapur umum di mana semua orang bisa menikmati buka puasa secara bersama-sama. Tapi, jangan lupa untuk mengatasi masalah sampah yang mungkin timbul ya. Jangan cemari niat murni kamu untuk berbagi ke sama ini dengan menciptakan masalah baru.

5. Menghias gang rumah

Ingin Kejar Pahala tinggi? Lakukan 6 Hal ini dengan Niat MurniShutterstock/Nejdet Duzen

Untuk membuat suasana semakin semarak dan meningkatkan semangat orang-orang untuk menjalankan ibadah puasa, yuk kolaborasi dengan teman-teman untuk menghias gang rumah. Selain bisa mempererat tali silaturahmi, kegiatan ini juga bisa membuat orang-orang senang lho. Tapi, supaya hasilnya lebih baik, jangan setengah-setengah melakukannya. Hilangkan mentalitas “asal jadi”, ganti dengan mentalitas “jadikan yang terbaik”. Kalau kamu lakukan hal ini, pasti deh tetangga-tetanggamu jadi semakin semangat menjalankan ibadah puasanya.

6. Takbir keliling

Ingin Kejar Pahala tinggi? Lakukan 6 Hal ini dengan Niat MurniShutterstock/tirtaperwitasari

Di akhir Ramadan, takbir keliling adalah kegiatan yang nggak boleh dilewatkan. Takbir keliling adalah salah satu cara umat muslim untuk merayakan Ramadan sekaligus menyambut bulan Syawal yang mulai menjelang. Ini adalah salah satu wujud syukur dan pengharapan umat muslim kalau mereka bisa kembali fitri setelah menjalani ibadah puasa selama satu bulan penuh. Terlebih lagi, MUI juga menegaskan kalau kegiatan takbir di malam Idul fitri ini hukumnya sunnah jadi bisa memberikan pahala kepada yang mengamalkannya. Sebenarnya, takbir bisa dilakukan sendiri, bersama-sama, di rumah, maupun di luar. Kalau kamu mau takbir keliling, jangan lupa untuk selalu berhati-hati ya, guys. Nggak perlu ada perbuatan-perbuatan yang nggak berfaedah seperti kebut-kebutan di jalan atau membuang sampah sembarangan.


Itu dia enam niat murni yang bisa membuat puasamu dibanjiri oleh pahala. Dengan melakukan enam hal di atas, kamu bisa menebarkan kebaikan kepada sesama untuk menjemput berkah Ramadan sebanyak-banyaknya. Jadi, yuk ubah #NiatDoang untuk berbuat baik menjadi aksi nyata di bulan Ramadan ini!

Topic:

  • Tisa Ajeng Misudanar Azryatiti
  • Vika Widya Alfianti
  • Anastasia Desire

Just For You