Comscore Tracker

5 Fakta Penting Mengenai Black Lives Matter Pada Bulan Juli!

Karena semua orang berhak hak hidup yang sama

Bagi sebagian kita, mungkin pernah mengenal, atau mendengar slogan black lives matter. Black Lives Matter ini menjadi gerakan sosial yang tidak hanya memenuhi sosial media para selebriti, namun hal ini menjadi suatu gerakan sosial yang sangat penting.

Mari mengenal gerakan Black Lives Matter! 

1. Ditemukan enam tahun lalu

5 Fakta Penting Mengenai Black Lives Matter Pada Bulan Juli!npr.org

Gerakan Black Lives Matter (BLM) ini ditemukan pada tahun 2013 lalu. Gerakan ini diawali dari gerakan di Los Angeles yang sekarang menjadi gerakan global. Tanggal 13 Juli adalah awal dari gerakan BLM ini, sehingga tanggal itu ditetapkan menjadi hari Black Lives Matter.

2. Ditemukan oleh wanita tangguh!

5 Fakta Penting Mengenai Black Lives Matter Pada Bulan Juli!politico.com

Gerakan Black Lives Matter ini diawali oleh tiga wanita tangguh, Alicia Garza, Opal Tometi, dan Patrisse Cullors. Dikutip dari Glamour, masing-masing wanita ini pernah mengalami diskriminasi akibat warna kulit, dan ras mereka. 

Ketiganya kemudian memiliki tekad untuk mengubah persepsi mengenai orang berkulit gelap, dan mencegah hal-hal buruk terjadi di ke depannya.

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Sikap Toleransi Anak Sejak Dini dari Rumah

3. Ditujukan untuk menghapus stereotipe

5 Fakta Penting Mengenai Black Lives Matter Pada Bulan Juli!aljazeera.com

Gerakan ini ditujukan untuk memberi pengertian kepada warga dan masyarakat mengenai kasus-kasus ketidak adilan yang dialami oleh komunitas Afrika-America. Misalnya, dianggap berbahaya, dilarang masuk ke tempat tertentu, mengalami diskriminasi ras, mengalami perbedaan pelayanan hukum, dan sebagainya.

4. Aksi toleransi

5 Fakta Penting Mengenai Black Lives Matter Pada Bulan Juli!blackyouthproject.com

Sosial media sendiri menjadi salah satu media komunikasi untuk menjangkau seluruh orang mengenai gerakan ini. Dikutip dari NPR, pada tahun 2016 sebanyak 41 juta tweets #BlackLivesMatter menjadi trending di seluruh dunia. 

Hal ini menunjukkan bagaimana dukungan yang dikerahkan untuk menghapus rasisme sangat besar.  Gerakan ini juga mengajarkan bagaimana sebuah toleransi sangat di butuhkan untuk menghormati, dan menjaga komunitas satu sama lainnya.

5. Kasus diskriminasi terhadap orang kulit hitam masih banyak terjadi

https://www.youtube.com/embed/_qS8BamRX9w

Namun kasus rasisme yang masih melibatkan stereotipe dan profiling ini masih terjadi. Pada tahun 2019, Zayd Atkinson sebagai mana diliput oleh Good Morning America, ABC News mengalami kasus racial profiling.

Zayd dituduh memiliki senjata tajam, oleh pihak keamanan di lokasi perumahan siswa Zayd. Setidaknya ada 8 pihak keamanan yang datang, hingga manajer dari tempat Zayd tinggal datang dan mengonfirmasi kehadiran Zayd. 

Meskipun tanggal 13 Juli adalah gerakan Black Lives Matter, namun itu adalah contoh untuk kita saling menghargai orang lain, tak peduli latar belakang mereka!

Baca Juga: 7 Film tentang Rasisme dengan Konflik Tergereget yang Pernah Ada 

Belinda Belinda Photo Verified Writer Belinda Belinda

you only live once

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya