Comscore Tracker

5 Cara Mudah Menghadapi Teman yang Punya Sifat Enggak Enakan

Kamu punya teman kaya gini gak?

Memiliki banyak teman yang selalu ada di sekeliling kita merupakan idaman tiap orang. Teman-teman tersebut dapat memberi warna dan bumbu dalam kehidupanmu. Namun cerita ini akan berbeda jika teman kamu tersebut memiliki sifat enggak enakan. Kamu pasti pernah kewalahan menghadapi semua tingkahnya yang selalu dilandaskan dengan perasaan.

Dalam menghadapi teman seperti ini, kamu harus memaksa dirimu untuk memperlakukannya sedikit berbeda dengan temanmu yang lain. Tujuannya adalah agar dia tidak terjebak dalam situasi dan kamu pun dapat merasa lega. Nah, berikut 5 cara mudah menghadapi teman yang punya sifat gak enakan! Check its out guys!

1. Beri dia kesempatan untuk menyampaikan pendapat

5 Cara Mudah Menghadapi Teman yang Punya Sifat Enggak Enakanunsplash.com/Daiga Ellaby

Sikap pertama yang harus kamu terapkan dalam menghadapi teman enggak enakan adalah dengan selalu memberikan dia kesempatan untuk menyampaikan pendapatnya. Kamu harus pahami bahwa terkadang dia ingin menyuarakan pendapatnya, namun tidak berani memotong pembicaraanmu. Kamu jangan selalu mendominasi percakapan, tapi berilah dia ruang untuk berbicara.

2. Tawarkanlah bantuan jika kamu merasa dia lagi kesulitan sesuatu

5 Cara Mudah Menghadapi Teman yang Punya Sifat Enggak Enakanunsplash.com/Boxed Water Is Better

Jika kamu merasa dia sedang gelisah atau terjebak dalam suatu situasi, cobalah untuk menawarkan bantuan padanya. Orang yang enggak enakan cenderung malu dan segan untuk meminta pertolongan. Mereka cenderung menganggap dengan meminta bantuan, maka mereka akan merepotkan orang yang membantu. Untuk itu kamu perlu untuk berinisiatif terlebih dahulu.

Baca Juga: 5 Trik Biar Gak Terjebak dalam Situasi Buat Orang yang Gak Enakan

3. Bercandalah sewajarnya karena dia mudah saja baper

5 Cara Mudah Menghadapi Teman yang Punya Sifat Enggak Enakanunsplash.com/Alex Holyoake

Dalam hal bercanda, kamu juga perlu untuk berhati-hati dalam bercanda. Hal ini untuk menghindari dia terbawa perasaan. Mungkin saja maksud kamu adalah baik ingin membuat dia tersenyum, tapi dia malah baper dan tersinggung. Hindarilah candaan yang mengungkit kembali setiap hal yang pernah dibantumu, karena dia pasti akan merasa terbeban.

4. Hargai pendapatnya karna terkadang dia hanya mengalah

5 Cara Mudah Menghadapi Teman yang Punya Sifat Enggak Enakanunsplash.com/Ben White

Ketika kamu sedah memberikan dia kesempatan untuk berbicara, cobalah untuk menghargai setiap pendapatnya. Jangan langsung memotong segala pembicaraannya tapi dengarkanlah dan pertimbangkanlah segala perdapat yang dia suarakan.

Hal ini karena terkadang dia hanya mengalah dan mengikuti semua jalan pikiranmu tanpa mau mempersulit keadaan. Jangan buat dia merasa hanya menjadi pelengkap dalam suatu kelompok, tapi buatlah dia sebagai salah satu orang yang berperan penting.

5. Jangan memaksa kehendaknya karena dia sulit untuk menolak

5 Cara Mudah Menghadapi Teman yang Punya Sifat Enggak Enakanunsplash.com/Genessa Panainte

Hal lain yang perlu kamu terapkan adalah dengan tidak memaksa dia untuk harus melakukan sesuatu. Orang yang punya sifat enggak enakan akan cenderung sulit untuk menolak dan akhirnya hanya mengikuti arus. Jika dia sudah menolak, jangan lagi kamu memaksakan kehendaknya karena pasti keputusannya akan berubah. Dia akan lebih memikirkan perasaanmu jika nanti dia menolaknya.

Nah, guys, itulah 5 tips menghadapi teman yang punya sifat enggak enakan. Cobalah terapkan dan buatlah pertemanan kalian semakin menyenangkan.

Baca Juga: 7 Alasan Kenapa Kamu Harus Kurangi Rasa Gak Enakan Sama Orang Lain

Bife SoE Photo Community Writer Bife SoE

Suara sumbang dari perempuan Timor!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You