Comscore Tracker

Efek Local Pride! Ini 5 Rahasia Bisnismu Bisa Terus Survive Plus Cuan

Ada tips atur uang biar gak boncos

Tak dipungkiri, brand lokal bisa melejit dan bersaing dengan brand dari luar negeri. Mulai dari berbagai bidang seperti kosmetik, fashion, makanan, dan lain sebagainya. Dari segi ukuran bisnis pun mulai dari yang besar hingga UMKM juga ada. 

Nah, buat kamu yang punya bisnis, ini adalah peluang yang bagus! Sekarang giliran kamu untuk membuat peluang itu menjadi keuntungan buat bisnis kamu. IDN Times sudah merangkumnya di artikel ini. Simak di bawah ya, jangan di-skip

1. Selalu berinovasi membuat produk berkualitas

Efek Local Pride! Ini 5 Rahasia Bisnismu Bisa Terus Survive Plus CuanIlustrasi kelola UMKM dan terus inovasi toko bunga (Shutterstock/Dragon Images)

Dulu produk lokal jarang dilirik oleh masyarakat. Mayoritas masih membeli atau menggunakan produk impor. Namun, sejak 2015 justru produk lokal menunjukkan kualitas dan kelebihannya. Mulai dari lini produk apapun, produk lokal saat ini banyak digemari. 

Nah, buat kamu yang memiliki bisnis UMKM di lini apapun, ini merupakan sinyal yang baik buat produkmu bisa melejit di era ini. Yang terpenting adalah bagaimana menciptakan produk yang tak hanya berkualitas, tetapi juga bisa menyelesaikan permasalahan target pelangganmu. 

Jika kamu ingin tahu lebih dalam target pelanggan, kamu bisa mengunjungi website seperti kickstarter.com, trendwatching.com, atau Harvard Business Review. Di sana banyak sekali informasi yang bisa kamu gunakan pula dalam menciptakan inovasi yang sesuai dengan pasar.   

Selain itu, untuk memahami target pelanggan kamu juga bisa langsung terjun ke lapangan dan bertanya pada target pelanggan. Bertanya berbagai kebutuhan dan keluhannya. 

Tapi, gak hanya itu yang membuat produk lokal bisa luar biasa. Ada resep lainnya yang harus kamu ketahui. Keep scrolling!  

Baca Juga: Mantab, Transaksi UMKM Palembang di Tokopedia Naik 3 Kali Lipat

2. Memiliki strategi marketing yang ciamik

Efek Local Pride! Ini 5 Rahasia Bisnismu Bisa Terus Survive Plus CuanIlustrasi membuat strategi marketing (Shutterstock/Chaay_Tee)

Seperti menabur garam di lautan, kalau kamu punya produk yang apik tetapi tidak ada orang yang tahu. Maka dari itu membuat strategi marketing yang ciamik sangat diperlukan. Cara paling mudah adalah buatlah sebuah pesan untuk target pelangganmu dengan sangat mudah.

Misalkan kamu memiliki produk celana jeans, tulislah keunggulan jeans tersebut dengan sangat detail seperti bahan, kegunaan, harga, dan sebagainya. Setelah itu, buatlah konten yang menjelaskan pesan itu dengan bungkus yang keren atau lucu. 

Sebagai referensi, saat ini konten video pendek yang paling diminati oleh masyarakat. Dilansir oleh fortuneidn.com dalam acara Fortune Indonesia Breakfast Club bertajuk Instagram Reels: The Future of Video Today bahwa konten berdurasi 10-20 detik memiliki engagement yang baik. 

Dengan begitu kamu bisa memperbanyak produksi konten format video untuk menarik calon pelangganmu. Butuh inspirasi? Sering-sering observasi aja konten di reels atau Instagram. Kamu juga bisa cari inspirasi di Pinterest atau Shutterstock. Selamat mencoba!          

3. Mengatur keuangan

Efek Local Pride! Ini 5 Rahasia Bisnismu Bisa Terus Survive Plus CuanIlustrasi mengatur keuangan UMKM (Shutterstock/Have a nice day Photo)

Ini juga gak kalah penting. Saat dua poin sebelumnya sudah dilakukan dan mendapatkan pelanggan, pengaturan keuangan jadi tidak tersentuh. Bahkan juga sering boncos karena tidak mencatatnya dengan rapi. 

Tips pertama dan paling utama adalah mencatatnya dengan rapi dan detail. Bagaimana cara mencatatnya? Ada banyak cara dan IDN Times bakal share nih secara menyeluruh biar kamu jadi makin jago mengatur keuangan di bagian selanjutnya. Jadi terus simak sampai habis, ya! 

4. Memperoleh modal usaha

Efek Local Pride! Ini 5 Rahasia Bisnismu Bisa Terus Survive Plus CuanIlustrasi presentasi untuk mendapatkan modal usaha (Shutterstock/mangpor2004)

Memperoleh modal usaha sangat penting untuk mengembangkan bisnis. Salah satu caranya adalah mengumpulkan dari profit yang diraih, menggandeng investor, dan lain sebagainya. 

Nah kalau kamu ingin tahu gimana rahasia untuk mendapatkan modal usaha dan mengatur keuangan kamu bisa download e-book dari kolaborasi GoTo Financial melalui Finansiap dan OJK yang berjudul “Buku Pintar Finansial: Pengelolaan Keuangan untuk UMKM”. 

GoTo melalui GoTo Financial berkomitmen untuk menyediakan layanan keuangan dan solusi bisnis serta mendukung mitra usaha seperti kamu untuk semakin naik kelas. Mantap gak sih? 

Apa yang akan kamu pelajari di buku pintar itu? Senior Vice President Public Policy and Government GoTo Financial Anita Sukarman mengatakan, “Kami merilis Buku Pintar Finansial untuk UMKM sebagai panduan awal bagi UMKM untuk mempelajari pengelolaan keuangan yang mendasar. GoTo Financial, yang menaungi jutaan mitra usaha mulai dari usaha kecil hingga enterprise, ingin terus mendampingi mitra dan bangkit bersama.”

Selain itu Anita menambahkan e-book ini adalah salah satu upaya yang dilakukan adalah bersama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai wujud komitmen kami dalam mendorong inklusi keuangan dan meningkatkan literasi keuangan bagi para pelaku UMKM di Indonesia.

Nah, gak usah berlama-lama bangkitkan bisnismu dengan mempelajari buku pintar finansial dari GoTo. Kamu bisa download secara gratis di sini!  

5. Menyediakan pembayaran dan transaksi online

Efek Local Pride! Ini 5 Rahasia Bisnismu Bisa Terus Survive Plus CuanIlustrasi menyediakan transaksi praktis (Shutterstock/Tirachard Kumtanom)

Dengan adanya pembayaran dan transaksi dengan online pasti akan memberikan keuntungan bagi bisnismu. Karena saat ini banyak orang khususnya anak muda menggunakan pembayaran non-tunai karena lebih mudah dan praktis. 

Ditambah lagi, menurut data dari Bank Indonesia (BI) nilai transaksi uang elektronik atau non-tunai capai Rp25,4 triliun pada Juli 2021 dan terus berkembang. Bisnis UMKM perlu banget sih menerapkan transaksi online atau cashless. Karena banyak orang memilih pembayaran yang gampang.    

Maka dari itu, menyediakan pembayaran atau transaksi yang praktis wajib banget sih. Gak perlu bingung kamu juga bakal bisa diajarin melalui Buku Pintar Finansiap dari GoTo Financial. 

Lalu di Buku Pintar Finansiap kamu juga bakal dapat banyak ilmu untuk cara menghitung dan melapor pajak usaha. Paket komplit deh pokoknya. 

Sudah siap bikin bisnismu melejit di 2022? Yuk semangat pelajari ilmu-ilmu penting untuk mendukung perkembangan bisnismu dengan download e-book Buku Pintar Finansiap di sini! (WEB)  

Baca Juga: 4 Tips Memulai Bisnis ala Susi Pudjiastuti

Topic:

  • Bima Anditya Prakasa

Berita Terkini Lainnya