Comscore Tracker

Ketika Penyakit Malas Muncul, Lakukan 5 Hal Berikut!

Kegagalan berasal dari kemalasan

Malas adalah suatu kondisi kita tidak bersemangat untuk melakukan suatu kegiatan. Padahal kamu memilki kemampuan untuk melakukan kegiatan tersebut. Penyakit malas erat kaitanya dengan naik turunya mood. Ketika mood sedang bagus, semua aktivitas yang akan kita jalani terasa mudah dan menyenangkan. Berbeda jika mood sedang buruk, untuk bergerak saja sudah malas.

Semua orang pasti mengalami malas, tapi tidak semua orang bisa mengendalikan rasa malas tersebut. Rasa malas jika dibiarkan akan berpengaruh kepada aktivitas yang akan kalian jalani, bahkan rasa malas bisa mengganggu kegiatan esensial atau kegiatan yang menjadi rutinitas kalian. Bagaimana cara mengatasinya? Simak tips berikut, yuk!

1. Ingat tujuan dan impian kamu

Ketika Penyakit Malas Muncul, Lakukan 5 Hal Berikut!Ilustrasi mengingat impian (unsplash.com/benjamin davies)

Rasa malas bisa diatasi, jika kamu mengingat kembali impian-impian besar dalam hidupmu. Pada dasarnya, rasa malas muncul karena kurangnya motivasi atau penyemangat untuk mengejar target atau impian. Impian tidak bisa digapai dengan hanya diam dan rebahan.

Kemalasan akan membuat nyaman selama sehari, tapi kerja keras akan membuahkan hasil yang membuatmu nyaman seumur hidup. Jadi, jangan malas! kesuksesan ditentukan dari sekarang bukan hari esok.

2. Jaga pola makan

Ketika Penyakit Malas Muncul, Lakukan 5 Hal Berikut!Ilustrasi makan secukupnya (unsplash.com/pablo merchan montes)

Pola makan juga berpengaruh kepada mood dan aktivitas yang kamu jalani. Bagaimana pola makan bisa mempengaruhi seseorang malas atau tidak? jika kalian makan dalam porsi yang banyak perut kamu akan penuh atau terlalu kenyang, dalam kondisi ini, kamu akan malas beraktivitas atau mager. Oleh karena itu, makan dengan porsi secukupnya atau dengan porsi yang sedikit.

Selain membuat malas beraktivitas, perut kekenyangan juga bisa membuat kamu ngantuk lebih cepat daripada biasanya. Jadi, makan secukupnya, yang terpenting perut tidak kelaparan untuk melakukan aktivitas.

Baca Juga: 5 Tips Mengusir Rasa Malas, Stop Rebahan Aja!

3. Hindari menunda-nunda pekerjaan

Ketika Penyakit Malas Muncul, Lakukan 5 Hal Berikut!Ilustrasi tidak menunda pekerjaan (unsplash.com/ marga santoso)

Jangan menunda-nunda pekerjaan,untuk menghindari munculnya perasaan malas. Kerjakan apa yang harus dikerjaan, ketika kamu menunda pekerjaan kamu akan terlena dan timbul perasaan malas yang ujung-ujungnya kegiatan tersebut tidak terlaksana.

Terapkan prinsip 'lebih cepat lebih baik' dalam mengerjakan suatu kegiatan. Kamu bisa bersantai dan tenang jika semua pekerjaan/kegiatan selesai lebih cepat.

4. Kuatkan mental dan motivasi

Ketika Penyakit Malas Muncul, Lakukan 5 Hal Berikut!Ilustrasi orang yang depresi atau mental yang kurang kuat ( Unsplash.com/anthony tran)

Aspek rohani atau mental sangat berpengaruh pada mood kamu ketika melakukan aktivitas. Malas bisa terjadi ketika mental atau mood kamu buruk, jauhi hal-hal yang bisa membuat mental/mood mu turun. Ketika mood kamu turun otomatis kamu tidak bersemangat untuk melakukan aktivitas dan ujung-ujungnya kamu memilih untuk rebahan.

Jangan sampai mental kamu down sampai membuatmu depresi, jika kamu sudah depresi jangankan semangat beranjak dari tempat tidur aja sulit. Orang depresi cenderung sedih dan tidak memilki minat untuk melakukan kegiatan. Jadi, jaga mental dan mood kamu,ya.

5. Berpikiran positif dan tidak mengeluh

Ketika Penyakit Malas Muncul, Lakukan 5 Hal Berikut!Ilustrasi orang yang berpikiran positif ( Unsplash.com/wareen wong)

Ketika sedang berjuang menggapai sesuatu, usahakan selalu berpikiran positif dan tidak mengeluh. Setiap perjuangan pasti memilki rintangan, kamu perlu pikiran yang positif untuk menanggapi rintangan yang kamu alami. Jika kamu berpikiran negatif akan timbul rasa malas dan menyerah, kamu akan berhenti dan tidak melanjutkan perjuangan yang sudah kamu lakukan.

Jangan mengeluh, karena mengeluh hanya menambah beban pikiran dan membuat mood kamu buruk. Ambil hikmah dari masalah yang telah kamu alami.

Malas itu wajar bagi orang yang berjuang untuk menggapai impianya, yang tidak wajar adalah orang yang betah dengan kemalasan tersebut. Impian tidak akan pernah tergapai jika kamu rebahan. Sebanyak apa pun motivasi, jika didalam dirimu tidak ada keinginan untuk maju, tidak akan ada gunanya motivasi tersebut. Ayo berubah dan gapai mimpi kamu!

Baca Juga: 5 Zodiak Ini Lebih Suka Menyendiri, Malas Bergaul  

Bintang Nala Photo Verified Writer Bintang Nala

Mundur kebelakang 1 langkah untuk melompat 3 langkah kedepan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya