Comscore Tracker

5 Ide Kegiatan Produktif untuk Mahasiswa Baru di Sela Kuliah

Jangan buang waktumu dengan sia-sia!

Banyak pilihan kegiatan untuk mahasiswa baru yang menarik untuk dilakukan. Selain untuk mengasah skill, mengikuti kegiatan di bawah ini dapat membantu kamu menambah banyak teman dan juga melatih manajemen waktu serta manajemen konflik yang berguna di masa depan. Berikut lima ide kegiatan untuk mahasiswa baru yang patut dicoba.

1. Volunteer

5 Ide Kegiatan Produktif untuk Mahasiswa Baru di Sela KuliahIlustrasi volunteer sebagai sebuah saah satu kegiatan untuk mengembangkan diri (unsplash.com/@rekamdanmainkan)

Melatih empati, menambah teman, dan meningkatkan kepercayaan diri adalah tiga hal yang lekat dengan manfaat mengikuti kegiatan volunteer.

Banyak yang tidak memahami pentingnya melatih empati. Padahal dengan empati, seseorang dapat dengan mudah menjalin hubungan dengan orang baru. Karena empati memerlukan aksi nyata, kamu juga dapat meningkatkan kepercayaan diri melalui kegiatan ini.

Untuk kamu yang memiliki jiwa sosial, kegiatan ini sangat cocok buat kamu. Info mengenai volunteer dapat kamu cari di media sosial Instagram dengan keyword volunteer.

2. Unit kegiatan mahasiswa dan organisasi

5 Ide Kegiatan Produktif untuk Mahasiswa Baru di Sela KuliahIlustrasi Lembaga Pers Mahasiswa sebagai salah satu UKM sedang melaksanakan kegiatan mencari berita (unsplash.com/@michaelderrike)

Di setiap universitas dan fakultas pasti banyak menawarkan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan organisasi yang bisa diikuti.

Kamu dapat belajar berorganisasi, manajemen konflik, serta manajemen waktu ketika mengikuti UKM dan organisasi. Jika ingin mengikuti UKM atau organisasi, sebaiknya  pilihlah berdasarkan minatmu dan pahami dulu apa saja kegiatannya serta bagaimana budaya organisasinya. Hal itu penting agar kamu dapat nyaman dan berkembang dengan maksimal sesuai dengan minatmu. Misalnya ketika kamu tertarik pada hal-hal jurnalisme, ikuti Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) agar sesuai dengan minatmu.

Khusus organisasi, terdapat istilah organisasi internal yaitu organisasi di dalam universitas dan organisasi eksternal yaitu organisasi di luar universitas. Organisasi internal semisal Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Dewan Mahasiswa (DEMA) adalah dua organisasi yang bisa kamu ikuti.

Sedangkan organisasi eksternal memiliki banyak pilihan tergantung kota tempatmu berkuliah. Contoh organisasi eksternal adalah Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI), Model United Nation (MUN), StudentsxCEOs, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: 7 Kegiatan yang Dapat Mahasiswa Lakukan saat Libur Semester Genap

3. Komunitas hobi

5 Ide Kegiatan Produktif untuk Mahasiswa Baru di Sela KuliahIlustrasi komunitas skateboard (unsplash.com/@knation)

Agar bakat yang sudah dimiliki tetap berkembang di sela kesibukan kuliah, mengikuti komunitas hobi menjadi pilihan yang tepat.

Dalam komunitas hobi, kamu dapat mengasah dan menambah skill lewat sharing dan kegiatan lainnya di dalam komunitas tersebut. Bahkan, kamu dapat mendapatkan teman untuk membuat bisnis lewat keahlianmu sendiri. Semisal ketika kamu mengikuti komunitas fotografi, temanmu di komunitas tersebut dapat merekomendasikan dirimu ke kliennya.

Selain itu, jika kamu ingin mendalami hobimu, kamu dapat berkesempatan untuk mendapatkan mentor yang bisa kamu kenal dalam komunitas. Kesempatan ini tidak dapat kamu dapat apabila kamu tidak mengikuti komunitas hobi.

4. Menulis di media

5 Ide Kegiatan Produktif untuk Mahasiswa Baru di Sela KuliahIlustrasi menulis untuk media daring (unsplash.com/@supersnapper27)

Kegiatan ini bisa jadi pilihan untuk kamu yang tidak mau terlalu sibuk. Walau begitu, menulis di media, baik media cetak atau media daring, bisa menjadi pilihan tepat mengisi waktu luang dengan cara yang produktif.

Menulis sendiri memiliki banyak manfaat. Dikutip dari Hellosehat, menulis berguna untuk membantu mengekspresikan diri, mengasah memori, membuat lebih terorganisir dan mengasah kemampuan berkomunikasi. Tentunya, manfaat itu bisa didapat jika kamu rutin melakukannya.

Lalu mengapa menulis di media? Selain uang, kamu dapat mengukur kemampuan menulismu ketika mengirim hasil tulisanmu. Ketika tulisanmu tidak diterima, berarti kamu harus belajar menulis lagi dan juga sebaliknya.

5. Proyek sosial

5 Ide Kegiatan Produktif untuk Mahasiswa Baru di Sela KuliahIlustrasi proyek sosial untuk membantu yang membutuhkan (unsplash.com/@melaniesylim)

Kegiatan terakhir adalah proyek sosial. Berbeda dengan rekomendasi kegiatan yang sebelmnya, proyek sosial adalah kegiatan yang rumit dan perlu kesiapan yang matang dalam merealisasikannya. Kamu perlu melakukan perencanaan, analisis masalah, riset, mencari pengurus, dan bahkan mencari sponsor untuk menjalankan suatu proyek sosial.

Namun, semua itu tidak perlu dirisaukan apabila kamu sudah memiliki modal setidaknya modal pengalaman mengikuti volunteer dan tenaga dari teman-temanmu yang memiliki visi dan misi yang sama denganmu. Walau terkesan ribet, membuat proyek sosial sendiri memiliki kepuasan yang berbeda jika proyek yang kamu inisiasi sukses dijalankan.

Tidak perlu muluk-muluk sebenarnya, kegiatan membuat donasi untuk korban bencana juga sudah termasuk proyek sosial, loh. Kamu dapat membuka volunteer untuk meramaikan proyek sosialmu.

Dari kelima kegiatan di atas, semuanya dapat kamu rasakan manfaatnya jika kamu aktif di dalamnya. Jangan sampai kamu ikut kegiatan di atas hanya untuk iseng-iseng saja. Tentu saja, semua manfaat itu tidak dapat dirasakan secara instan. Jadi gimana? Ingin mencoba kegiatan yang mana?

Baca Juga: 5 Kegiatan yang Bisa Membuat CV Mahasiswa Terlihat Menarik

Bintang Laksana Photo Writer Bintang Laksana

Mahasiswa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya